Monday, October 29, 2012

0 Dalam pesona pulau Belitung


Pulau Belitung, beberapa tahun belakangan ini menjadi pusat perhatian, ketika film Laskar Pelangi yang diadopsi dari novel best seller karya Andea Hirata booming, pulau Belitung dengan sendirinya ter-promosi-kan hingga ke manca negara. Sebenarnya dalam film tersebut secara khusus memang bukanlah film promo yang mengandung ajakan berwisata ke pulau Belitung, namun sedikit pemandangan yang melintas ditambah efek film yang dramatis, muncullah keingintahuan dari penonton film, apakah pulau Belitung memang sebagus yang di film?

Bukan karena saya kelahiran Belitung kawan, namun bila diharuskan jujur sebagai orang yang sering bepergian ke hampir seluruh wilayah Indonesia, saya akan katakan, Anda tidak akan pernah melihat pulau yang lebih indah dari pulau ini. Sungguh, saya gak perlu boong, saya juga gak dibayar untuk mempromosikan pariwisata disini. hehe.. (eit..!! ada yang bilang "ya, iya lah, pulau kelahirannya... awas).

Objek yang seringkali  ditawarkan (seperti juga wisata pulau lainnya di dunia) adalah pantai. Yang menjadi ciri khas pantai Belitung dibanding dengan pantai lainnya adalah susunan bebatuan granit yang berukuran sangat besar, yang cerderet-deret di pinggir pantai. Pasir putih (kandungan kuarsa tinggi) secara umum memberikan warna pada seluruh pantai di Pulau Belitung, itulah kenapa di Belitung tidak ada nama pantai Pasir Putih, karena semua pasir pantai di Belitung berwarna putih.
Bagi yang menyukai snorkling, di Belitung ada banyak sekali destinasi pulau-pulau karang yang belum terjamah (tidak seperti di Bangka yang sudah banyak dirusak oleh penambangan kapal isap). Dan bagi fotografer, sejauh pengetahuan saya, Anda tidak pernah kehabisan objek foto. Kata web tetangga sih, Belitung sudah menjadi salah satu tujuan fotografi yang paling sering dieksplorasi oleh fotografer seluruh dunia.

Sedikit kekurangan dari kondisi pantai Belitung adalah kurangnya ombak, sehingga untuk penggemar surfing, pantai Belitung tidak dapat dijadikan tujuan ber-surfing ria. Apa boleh buat, memang adanya begitu.

Baiklah, secara runtut saya akan buat sedikit ulasan tentang keadaan pulau Belitung sejauh pengetahuan saya. Hal ini mungkin dapat dijadikan gambaran umum bagi kawan yang ada terbersit keinginan untuk mengunjungi Belitung namun masih kebingungan.

1. Letak Geografis
Pulau Belitung terletak di Utara Jawa, antara Kalimantan Barat dan pulau Bangka.Satu pulau yang terletak di Laut China Selatan.
Belitung, sumber : Googlemap
Bila Anda ketik keyword Belitung di Google map, maka akan langsung tertuju pada tampilan ini. Pulau Belitung ada di kotak hitam tengah gambar, posisinya membelah jarak Jakarta dan Singapura menjadi dua bagian, dan juga membelah antara Kalimantan dan Sumatera menjadi dua bagian.
Jarak dari Jakarta ke Pulau Belitung dapat ditempuh dengan pesawat udara dalam waktu 50 menit, dan jangan kuatir, penerbangan ke pulau ini dari Bandara Cengkareng dapat mencapai 7 kali penerbangan dari 3 - 4 maskapai penerbangan setiap harinya.So just take it easy boi, Anda gak kan kesulitan untuk menuju pulau ini.

