Saturday, September 29, 2012

0 Tempat Bermain indoor

Kawan, saat saya nulis ini, saya tengah berada di dalam sebuah tempat bermain anak-anak usia balita, ini dalam rangka menemabi anak bermain sembari menunggu sang bunda yang sedang kumpul reuni sama temen sma-nya.
Tempat ini pada hari sabtu tidak terlalu penuh, tapi di hari minggu akan sesak berjubel anak-anak kuecil-kuecil ditemani salah satu orangtua mereka. Saya sering kesini, karena ini tempat favorit anak saya bermain, karen disamping bersih (pengunjung diharuskan menggunakan kaos kaki), jenis permainannya pun banyak beragam dan juga cukup aman bagi anak.
Tempat bermain ini terletak di salah satu mall di kota pangkalpinang, berukuran tidak lebih dari 20x15m. Kalau dari konsepnya agak terasa aneh, menurut saya. Karena tempatnya di lantai 2, sementara di lantai 1 ada supermarket. Lingkungan sekitarnya ada pertokoan dengan konsep ruko yang banyak, kayaknya sih yang punya satu orang nih. Mungkin konsep taman bermain untuk anak-anak sementara ibunya belanja. Namun itu juga serba tanggung, karena dari ukuran supermarket yang juga kecil, harga juga gak murah-murah amat, apa poinnya belanja disini.
Atau maksudnya, sembari anak-anak bermain, ibunya belanja? Jadi bingung, mana poinnya yang utama sesungguhnya? Apa supermarket, apa tempat bermain? Karena harga tiketnya juga gak murah.
Tapi itulah konsep berpikir para bisnismen. Kadang susah ditebak, kitanya pesimis, ternyata bagi mereka itu peluang yang menguntungkan. Artinya kitanya yang gak ngerti konsep bisnis cuman geleng-geleng, itu setelah akhirnya kita liat bahwa ternyata memang benar menguntungkan. Kok bisa mikirnya cari duit sampai kesitu?.. Hehehe...
Gimana menurut kawan? Pernahkah Anda berpikir demikian?




Friday, September 28, 2012

0 Aksi Polwan Brazil Tewaskan Perampok Seorang Diri

Kawan, saat ini tengah marak beredar sebuah video seorang polisi wanita di Brasil seorang diri yang berhasil mengalahkan dua orang lelaki yang coba merampoknya di sebuah toko.

Aksi Polwan Brazil Tewaskan Perampok
Aksinya yang terekam oleh kamera CCTV gedung toko telah diunggah ke internet sejak minggu ini. Dalam rekaman CCTV tersebut, terlihat polwan tersebut sedang tidak bertugas dan tengah berbelanja di sebuah toko. Seorang pemuda mendekatinya, tidak diketahui apa yang mereka bicarakan, namun diduga pria tersebut akan merampoknya.

Saat pemuda itu berlalu, polwan pemberani ini langsung mengeluarkan pistol dari dalam tasnya dan mengarahkannya ke pemuda tersebut. Pemuda ini mencoba melawan dan merebut pistol dari tangannya, namun naas, pistol kembali meletus ke tubuhnya dari jarak dekat.

Kawan pemuda ini terlihat mencoba membantu sambil berlindung, teman pemuda tersebut juga terlihat menembakkan pistolnya dan kemudian kabur.

Pemuda yang tertembak terkapar, dikabarkan telah mati.

Videonya dapat disaksikan di sini (sumber : http://www.liveleak.com/view?i=906_1348705816)




Baca juga : Jangan menggunakan foto close up di media online


Sunday, September 23, 2012

1 Apa itu Smart TV


Kawan, setahun belakangan ini kita sudah disuguhkan dengan Televisi berteknologi baru yang mengkombinasikan teknologi komputer tablet dan tv digital. Beberapa produk sudah diluncurkan, melalui iklan di televisi kita sudah cukup sering menyaksikan secara sepintas rangkaian kecanggihan teknologi yang ditawarkan. Tentunya informasi singkat dari iklan belum dapat membuat orang mengerti bagaimana smart tv ini, dan masih banyak ibu-ibu komplek di tempat saya tinggal masih kebingungan, karena punya uang untuk beli smart tv pun pastinya masih kebingungan, makanan apa ini yang namanya Smart TV, hehe. Jangan sampai nanti, setelah dibeli malah justru dibuat hiasan akuarium seperti salah satu iklan produk susu yang diperankan seorang anak kecil yang menempatkan sebuah komputer tablet di akuarium, inget kan? hehe lagi.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang teknologi smart tv, tentunya dapat dijadikan pengetahuan dasar yang mudah dimengerti semua kalangan, agar kemajuan teknologi ini dapat kita terapkan di rumah sebagai usaha mencerdaskan bangsa. Dan tentunya bagi ibu-ibu komplek yang sempet baca tulisan ini, akan dapat menggunakan smart tv di rumah masing-masing tanpa kebingungan lagi. tapi kalo masih bingung, lebih baik nonton aja pake tv tabung atau paling gak tv flat yang udah ada.. hehe..
Salah satu produk Smart TV, Asyik kan? (sumber : Google)



Baiklah, kita mulai..

Smart TV, terkadang disebut sebagai "Connected TV" atau "hybrid TV", (tidak sama dengan IPTV, Internet TV, atau dengan Web TV), adalah sebuah teknologi yang memberikan gambaran integrasi Internet dan fitur Web ke dalam televisi modern dan set top box, serta konvergensi teknologi media antara komputer dan televisi. Perangkat sering juga memiliki fokus yang jauh lebih tinggi pada media interaktif online, TV Internet, over-the-top konten, serta on-demand streaming media, namun meniadakan atau kurang pada media penyiaran tradisional seperti generasi sebelumnya. Seperti juga Internet, widget web, dan aplikasi perangkat lunak yang terintegrasi dalam smartphone modern, oleh karena itu, "smart TV " mirip dengan" ponsel pintar".


Selayaknya Smart Phone besar, (sumber : Google)

Teknologi yang update pada saat ini, sangat memungkinkan dapat ditanamkan dalam smart TV, termasuk juga perangkat seperti set-top box, Blu-ray player, game online, sistem televisi untuk perhotelan dan perangkat pendamping lainnya. Perangkat ini memungkinkan pemirsa untuk mencari dan menemukan video, film, foto dan konten lainnya di Web, di saluran TV kabel lokal, pada saluran TV satelit, atau pada drive penyimpanan lokal.

Kemunculan Smart TV dilatarbelakangi oleh kebutuhan penerimaan TV digital dengan siaran definisi tinggi di rumah yang semakin mapan di seluruh Eropa. Internet TV dan pengiriman konten multimedia kepada pengguna rumah melalui internet juga menjadi semakin umum, meskipun konten tersebut sering dilihat pada PC atau layar TV dari PC melalui media player yang terhubung ke jaringan rumah.

Sistem Smart TV, dimaksudkan untuk memperluas jangkauan konten multimedia langsung ke televisi dengan cara yang lebih mudah, tampilan yang baik dan memungkinkan pemirsa TV untuk lebih mudah mengakses isi siaran digital dan konten multimedia internet (termasuk Internet TV dan IPTV) pada TV menggunakan remote control atau sytem kendali gerakan mata atau gerakan tangan (sistem kendali yang baru dikembangkan).