2. Sosial Budaya, Sejarah dan Pemerintahan
Saya yakin, ketika kita berbicara tentang wisata, mungkin banyak yang tidak terlalu tertarik dengan hal ini. Namun ada baiknya saya ceritakan sedikit agar menambah wawasan, Karena setahu saya, untuk membicarakan hal ini, bahkan beberapa penulis sudah membuat buku yang sangat tebal, jadi yang saya ceritakan disini hanya sedikit sekali.
Secara sejarah, Belitung dahulu merupakan kepulauan yang mengalami beberapa pemerintahan raja-raja. Mulai Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Majapahit sampai menjadi daerah taklukan Palembang.
Kerajaan lokal yang pernah berdiri yaitu Kerajaan Badau dengan Datuk Mayang Geresik sebagai raja pertama, Kerajaan Balok dengan raja pertamanya berasal dari keturunan bangsawan Jawa dari Kerajaan Mataram Islam bernama Kiai Agus Masud atau Kiai Agus Gedeh Ja'kub, dan Kerajaan Balok Baru yang pemerintahannya dipegang oleh Kiai Agus Gending. Ada pula tercatat kerajaan lainnya (skala lebih kecil) yaitu Kerajaan Belantu dengan rajanya yang terakhir bernama KA. Umar, dan Kerajaan Buding dengan  Rajanya bernama Datuk Kemiring Wali Raib
Pada abad ke-17, Pulau Belitung menjadi jalur perdagangan dan merupakan tempat persinggahan kaum pedagang. Dari sekian banyak pedagang, yang paling berpengaruh adalah pedagangn Cina dan Arab. Pedagang-pedagang Cina masuk ke Pulau Belitung kira-kira tahun 1293, sebuah armada Cina dibawah pimpinan Shi Pi, Ike Mise dan Khau Hsing yang sedang mengadakan perjalanan ke Pulau Jawa terdampar di perairan Belitung.
Pada tahun 1668, sebuah kapal Belanda bernama 'Zon De Zan Loper', dibawah pimpinan Jan De Marde, tiba di Belitung. Mereka merapat di sungai Balok, yang saat itu merupakan satu-satunya bandar di Pulau Belitung yang ramai dikunjungi pedagang asing
Tanggal 18 September 1821, Pulau Belitung masuk dalam wilayah kekuasaan Inggris (meskipun secara de facto terjadi pada tanggal 20 Mei 1812). Oleh Residen Inggris di Bangka, diangkat seorang raja siak untuk memerintah Belitung, karena di pulau kecil ini sering terjadi perlawanan rakyat yang dipimpin oleh tetua adat. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Komisaris Jenderal Kerajaan Inggris tanggal 17 April 1817, Inggris menyerahkan Belitung kepada Kerajaan Belanda. Selanjutnya atas nama Baginda Ratu Belanda, ditunjuk seorang Asisten Residen untuk menjalankan pemerintahan di Pulau Belitung

Pemerintahan di Belitung sejak tahun tahun 2003 terbelah menjadi 2 kabupaten (sebelumnya hanya satu kabupaten), yaitu Kabupaten Belitung yang ibukota Tanjungpandan dan Kabupaten Belitung Timur dengan ibukotanya Manggar. Kabupaten Belitung masih dipimpin oleh Ir. Darmansyah husein, yaitu bupati terpilih 2 periode yang sebelumnya juga menjabat bupati sebelum pulau Belitung menjadi dua kabupaten. Belitung Timur dipimpin oleh Dr. Basuri T. Purnama (ya.. adeknya Ahok). Ia terpilih setelah pilkada ke-2 setelah sebelumnya jabatan bupati dijabat oleh kakaknya hanya yang 1,5 tahun saja.

Sosial budaya di Pulau Belitung berakar pada budaya Melayu pesisir, dengan penduduk terbesar adalah suku Melayu (hampir 80%) ditambah dengan suku lain seperti Bugis, Jawa, Batak, Keturunan Tionghua dll.
Hampir 90% penduduk belitung memeluk agama islam. Agama dan kepercayaan yang lain adalah katolik,
parotestan, budha dan konghucu. Harmonisasi antar umat beragama cukup dapat dirasakan dalam kehidupan sehari- hari.
Rumah Adat Belitung, Suber : Detik
3. Tujuan Wisata
Ada banyak tujuan wisata di Belitung, namun tempat terpavorit adalah pantai dan segala pendukungnya. Dari beberapa pantai yang amat direkomendasikan dengan tingkat kunjungan paling tinggi adalah;