Sebuah perangkat Smart TV memiliki kemampuan integrasi internet, juga memiliki kemampuan komputasi. Smart TV dapat dianggap sebagai alat informasi atau sistem komputer dari komputer genggam terintegrasi dalam unit televisi (selayaknya smart phone dengan ukuran besar). Dengan demikian, smart TV memungkinkan pengguna untuk melakukan instal dan menjalankan aplikasi berdasarkan flatform yang digunakan. Selayaknya smart phone, Smart TV dijalankan dengan sistem operasi lengkap atau perangkat lunak sistem operasi smartphone yang menyediakan platform bagi para pengembang aplikasi.

Menurut definisi, platform Smart TV atau middleware harus memiliki SDK publik (software development kit) dan / atau NDK (native development kit) untuk aplikasi sehingga pengembang pihak ketiga dapat mengembangkan aplikasi, dan menyediakan sebuah toko app sehingga pengguna dapat menginstal dan uninstall aplikasi sendiri, seperti smartphone. SDK publik memungkinkan perusahaan pihak ketiga dan lainnya mengembangkan aplikasi interaktif berjalan dengan baik pada setiap perangkat yang mendukung platform Smart TV.
Dua layanan utama dari Smart TV, yaitu untuk memberikan hubungan dari komputer lain atau jaringan terpasang untuk penyimpanan perangkat pada jaringan Anda seperti foto, film dan musik, baik menggunakan program layanan DLNA seperti Windows Media Player pada PC atau NAS, atau melalui iTunes.
Kedua, menyediakan akses ke layanan berbasis Internet, termasuk saluran TV siaran tradisional, layanan tv lokal, video-on-demand, EPG, iklan interaktif, personalisasi, suara, permainan, jaringan sosial, dan aplikasi multimedia lainnya.

Perangkat Smart TV memungkinkan Anda untuk melihat semua layanan canggih di perangkat multimedia dengan hanya melalui satu perangkat. Selain layanan yang lebih luas dari penyedia konten, Smart TV juga menyediakan akses ke konten user-generated (baik yang disimpan pada eksternal hard drive, atau penyimpanan internal) serta berbagai layanan interaktif canggih dan aplikasi internet, seperti YouTube.

Smart TV semakin umum bagi operator TV berbayar, karena mereka melihat kemungkinan untuk memenuhi tren konsumsi media yang lebih maju, interaktif dan terkoneksi dengan aplikasi di internet, seperti jejaring sosial. Perangkat Smart TV mampu memfasilitasi penanggulangan konten tradisional dengan menggabungkan informasi dari Internet dengan konten dari Penyedia TV.

Sementara konsep smart TV masih dalam tahap baru mulai, dengan kerangka kerja perangkat lunak yang datang dari Google proprietary dan open source platform XBMC, namun dalam waktu singkat telah mendapatkan banyak perhatian publik di media massa dalam area pasar elektronik komersial. Beberapa produk yang telah rilis dari perusahaan seperti Logitech, Sony, LG, Boxee, Samsung dan Intel. Semua telah memberikan persembahan produk yang dapat memberikan kemudahan pengguna televisi untuk melakukan fitur pencarian, kemampuan untuk menjalankan aplikasi (kadang-kadang tersedia melalui platform distribusi digital dan 'app store'), interaktif demand media, komunikasi pribadi, dan berinteraksi di fitur jejaring sosial.

Sistem operasi pada smart TV sudah mengadopsi sistem mobile yang tersedia saat ini, beberapa smart TV dirancang khusus untuk penggunaan TV yang mirip dengan EPGs. Sistem operasi dari smart TV yang biasa digunakan saat ini adalah flatform dari Linux, Android, dan platform open source lainnya.


Dari berbagai Sumber








Friday, September 21, 2012

2 Galery Instagram

Kawan, ada aplikasi di smartphone bernama Instagram, tahu kan? Kali ini perkenankan saya menampilkan beberpa karya foto dari Akun Instagam saya. Mohon advice.

Pulau Kalamoa, Lokasi : Tanjung Pendam Belitong

Adhus, Lokasi : Tanjung Tinggi Belitong



My Man, Lokasi : Office PT. Koba Tin Koba


The Light, Lokasi : Tambang PT. Koba Tin

Jingga, Lokasi : Tanjung Pendam Belitong



Pendidikan, Lokasi : Komplek PT. Koba Tin

A Couple, Lokasi : Pantai Tanjung Langka Koba


Bemban Dredge, Lokasi : Tambang PT. Koba Tin


A Photographer, Lokasi : Pantai Tanjung Pendam Belitong

 
My Girl, Lokasi : Komplek PT. Koba Tin

 
Bermain, Lokasi : Pemali Bangka

 
Dermaga, Lokasi : Pantai Tanjung Kelayang Belitong
 
 
Sand, Lokasi : Pantai Lalang Manggar Belitong
 
Mercusuar, Lokasi : Pulau Lengkuas Belitong

Bird Rock, Lokasi : Tanjung Kelayang Belitong
 
Sore, Lokasi : Pantai Arung Dalam Koba
 
My Girls, Lokasi Bangka Botanical Garden
 
Sunset, Lokasi : Pantai Tanjung Pendam Belitong
 
 
Me, Lokasi Pantai Tanjung Pendam Belitong

Terimakasih.. :)

MJM3H6TKXXRX

Wednesday, September 19, 2012

2 Joko - Ahok tidak meguasai data dalam debat Metrotv

Jakarta (voa-islam.com) Saat berlangsung debat di sebuah stasiun telivisi swasta, nampaknya Jokowi-Ahok, tak ubahnya seperti "jokosembung", banyak yang nggak nyambung alias kurang menguasai data.
Jokowi-Ahok, yang banyak dicitrakan oleh media-media sekuler dan kristen itu, dipoles seperti "tukang sulap", yang hebat, yang akan dapat mengubah DKI Jakarta dalam waktu semalam. Padahal, tak ada rumusnya, siapapun dapat menyulap DKI dalam waktu sekejab.
Sebaliknya, menurut Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan, sejumlah program yang diungkapkan oleh Jokowi dalam debat di stasiun telivisi swasta, terkesan hanya ilusi dan mengada-ada, pembodohan terhadap rakyat belaka, dan banyak data yang salah. Salah satunya pembenahan pemukiman kumuh di bantaran kali Ciliwung di Bukitduri, Tebet Jakarta Selatan.
"Tidak mungkin membangun pemukiman di trase kali Ciliwung di Bukit Duri. Sebab trace Ciliwung di dalam kota adalah 35 meter (badan air) + 15 trace, itu adalah tanah negara (pemerintah pusat), kalau diubah jadi pemukiman, itu diancam pidana," ujarnya di ruang kerjanya, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2012).
Fadjar menjelaskan, jika memindahkan pemukiman kumuh 10-15 meter diluar trace kering atau bantaran kali, adalah tanah milik masyarakat. Dengan demikian memerlukan dana pembebasan tanah yang tidak sedikit. "Tidak ada tanah Pemprov di kawasan pinggiran kali itu, kalau bilang bisa dibangun dengan dana Rp 24 miliar, itu hanya pembangunannya, tidak termasuk pembebasan lahan," katanya.
Menurutnya tanah pemerintah tidak mungkin diserahkan sertifikatnya ke masyarakat dengan sistem hibah atau pemberian, karena tidak ada dasar hukumnya. Selain itu, lanjut Fadjar, ketika Ahok mengatakan sistem Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) DKI melanggar Undang-undang (UU) 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), ia juga salah.
"Sebagai mantan anggota DPR, mungkin dia (Ahok) masih mengambil definisi Pemerintah dalam UU adalah pemerintah pusat RI, padahal Mahkamah Konstitusi pada 2005 sudah memutuskan bahwa yang dimaksud ’pemerintah’ dalam UU adalah Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah," tegasnya.
Ia mengatakan, Pemprov DKI juga sudah menyelenggarakan Jamkesda sejak 2000, dan diperkuat Perda pada 2009, sehingga tidak mungkin Perda melanggar UU. Sejak 2007 hingga 2011, lanjutnya, sudah ada 2,7 juta penduduk yang menikmati Jamkesda ini. Pada 2011, Pemprov DKI juga membentuk Unit Pengelola Teknis (UPT) Jamkesda di bawah Dinas Kesehatan DKI. "Bagi lansia yang KTPnya sudah berlaku seumur hidup, otomatis kartunya itu bisa berfungsi sebagai kartu Jamkesda, pasti dilayani," ucapnya.
Selain itu, Ahok juga salah mengenai data Puskesmas di DKI, ketika ia mengatakan baru empat Puskesmas yang ada layanan rawat inap. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati mengatakan, ada 340 Puskesmas di DKI Jakarta, yang terdiri dari 44 Puskesmas Kecamatan dan 296 Puskesmas Kelurahan. "Saat ini sudah 12 Puskesmas Kecamatan yang melayani rawat inap. Kalau Puskesmas Kelurahan, secara teknis tidak memungkinkan," ujarnya lagi.
Ahok juga salah mengenai adanya 94 Fakultas kedokteran di DKI, padahal hanya ada 10 fakultas kedokteran. Saat berdebat di bidang transportasi, Jokowi juga dinilai banyak salah pengertian.
Fadjar menambahkan, Jokowi yang menyebutkan Otoritas Transportasi Jabotabek (OTJ) hanya membutuhkan komunikasi dan koordinasi juga kurang tepat. Pasalnya, OTJ merupakan kewenangan pemerintah pusat, bukan Pemprov DKI. Serta dalam pengawasan Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). "OTJ tidak hanya mengatur sistem teknis transportasi namun juga komitmen penyediaan dana untuk pembangunan sarana prasarana yang tidak mungkin didanai pemerintah daerah sendiri," tegasnya.
Selain itu, Pemprov DKI juga sudah memulai menjalankan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) dengan Bekasi dan Tangerang, sebagai langkah non formal dari OTJ. Kesalahan data Jokowi juga adalah mengenai Transjakarta, sebab pada era Sutiyoso, hanya dibangun 7 Koridor sepanjang 97,3 Kilometer.
Sedangkan pada era Fauzi Bowo sudah dibangun empat koridor yakni Koridor VIII (Lebakbulus-Harmoni), IX (Pinangranti-Pluit), X (Cililitan-Tanjungpriok), dan XI (Kampungmelayu-Pulogebang). "Empat koridor sejak 2007-2011 menambah 86,3 kilometer, dan pada akhir tahun ini koridor XII (Pluit-Tanjungpriok) akan beroperasi, jadi menambah 20 Kilometer," jelasnya.
Manajemen Transjakarta, kata dia, juga sudah diubah beberapa kali menjadi lebih baik. Pada 2006, Transjakarta sudah menjadi Unit Pengelola Teknis (UPT) Transjakarta, dan pada 2010 menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).
"Kita juga sudah masukkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Transjakarta, saat ini masih dibahas di DPRD, jika sudah disahkan, Transjakarta akan menjadi PT, jadi bukan manajemen warung tegal seperti yang dikatakan Cawagub itu," ujarnya.
Mengenai Mass Rapid Transit (MRT), Fadjar menjelaskan, Pemprov DKI membutuhkan pendanaan yang besar dari Japan International Corporation Agency (JICA). Sehingga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. "Selasa (18/9) akan diumumkan urutan pemenang tender proyek MRT, di lapangan, kawasan Jalan Fatmawati juga sudah dilebarkan, membangun MRT itu bukan kerja sembarangan," tegasnya.
Memang Jokowi-Ahok hanya proyek dari kelompok-kelompok yang menginginkan DKI Jakarta ini, dikuasi oleh orang-orang yang anti Islam, dan kelompok cina, dan sekarang sudah menguasai asset ekonomi negara, dan menjadikan DKI Jakarta, seperti Singapura, nantinya.
Dengan menguasai ibukota Jakarta, maka otomatis golongannya Ahok, sangat mudah menekuk dan memasukkan Indonesia ke dalam kantong sakunya.
Selanjutnya, negeri yang kaya raya ini menjadi bagian Singapura,serta Ahok akan menjadi gubernur jenderalnya. Di mana Singapura menjadi pemimpin cina perantauan (chinese overseas). Pribumi tinggal menjadi kuli di negerinya sendiri, dan hanya bisa menggigit jarinya. Believe it or not. af/ilh.















 
Baca juga : Jangan menggunakan foto close up di media online

Monday, September 17, 2012

5 Ahok Oh Ahok..

Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. (sumber : Google)
Dengan tidak bermaksud untuk melakukan kampanye terselubung maupun kampanye hitam, dalam kesempatan ini saya ingin mengulas tentang Ahok, yang saat ini tengah bertarung memperebutkan kursi pimpinan gubernur dan wakil gubernur DKI 2012-2017. Sengaja saya buat format dalam data-data bertahap, dimulai dari memperkenalkan tokoh tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan perimbangan kontroversi. Tujuan saya adalah untuk memberikan gambaran berimbang bagi siapa saja yang membaca tulisan ini, kalaupun dianggap sebagai kampanye hitam (tentunya bagi pendukung Ahok), saya pikir inilah demokrasi. Lagipula, saya hanya menampilkan data-data, tidak ada satu kalimat pun dalam tulisan ini merupakan opini saya. Bagaimana Anda menilai, akan saya kembalikan pada Anda sendiri.
 
Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. (Zhong Wan Xie), lahir di Kota Manggar Belitung (sekarang ibu kota kabupaten Belitung Timur) pada tanggal 29 Juni 1966 (umur 46 tahun), atau paling dikenal dengan panggilan Ahok, adalah seorang anggota Komisi II DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Golkar. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Belitung Timur periode 2005-2006. Ia merupakan etnis China  pertama yang menjadi Bupati Kabupaten Belitung Timur. Basuki juga merupakan kakak kandung dari Basuri Tjahaja Purnama, Bupati Belitung Timur periode 2010-2015.