Pantai Tanjongtinggi
Sebuah pantai yang terletak di kecamatan sijuk, berjarak sekitar 30 km dari kota Tanjung Pandan, dengan area seluas kurang lebih 80 Ha. Lokasi ini dapat ditempuh dari tanjung pandan selama 45 menit.
Kontur pasir yang putih bersih dihiasi oleh susunan batuan granit yang sangat besar, dapat mencapai tinggi 10 - 15 meter ditepian dan dilepas pantai. Tanjung tinggi sangat cocok untuk berjemur, memancing, menyelam, berenang, bermain jetski atau bahkan bermain diatas pasir di tepian pantai bersama keluarga. Di wilayah pantai juga tersedia tempat-tempat wisata kuliner (restoran pantai), dengan cita rasa khas Belitung yang didominasi oleh menu-menu laut.
Berfoto di bebatuan granit yang tinggi. Salah satu lokasi shuting favorit Laskar Pelangi. Di Tanjongtinggi
Pantai Tanjongpendam
Adalah sebuah pantai/taman kota, berada di dalam kota Tanjungpandan. Sebuah pantai favorit bagi seluruh penduduk lokal. Di pantai ini disediakan seluruh fasilitas, baik untuk bermain anak-anak, wisata kuliner, panggung pertunjukan, lapangan futsal, hutan kota, lapangan serbaguna, kafe dan lain-lain. Bahkan telah tersedia hotel berbintang bagi wisatawan yang ingin menginap di lokasi tersebut. Hal yang paling menarik dari tempat ini adalah pemandangan sunset di sore hari. Angle yang paling baik bagi seorang fotografer untuk menangkap momen sunset.

Beautiful sunset at Tanjongpendam

Pantai Bukit Berahu
Bukit berahu adalah nama sebuah resort yang berlokasi didesa Tanjung binga sekitar 18 Km dari Tanjung Pandan. Resort yang terdiri atas beberapa cottage di tepi pantai, kolam renang dan restoran yang dibangun diatas sebuah bukit kecil ditepi pantai. Tempat ini menawarkan panorama dari sudut pandang tinggi di atas bukit. Cottage dirancang dari kayu dengan gaya khas tradisional dengan pemandangan pasir putih yang dihiasi bebatuan granit dan menyaksikan perahu nelayan yang melintas di saat sunset.
Bungalow tepi pantai di Bukit Berahu


Pantai Tanjong kelayang
Terletak di kecamatan sijuk sekitar 27 Km dari Tanjungpandan. Memiliki pesisir sepanjang ±1,5 Km meliputi area seluas 60 Ha. Tanjung Kelayang memiliki karakteristik pantai berpasir putih dan laut biru yang tenang dengan panorama pohon kelapa disepanjang pesisirnya. Sangat baik untuk berenang atau berjemur diantara batuan granit.
Batu ini yang dinamakan batu Burung Kelayang, di Tanjong Kelayang

Pulau Lengkuas
Pulau berdekatan dengan pantai Tanjungkelayang. Jarak tempuh menuju pulau tersebut memakan wakatu 30 menit menggunakan perahu nelayan yang disewakan. Dalam perjalanan menuju ke pulau akan terpampang panorama perairan yang menakjubkan berupa taman laut, pulau- pulau kecil serta sembulan bebatuan besar dan kecil berada diatas permukaan air laut yang tenang dan bening (Gambar cover di atas adalah salah satu pemandangan yang terlihat dalam perjalanan menuju Pulau Lengkuas, asik kan??). Pada bulan-bulan tertentu, kita beruntung dapat melihat terumbu karang secara jelas. Sangat ideal untuk olahraga diving dan memancing. Di atas pulau terdapat sebuah mercusuar yang masih berdiri tegak peninggalan VOC sejak tahun 1882, yang sampai saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik.
Mercusuar di Pulau Lengkuas