Pada tahun 2012, ia mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Joko Widodo, wali kota Solo.

Basuki lahir dari keluarga keturunan yang bermukim di Belitung, ayah Alm. Indra Tjahaja Purnama (Zhong Kim Nam) dan ibu Buniarti Ningsing (Bun Nen Caw). ia juga memiliki tiga orang adik, yaitu Dr. Basuri T. Purnama (Bupati di Kabupaten Belitung Timur), Fifi Lety, S.H., L.L.M. (praktisi hukum), Harry Basuki, M.B.A. (praktisi dan konsultan bidang pariwisata dan perhotelan).
Basuki menikah dengan Veronica, S.T. yang kelahiran Medan, Sumatera Utara, dan dikaruniai 3 orang putra-putri bernama Nicholas, Nathania, dan Daud Albeenner.

Sekilas tentang Riwayat Hidup Ahok yang saya kutip dari Wikipedia :

Pendidikan formal Ahok menamatkan sekolah hingga tingkat SLTP di Belitung, kemudian meneruskan sekolah menengah atas dan perguruan tinggi di Jakarta, ia lulusan Fakultas Teknologi Mineral jurusan Teknik Geologi Universitas Trisakti dengan gelar Insinyur Geology pada tahun 1989.

Setelah menamatkan pendidikan S1, Ahok menetap di Belitung dan mendirikan perusahaan CV Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan PT. Timah selama 2 tahun, dan kembali memutuskan kuliah S-2 mengambil bidang manajemen keuangan di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta.

Gelar Magister Manajemen (M.M.) diraihnya, kemudian ia bekerja di PT Simaxindo Primadaya di Jakarta. Perusahaan ini bergerak di bidang kontraktor pembangunan pembangkit listrik. Ia menjabat sebagai staf direksi bidang analisa biaya dan keuangan proyek.

Tahun 1992 Ahok mendirikan PT Nurindra Ekapersada sebagai persiapan membangun pabrik Gravel Pack Sand (GPS) pada tahun 1995, dan ia memutuskan berhenti bekerja di PT Simaxindo Primadaya.

Tahun 1995, Ia kemudian mendirikan pabrik di Dusun Burung Mandi, Desa Mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pabrik pengolahan pasir kuarsa tersebut adalah yang pertama dibangun di Pulau Belitung, dan memanfaatkan teknologi Amerika dan Jerman. Lokasi pembangunan pabrik ini adalah cikal bakal tumbuhnya kawasan industri dan pelabuhan samudra, dengan nama Kawasan Industri Air Kelik (KIAK).
Pada akhir tahun 2004, seorang investor Korea berhasil diyakinkan untuk membangun Tin Smelter (peleburan bijih timah) di KIAK. Investor asing tersebut tertarik dengan konsep yang disepakati untuk menyediakan fasilitas komplek pabrik maupun pergudangan lengkap dengan pelabuhan bertaraf internasional di KIAK.

Tahun 2004 Ahok terjun ke politik dan bergabung dengan Partai Perhimpunan Indonesia Baru (Partai PIB) sebagai ketua DPC Partai PIB Kabupaten Belitung Timur. Pada pemilu 2004 ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009. Partai PIB adalah partai politik yang didirikan oleh Alm. Sjahrir.

Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Belitung Timur Tahun 2005, Ahok berpasangan dengan Khairul Effendi, B.Sc. dari Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK) ikut sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Dengan mengantongi suara 37,13 persen pasangan ini terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung Timur definitif pertama. Pasangan Basuki-Khairul ini unggul di Kabupaten Belitung Timur yang menjadi lumbung suara Partai Bulan Bintang (PBB) pada pemilu legislatif tahun 2004 lalu.

Ahok kemudian mengajukan pengunduran dirinya pada 11 Desember 2006 untuk maju dalam Pilgub Bangka Belitung 2007. Pada 22 Desember 2006, ia resmi menyerahkan jabatannya kepada wakilnya, Khairul Effendi.

Di pilkada Gubernur Babel tahun 2007, Basuki mengambil bagian menjadi kandidat calon Gubernur. Mantan Presiden K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mendukung Basuki untuk menjadi Gubernur Bangka Belitung dan ikut berkampanye untuknya. Gus Dur menyatakan bahwa "Ahok sudah melaksanakan program terbaik ketika memimpin Kabupaten Belitung Timur dengan membebaskan biaya kesehatan kepada seluruh warganya". Namun dalam pemilihan tersebut ia dikalahkan oleh Eko Maulana Ali.

Pada tahun 2008, ia menulis buku biografi berjudul "Merubah Indonesia".

Pada tahun 2012, Basuki mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Joko Widodo.

Basuki memperoleh penghargaan sebagai Tokoh Anti Korupsi dari unsur penyelenggara negara dari Gerakan Tiga Pilar Kemitraan, yang terdiri dari Masyarakat Transparansi Indonesia, KADIN dan Kementerian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara, pada tanggal 1 Februari 2007. Ia dinilai berhasil menekan semangat korupsi pejabat pemerintah daerah, antara lain dengan tindakannya mengalihkan tunjangan bagi pejabat pemerintah untuk kepentingan rakyat, yaitu untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis bagi masyarakat Belitung Timur.

Ia juga terpilih menjadi salah seorang dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia, yang dipilih oleh Tempo.

Kontroversi Ahok

Kick Andy : "Filosofinya adalah “orang miskin jangan lawan orang kaya, dan orang kaya jangan lawan pejabat”. Berbekal pelajaran dari almarhum ayahandanya itulah, Basuki Tjahaya Purnama atau yang dikenal Ahok adalah sosok manusia dermawan yang tak segan menyuarakan kenyataan pilu dari lembaganya, Dewan Perwakilan Rakyat, kepada masyarakat umum."

Ir. Darmansyah Husein (Bupati Belitung) : "Kalau orang ngomong track record, apa sih track record dia? Bupati Belitung Timur selama satu tahun tiga bulan, kan belum kelihatan hasilnya. Belitung Timur kan biasa-biasa saja, yang namanya pengobatan gratis Askes kan, banyak di daerah lain. Kalau namanya pengobatan gratis Belitung juga punya kok, jadi tidak spektakuler lah."


Pernyataan Khairul Effendi (mantan Bupati Beltim, yang sebelumnya wakil bupati-nya Ahok) :
http://metropolitan.inilah.com/read/detail/1905145/kinerja-ahok-di-belitung-timur-hanya-omong-kosong
"Saya merasakan hal itu saat menjabat Bupati Beltim (Belitung Timur) periode 2006-2010 menggantikan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Banyak janji yang dilontarkan Ahok ketika kampanye Pilbup 2005," ujar Khairul dalam keterangan persnya kepada INILAH.COM, Sabtu (15/9/2012).
Dia menjelaskan, janji-janji yang pernah disuarakan oleh Ahok pada saat kampanye Pilbup Belitung Timur 2005 lalu belum ada yang dijalankan satupun hingga akhirnya Ahok memutuskan mundur dari jabatannya.
Beberapa janji tersebut antara lain adalah ingin menjadikan Beltim (Belitung Timur) sebagai Singapura kedua (pusat bisnis dan jasa), ingin membangun kawasan industri Air Kelik, ingin mendirikan pabrik kelereng (sebagai pemasok spare parts untuk alat semprot cat philox), dan ingin menjadikan Beltim sebagai Bali kedua (pusat wisata).
"Ternyata janji Ahok itu hanya omong kosong karena ditinggalkan setelah 15 bulan berkuasa. Kawasan industri Air Kelik tak mungkin dibangun karena terletak di Hutan Lindung. Saya yang harus melanjutkan pe-ernya, akibat Ahok berambisi menjadi Gubernur Bangka-Belitung," ungkapnya.
Selama Khairul menjabat, pusat pemerintahan terpadu dibangun di Manggar, ibukota Beltim. Pelabuhan Manggar pun dituntaskan, tapi Khairul didakwa memalsukan surat keterangan tanah pelabuhan yang diperkarakan seorang pengusaha, dan kenal dekat Ahok.
"Padahal, rencana pembangungan telah ditetapkan sejak 2003, dan Bupati Ahok menegaskan untuk segera dituntaskan. Bahkan anggaran disetujui DPRD Beltim, karena merupakan program Kementerian Perhubungan era Hatta Rajasa. Saya yang melaksanakan pembangunan akhirnya dijegal perkara perdata (pemalsuan surat) untuk mencegah jadi Cabup periode 2010-2015," tutur Kairul.
Karena Ahok mendukung adiknya, Basuri Tjahja Purnama untuk maju. Di situ Khairul menyaksikan, bahwa Ahok bukan seorang politisi yang ksatria dan sportif dalam berkompetisi.
Banyak lagi kesaksian lain yang diungkapkan Khairul yang merupakan pasangan Ahok dalam Pilbup 2005, misalnya soal penambangan di hutan lindung, peralihan lahan publik menjadi resor wisata, pengiriman alumni SMU Beltim ke STIKIP Surya yang belum disetujui DPRD karena menggunakan APBD, dan lain - lain.
Atas beberapa bukti tersebut dan dorongan batin, akhirnya Khairul memutuskan datang ke Jakarta untuk memberikan gambaran secara utuh kepada warga Jakarta untuk menghadapi Pilgub putaran kedua nanti.
"Saya termotivasi untuk berdialog terbuka dengan warga Jakarta yang akan memilih pemimpin dalam Pilkada, agar kepala daerah yang tampil nanti benar-benar bertangung-jawab," jelas Khairul.

Pernyataan kontroversi Ahok :
"Masyarakat dan penegak hukum harus taat pada ayat konstitusi, bukan ayat suci. Kita tidak boleh taat pada ayat suci. Kita taat kepada ayat-ayat konstitusi.”

JJ Rizal di akun Twitter-nya, @JJRizal. "Warteg itu jaring pngaman sosial di jkt salahsatu pilar utama survival kaum miskin kota, koq dihinakan sama @JokowiAhok dlm debat,"
Kelanjutan twitnya, Ahok sangat lupa warga miskin Jakarta mendapat makanan murah dari warteg. “Warteg koq anggap manajemen buruk, astaga lupa apa ratusan ribu kaum miskin kota dpt makanan murah en survive di jkt dr warteg. Nilai pemimpin bung dpt dilihat dr sejauh apa ingatan penghormatannya thd wong cilik, kromo, marhaen dlm tiap tutur tindakny,


Baca juga : Jangan menggunakan foto close up di media online



Thursday, September 13, 2012

0 Reaksi Penolakan Kapal Isap Muncul Lagi

Kapal isap yang pernah singgah di depan Pantai Tanjungpendam beberapa waktu lalu (sumber : Bangkapos)
http://bangka.tribunnews.com/2012/09/12/reaksi-penolakan-kapal-isap-muncul-lagi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Reaksi penolakan terhadap pengoperasian kapal isap untuk penambangan timah di laut kembali bergulir setelah muncul spanduk konsultasi publik sebagai studi Amdal di simpang empat Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk. Spanduk tersebut berisi tentang permintaan tanggapan masyarakat mengenai rencana penambangan laut di perairan Sijuk oleh PT Bumi Hero Perkasa (BHP).

Informasi yang dihimpun bangkapos.com menyebutkan, spanduk tersebut dipasang pada Senin (10/9/2012) petang. Namun spanduk tersebut sudah tidak ada pada Selasa (11/9/2012) siang. Seseorang yang sempat mengabadikan spanduk tersebut mempostingnya dalam status facebook.


Ketua RT 6/3 Desa Sijuk, Susanto mengatakan masyarakat Desa Sijuk menolak secara tegas rencana penambangan laut di perairan Sijuk dan Belitung secara umum. Hal ini sudah dibuktikan dengan pengumpulan tanda tangan penolakan oleh masyarakat.

Bahkan penolakan tersebut sudah disampaikan kepada Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Belitung sebagai respons konsultasi publik. Berkas penolakan tersebut diterima langsung Kabid Amdal BLHD tertanggap 25 April 2012 lalu. Setidaknya 200 tanda tangan berhasil dikumpulkan pada waktu itu.

"Menurut rumor yang ada di masyarakat dan juga tanda tangan dari masyarakat, Alhamdulillah sepakat masyarakat menolak tentang keberadaan kapal isap ini. Ini secara administrasi surat menyurat penolakan kami sudah pernah kami sampaikan kepada BLHD dengan tertanggal surat 20 Februari dan 7 April 2012. Pada waktu itu kami rombongan dengan tokoh-tokoh masyarakat Desa Keciput, Desa Tanjungtinggi. Juga ditemani oleh LSM seperti LIRA, juga B-Care," ungkap Susanto kepada wartawan, Selasa (11/9/2012)

Monday, September 10, 2012

6 Photo Penampakan Transparan Sosok Perempuan

Kawan, beberapa waktu lalu saya pernah mendapatkan sebuah gambar, yang menurut saya aneh dan sukar untuk dibantah. Gambar tersebut adalah gambar sebuah penampakan transparan dari sosok seorang wanita dengan baju putih panjang dan rambut terurai, dengan keadaan lusuh dan berdarah-darah pada sebagian bajunya.

Gambar tersebut saya peroleh dari seorang kawan, yang setelah saya cek metadata file-nya, gambar tersebut diambil pada tanggal 3 Juli 2012 kira-kira jam 1 siang, menggunakan kamera Blackberry miliknya, di sebuah warung makan di kota Pangkalpinang. Salah seorang teman makannya pun terlihat di dalam gambar.

Saya gak mau membawa ini terlalu ke arah "klenik" atau "mitos", apalagi kawan, saya bukanlah orang yang mudah percaya terhadap gambar-gambar penampakan seperti itu, oleh karena itu, tindakan pertama saya adalah menyimpan photo tersebut dan langsung menanyakannya ke pihak (yang katanya) pakar telematika Roy Suryo lewat akun twitternya tanggal 4 Juli 2012.
Twit saya berbunyi : Pak saya dapat photo ini dari teman, asli dari bb nya dan pengambilan kmrn tgl 3jun12. mohon dicek.. tks

Friday, September 7, 2012

0 Hayuh Beli Emas

Kawan, gak tau mengapa, hari ini saya sangat tertarik untuk membaca investasi emas. Dimulai ketika beberapa kawan disekitar membicarakan tentang investasi ini (yang katanya gak ada ruginya), dan terutama setelah beberapa kali kawan di fesbuk (dia pasti tau klo itu dia, klo saja dia baca artikel ini.. hehe) yang secara intens sering nge-post tentang Dinar / Dirham dalam konteks mata uang islami.