Masih banyak destinasi wisata di pulau Belitung, yang saya sebutkan beberapa di atas hanyalah tempat-tempat yang paling populer. Namun begitu, tidak ada salahnya kita melakukan eksplorasi lagi pada tempat-tempat yang lain, karena sebetulnya masih banyak tempat-tempat yang harus dikunjungi, terlebih bagi mereka-mereka yang menyukai perjalanan.
Tempat-tempat lain yang juga direkomendasikan antara lain :
a. Kampung nelayan Tanjungbinga,
sentra produk laut seperti ikan segar, kepiting, udang, lobster dan ikan asin untuk oleh-oleh. Kita dapat membelinya langsung dari nelayan setempat
b. Lor In
Tempat penginapan dengan konsep cottage di tepi pantai dekat dengan pantai Tanjungtinggi, favorit wisatawan asing
c. Wisata budaya
Tradisi warga keturunan Cina, kuil dan acara-acara di hari besar Cina.
Kampung Bali lengkap dengan tradisinya.
Tradisi asli masyarakat Melayu Belitung juga berkenaan dengan acara-acara keagamaan dan acara-acara adat
d. Wisata pegunungan,
Gunung Tajam, salah satu pegunungan yang memiliki air terjun, menjadi favorit bagi wisata petualangan.
e. Wisata Laskar pelangi
Yaitu wisata kilas balik pembuatan dan cerita dari film laskar pelangi. Kita dapat mengunjungi lokasi syuting, bahkan jika beruntung Anda akan dapat menemui para pemeran film LP.
Lokasi Shooting Laskar Pelangi, Insert; Ibu Muslimah Asli
 f. Warung Kopi
Suatu lokasi di Manggar yang terdapat banyak sekali warung kopi. Konon ucapan Alm. Mbah Surip "I Love you full.." itu berasal dari sini saat dia melihat begitu banyaknya warung kopi. Penjualan kopi di sini pernah tercatat di recor MURI sebagai tempat penjualan kopi terbanyak, dalam sehari dapat menjual hingga 16.000 gelas. Waw..

4. Hotel dan Penginapan
Saat ini sudah tersedia begitu banyak penginapan dan hotel di pulau Belitung. Dari kelas melati hingga berbintang. Ada baiknya saya share link Hotel dan penginapan Belitung (dari Web Kabupaten Belitung) sebagai panduan lengkap. Intinya, penginapan tidak akan jadi masalah buat Wisatawan.

Bila di antara Anda ada yang berminat untuk melakukan perjalanan ke pulau Belitung, dapat menghubungi kami dengan email atau pun komentar di sini. Sebaiknya perjalanan dapat dilakukan secara beramai-ramai, minimal 5 orang. Hal itu dapat memhemat cost, karena dalam perjalanan kita harus menyewa alat transportasi dan sebagainya. Lagi pula bila berwisata sendiri-sendiri kan banyak bengongnya.. hehe.
disamping itu siapkanlah waktu paling tidak selama 4 malam, karena menurut pengalaman beberapa rekan, waktu yang kurang dari waktu 4 malam hanya membuat perjalanan wisata kawan menjadi terburu-buru. Tidak akan banyak tempat yang dikunjungi serta terlalu melelahkan.

Bagaimana kawan? Siapkanlah waktu kawan, baik bersama keluarga maupun bersama teman-teman untuk melancong ke Pulau Belitung. Saya tidak menetapkan tarif apapun untuk perjalanan Anda, hanya semua beban yang timbul dalam perjalanan Anda saja, untuk itu akan dibicarakan secara terbuka. Kita dapat memberikan konsultasi tentang berapa beban biaya yang akan muncul, agar kawan dapat menentukan pilihan-pilihannya nanti.
Penting juga untuk membuat schedule perjalanan agar dapat dilakukan secara efektif, kami juga akan bantu untuk itu.

Baiklah, selamat memikirkan planing untuk berkunjung ke pulau Belitung..




Saturday, October 20, 2012

0 Fakta-fakta kehidupan sosial Mesir Kuno

Piramid, Lambang kejayaan Mesir kuno
Kawan, sejak dahulu banyak orang yang telah terpesona dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan Mesir Kuno. Negara ini sudah menjadi inspirasi masyarakat di dunia, baik yang berhubungan dengan keindahan peradaban padang pasir-nya, piramidnya serta kemajuan ilmu dan teknologi.

Dari hasil ngeluyur sana sini di dunia maya maupun literatur offline, saya coba menghadirkan beberapa fakta-fakta menarik tentang Mesir. Fakta-fakta ini berkaitan dengan kebudayaan Mesir Kuno dan kondisi masyarakat Mesir yang mungkin saja banyak yang belum diketahui.



Fakta-fakta tersebut adalah :

1. Raja