Dan setelah browsing kesana kemari, tanya mr. google, mr. bing dan miss. yahoo, akhirnya sedikit demi sedikit mulai memahami. Dan dengan tulisan ini saya mau share sama kawan-kawan, dengan harapan bila ada tambahan informasi lain, kawan dapat menambahkan. Atau bila ada juga yang tidak sepaham dengan idenya juga gak apa-apa klo mau mendiskusikannya. Yuk dimulai..

Apa itu Investasi Emas
Investasi di Emas (definisi bebas dari beberapa kesimpulan yang ane baca gan) merupakan salah satu jenis atau cara berinvestasi dengan cara menyimpan sejumlah besar emas dengan termin waktu yang cukup untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan belinya yang diperoleh dari kenaikan nilai emas tersebut selama periode waktu penyimpanannya.

Bentuk emas yang disimpan dapat dalam beberapa jenis atau media emas, yang umum digunakan seperti emas batangan, koin emas, tabungan emas, sertifikat emas, reksadana dengan underlying perusahaan pertambangan emas, sampai dengan membeli kontrak berjangka dari beberapa komoditi emas. Dari beberapa contoh media diatas, terdapat dua jenis media investasi emas, yaitu emas itu sendiri secara fisik dan satu lagi hanya menggunakan surat berhaga yang merupakan integrasi dari investasi emas fisik atau perusahaan investasi emas. Dan sebagai awam, kita sering merasa bahwa penyimpanan emas secara fisik merupakan cara yang paling dirasa aman,  

Lempengan emas Antam berbagai berat (sumber : Antam)





Kelebihan Investasi Emas
Beberapa kelebihan berinvestasi dengan emas adalah sbb:
Nilai emas cenderung stabil dari tahun ke tahun dan dianggap tidak terpengaruh oleh inflasi / zero inflation effect, situasi yang sangat jarang harga emas turun, dan emas juga bisa digunakan untuk koleksi dan sebagai perhiasan.
Investasi dalam Emas dipandang sangat baik sebagai cara untuk mendiversifikasi harta. Ada banyak cara berinvestasi yang kita kenal seperti; saham, reksadana, properti, obligasi ORI. Investasi di emas bisa menjadi alternatif invetasi yang bagus, terlebih dalam kondisi tidak stabil, emas dapat menjadi alat untuk melindungi nilai.
Harga emas cenderung stabil dikarenakan komoditi emas di dunia tidak bisa bertambah secara ekstrim seperti pertambangan logam lainnya.
Keuntungan lainnya harga emas dipatok dalam US dollar, peningkatan nilai US dollar akan membuat Anda memperoleh dua keuntungan langsung yaitu dari kenaikan dollar dan juga kenaikan dari harga emas itu sendiri.
Emas lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan berinvestasi langsung di mata uang USD. Di Indonesia, pertukaran uang sering merugikan pihak nasabah dan hanya menguntungkan pihak Bang/Money Changer. Mereka menghargai murah mata uang dengan berbagai alasan seperti secara fisik uang keluaran lama atau mata uang yang terlipat. Akibatnya, menyimpan mata uang USD harus selalu diperbarui. Berbeda dengan emas yang bisa dibeli dan didiamkan saja beberapa lama.

Sertifikat Kepemilikan emas (sumber : Antam)


Kekurangan Investasi Emas
Kekurangan investasi dalam emas yang sering dikeluhkan adalah untuk urusan penyimpanan / storage dan perawatan / handling. Menyimpan emas dalam jumlah banyak dinilai beresiko tinggi dan mahal.  Metode penyimpanan yang kurang baik, walau dibungkus protective cover, dapat mempengaruhi kualitas, oksidasi dan perubahan warna. Untuk emas yang berbentuk koin, resiko jatuh ke permukaan yang keras, penyok, atau rusak akan sulit untuk di-treatment ulang dan bisa mengurangi harga. Dalam investasi emas, Anda harus lebih hati-hati dan selali memperhatikan dalam hal perawatan dan penyimpanan.
Kekurangan lainnya adalah return relatif stabil dan kurang menggairahkan bila dibandingkan saham atau properti.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, investasi emas masih dianggap sesuatu yang real yang dapat dilakukan oleh segala kalangan. Investasi ini pun masih dianggap paling aman dan beresiko minim, sehingga tidak membuat kekhawatiran bagi pemilik modal akan resiko kehilangan harta seperti yang terjadi pada jenis investasi lainnya.

Secara sudut pandang agama, Islam  pun telah mengenalkan mata uang Dinar sejak jaman Rasulullah, yang sampai sekarang masih dipandang sebagai mata uang yang paling tangguh. Dengan bermaksud untuk mendukung mengkampanyekan Dinar untuk mata uang (seperti yang seorang kawan di fesbuk sering lakukan.. hehe), marilah simpan dinar, gunakan dinar sebagai mata uang kita, pegangan kita dalam berinvestasi secara islami.

Wednesday, September 5, 2012

0 Mengingatkan kembali tentang Krakatau

Kawan, pagi ini setelah membaca berita hari ini, satu lagi potensi bencana telah datang secara beruntun di bumi Indonesia. Permukaan bumi mulai bergerak mencari kestabilan baru dengan menghasilkan gempa pada setiap aktifitas pergerakannya. Manusia memang telah memandang aktifitas ini adalah siklus yang biasa, namun kita punya Tuhan Gan, jadi pasti semua ada hikmahnya.

Pada tanggal 4 September, dalam satu hari saja, tidak kurang 10 kali gempa telah terjadi di kawasan Indonesia belum ditambah dengan gempa yang terjadi di seputaran Asia Tenggara. Gempa terjadi dengan kekuatan kisaran 4,6 - 5,2 pada skala Richter. Gempa terbaru hari ini masih dilaporkan oleh BMKG (http://www.bmkg.go.id/bmkg_pusat/Geofisika/Gempabumi_Terkini.bmkg) terjadi pada arah selatan Jawa yaitu 293 km barat daya Banyuwangi, pukul 07:48 wib pagi tadi, dengan kekuatan 5,0 pada skala Richter, gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Menurut BMKG pula, selama Juni Agustus 2012, tidak kurang 60 kali gempa telah tercatat terjadi di Indonesia, menandakan bahwa lapisan kerak bumi sedang labil dan terus bergerak. Tentunya hal tersebut memicu aktifitas vulkanik dari beberapa gunung di Indonesia. Salah satunya Krakatau yang telah ditetapkan oleh pemerintah berstatus Siaga level 2, dengan batasan aktifitas di radius 1 km.

Kawan, kita semua tahu dengan gunung satu ini. Ia adalah salah satu induk segala gunung di dunia. Letusannya telah tercatat dalam sejarah sebagai letusan sangat hebat, dengan daya rusak yang sangat tinggi, bahkan tercatat sebagai gunung yang paling berpengaruh terhadap perubahan iklim dunia. Letusannya yang terakhir telah menurunkan suhu permukaan bumi beberapa derajat. Subhanallah.

Erupsi Krakatau 1883, (sumber wikipedia)

Sedikit catatan terakhir tentang letusan Kakatau yang saya kutip dari wikipedia, saya tuliskan disini sebagai upaya mengingatkan kita kembali agar dapat membuat kita menyiapkan diri bila letusan tersebut InsyaAllah terjadi.

Pada tahun-tahun sebelum aktivitas seismik 1.883 letusan sekitar gunung berapi yang intens, dengan beberapa gempa bumi terasa sejauh Australia. Mulai 20 Mei 1883, 4 bulan sebelum ledakan akhir, ventilasi uap mulai terjadi secara teratur di daerah paling utara dari tiga pulau kerucut. Letusan abu mencapai ketinggian 6 km (20.000 kaki) dan ledakan terdengar di New Batavia (Jakarta) 160 km (99 mil) jauhnya. Kegiatan mereda pada akhir Mei, tanpa aktivitas direkam lebih lanjut untuk beberapa minggu.

Letusan dimulai lagi sekitar 16 Juni, menampilkan ledakan keras, dan menutupi pulau-pulau dengan awan hitam tebal selama lima hari. Pada tanggal 24 Juni angin Timur membersihkan awan, dan dua kolom abu terlihat keluar dari Krakatau. Siklus baru dari letusan diyakini telah menjadi ventilasi baru dekat lokasi kerucut vulkanik Anak Krakatau. Kekerasan dari letusan tersebut menyebabkan pasang surut di sekitarnya menjadi sangat tinggi, dan kapal di jangkar harus ditambatkan dengan rantai pada akhirnya. Guncangan gempa mulai terasa di Anyer (Jawa), dan kapal mulai melaporkan massa apung besar muncul di Samudera Hindia di sebelah barat.

Pada tanggal 11 Agustus, H.J.G. Ferzenaar menyelidiki pulau. Dia mencatat tiga kolom abu besar yang mengaburkan bagian barat pulau (angin bertiup dari timur terutama pada waktu itu tahun), dan uap dari setidaknya sebelas ventilasi lainnya, terutama antara Danan dan Rakata. Di tempat ia mendarat, ia mencatat lapisan abu sekitar 0,5 m (1 ft 8 in) tebal, dan perusakan
semua vegetasi hanya menyisakan tunggul pohon saja. Keesokan harinya, sebuah kapal yang lewat menuju utara melaporkan ventilasi baru "hanya beberapa meter di atas permukaan laut", (ini mungkin tempat paling utara yang tertera pada peta Ferzenaar s). Kegiatan terus berlanjut sampai pertengahan Agustus

Krakatau dari udara (sumber: Google)
Pada 25 Agustus, letusan lebih intensif. Sekitar pukul 13:00 (waktu setempat) pada tanggal 26 Agustus, gunung berapi masuk ke fase paroksismal, dan oleh para pengamat pukul 14:00 bisa melihat awan hitam abu 27 km (17 mil) tinggi. Pada titik ini, letusan itu hampir terus menerus dan ledakan bisa terdengar setiap sepuluh menit atau lebih. Kapal dalam jarak 20 km (12 mil) dari gunung berapi melaporkan telah kejatuhan abu yang berat, dengan potongan-potongan batu apung panas hingga 10 cm (3,9 in) yang mendarat di geladak mereka. Sebuah tsunami kecil menghantam pantai Jawa dan Sumatera sekitar 40 km (25 mil) jauhnya antara pukul 18:00 dan 19:00. 
Pada tanggal 27 Agustus empat ledakan besar terjadi pukul 05:30, 06:44, 10:02, dan 10:41 waktu setempat. Ledakan itu begitu keras, laporan dari Australia bahwa mereka mendengar ledakan, lokasi yang 3.500 km (2.200 mil) jauhnya di Perth, Australia Barat dan pulau Samudra India Rodrigues dekat Mauritius, 4.800 km (3.000 mil) jauhnya, di mana mereka mengira itu bunyi dari ledakan cannonfire dari kapal terdekat. Masing-masing disertai oleh tsunami sangat besar, yang diyakini telah lebih dari 30 meter (100 kaki) tingginya. Sebuah wilayah besar Selat Sunda dan sejumlah tempat di pantai Sumatera dipengaruhi oleh aliran piroklastik dari gunung berapi. Energi yang dilepaskan dari ledakan itu setara dengan sekitar 200 megaton TNT, kira-kira 4 kali lebih kuat dari Tsar Bomba, senjata termonuklir yang paling kuat yang pernah diledakkan oleh manusia. 
Gelombang tekanan yang dihasilkan oleh ledakan akhir kolosal terpancar dari Krakatau di 1.086 km / h (675 mph). Begitu kuat sehingga pecah gendang telinga pelaut di kapal di Selat Sunda dan menyebabkan lonjakan lebih dari dua setengah inci skala merkuri (ca 85 hPa) di alat pengukur tekanan pada gasometers di pabrik gas Jakarta. Ledakan tersebut juga telah memancarkan gelombang tekanan radiasi dan tercatat pada barographs di seluruh dunia., yang terus terjadi hingga 5 hari setelah ledakan. Rekaman pencatat tekanan udara menunjukkan bahwa gelombang kejut dari ledakan akhir bergema di seluruh dunia 7 kali. Debu telah terdorong ke angkasa hingga ketinggian 80 km (50 mil).Letusan berkurang dengan cepat setelah titik itu, dan pagi tanggal 28 Agustus Krakatau diam. Hanya sebagian letusan kecil, erupsi lumpur, terus terjadi sampai Oktober, 1883

Sekarang kawan, coba kita simak efek yang ditimbulkan dari beberapa rangkaian peristiwa tersebut.

Kombinasi aliran piroklastik, abu vulkanik dan tsunami telah menghasilkan bencana di sebagian besar wilayah sekitar. Lebih dari 3.000 orang yang terletak di pulau Sebesi tewas, yaitu jarak sekitar 13 km (8,1 mil) dari Krakatau. Peristiwa itu turut menewaskan sekitar 1.000 orang di Ketimbang di pantai Sumatera sekitar 40 km (25 mil) utara dari Krakatau. Korban tewas resmi dicatat oleh pemerintah Belanda adalah 36.417 orang, meskipun beberapa sumber menempatkan perkiraan pada 120.000 atau lebih. Banyak permukiman hancur, termasuk Teluk Betung dan Ketimbang di Sumatera, Sirik dan Serang di Jawa. Banten di Jawa dan Lampung di Sumatera hancur. Ada laporan yang didokumentasikan bahwa berbagai kelompok tengkorak manusia mengambang di Samudra Hindia sampai pantai timur Afrika sampai satu tahun setelah letusan. Beberapa lahan di Jawa tidak pernah kembali dihuni oleh manusia, melainkan dikembalikan ke hutan dan sekarang menjadi Taman Nasional Ujung Kulon.
 

Dilaporkan pula kapal jauh seperti Afrika Selatan bergoyang saat tsunami menghantam mereka, dan tubuh korban ditemukan mengambang di laut selama berminggu-minggu setelah kejadian. Tsunami yang disertai letusan diyakini telah disebabkan oleh aliran piroklastik raksasa memasuki laut, masing-masing empat ledakan besar itu disertai dengan aliran piroklastik yang besar yang dihasilkan dari keruntuhan gravitasi dari kolom letusan. Hal ini disebabkan oleh dinamika fluida pergerakan kilometer kubik beberapa materi di laut, menggusur volume yang sama besar air laut. Kota Merak hancur oleh tsunami 46 m (151 ft) tinggi. Beberapa aliran piroklastik mencapai pantai Sumatera sejauh 40 km (25 mil) jauhnya. Ada juga indikasi aliran piroklastik kapal selam mencapai 15 km (9,3 mil) dari gunung berapi.Gelombang yang lebih kecil yang direkam pada alat pengukur pasang surut di Selat Inggris. Gelombang udara mengelilingi dunia beberapa kali dan masih terdeteksi menggunakan barographs lima hari kemudian. 

Sebagai buntut dari letusan, ditemukan bahwa pulau Krakatau hampir seluruhnya menghilang, kecuali untuk bagian selatan Rakata terpotong sepanjang tebing vertikal, meninggalkan kaldera yang dalam 250 meter (820 kaki). Dari utara dua pertiga dari pulau, hanya Bootsmansrots pulau berbatu yang bernama ('Rock Bosun' s ', sebuah fragmen dari Danan) yang tersisa, Poolsche Hoed telah menghilang.Sebagai hasil dari sejumlah besar bahan disimpan oleh gunung berapi, dasar laut sekitarnya berubah drastis. Diperkirakan bahwa sebanyak 18-21 km3 (4,3-5,0 cu mil) dari Ignimbrit diendapkan di atas lahan seluas 1.100.000 km2 (420.000 sq mi), sebagian besar mengisi 30-40 m (98-130 ft) cekungan dalam di sekitar gunung. Massa tanah dari Verlaten dan Lang meningkat, seperti bagian barat dari sisa-sisa Rakata. Abu vulkanik terus menjadi bagian penting dari komposisi geologi dari pulau-pulau. 
Pada tahun setelah letusan, suhu rata-rata global turun sebanyak 1,2 ° C (2.2 ° F). Pola cuaca terus menjadi kacau selama bertahun-tahun, dan suhu tidak kembali ke normal sampai 1888. Subhanallah. 

Letusan juga menyumbang jumlah luar biasa besar sulfur dioksida (SO2) gas yang tinggi ke stratosfer yang kemudian diangkut sampai seluruh planet ini. Hal ini menyebabkan peningkatan global dalam asam belerang (H2SO3) konsentrasi tingkat tinggi awan cirrus. Hasil peningkatan reflektifitas awan (atau Albedo) akan mencerminkan lebih banyak cahaya yang masuk dari matahari daripada biasanya, dan mendinginkan seluruh planet sampai sulfur ditangguhkan jatuh ke tanah sebagai hujan asam.
 

Letusan gelap langit di seluruh dunia selama bertahun-tahun sesudahnya, diproduksi dan spektakuler matahari terbenam di seluruh dunia selama berbulan-bulan. 


Kawan, Allah itu maha kuasa. Sedikit saja Dia berkehendak, maka efek besar bagi kehidupan kita di dunia. Semoga kita lebih mempersiapkan diri.
 

Tuesday, September 4, 2012

0 Pantai Tanjong Pendam Belitong

Bagi agan-agan yang berasal dari pulau Belitong pasti sangat mengenal nama pantai ini, salah satu pantai terfavorit, tempat berkunjung dan bersantai bersama keluarga, terutama bila dilakukan pada waktu sore hari.

Tempat ini juga merupakan tempat yang sering dijadikan para pelancong dan fotografer untuk mengeksplorasi panorama sunset, berharap saja awan tidak sampai menutupi saat-saat terakhir mentari pulang.

Bagi agan-agan yang belum mengetahui tempat ini, mulailah berpikir untuk berkunjung, mulailah berencana datang, karena saya tidak akan ragu untuk mengatakan pada Anda semua, bahwa Anda sedikitpun tidak akan menyesal datang kesini.

Untuk jelasnya lokasi pantai ini, agan dapat melihatnya di Googlemaps:

Tanjong Pendam tentunya bukanlah satu-satunya tujuan wisata di Belitong. Masih terdapat tempat-tempat tujuan lain yang juga gak kalah bagusnya, dan Belitong memiliki tujuan wisata yang gak habis-habisnya untuk dikunjungi.

Tujuan wisata lain di pulau Belitong nanti akan kita bahas di kesempatan lain, namun pada kesempatan kali ini, saya punya oleh-oleh untuk agan-agan semua. Yaitu keindahan-keindahan pantai Tanjong Pendam yang sempat saya tangkap dalam beberapa kesempatan yang lalu.

Pantai Tanjong Pendam, pantai Kota (photo taken by Acha)


Menanti Mentari (photo taken by Acha)



Naaah.. ini foto Ane gan, numpang Beken (lokasi Pantai Tanjong Pendam)

Pulau Kalamoa dilihat dari pantai Tanjong Pendam (photo taken by Acha)


Sunset (photo taken by Acha via Instagram)


 




























































Mentari Pulang (photo taken by Acha)



0 Manggar Jadul

Setelah membaca berita dari bangkapos, kok tiba-tiba jadi tertarik berbagi gambar-gambar kota Manggar jadul. Mungkin bagi teman-teman yang mengenal saya semasa kecil hingga remaja dan juga teman-teman yang mungkin berasal dari kota ini atau yang pernah datang ke kota ini pada masa lalu, dapat membantu mengingatkan suasana lama atau bernostalgia. ini hanya usaha untuk membantu, khususnya untuk diri saya sendiri, dan semoga juga untuk semuanya.

selamat menikmati.

IC (generator set jadul peninggalan pemerintahan Hindia Belanda)

Pantai Nyiur Melambai Kp. Lalang tempo dulu

Guest House Pemda Beltim, eks Rumah Gubernur Hindia Belanda

Mesjid Lalang, sekarang Islamic Center (disinilah tempat ane kecil gan, dari ngaji, sholat sampai nginep2 klo perlu.. hehe)

MPB (Wismaria II Manggar), sekarang SMA Pergib Manggar

Olivir, Kilang penimbunan BBM PT. Timah tempo dulu

Pasar Lipat Kajang tempo dulu

IC, tampak depan

Mesin Diesel Jadul segede Gajah (teknologi Jerman), sayangnya sekarang tinggal kenangan

Rumah Sakit Timah, Ban Mutor

Rumah Pejabat Belanda (nah, ini terus terang ane gak tau dimana letaknya gan, yg jelas di Manggar)

 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates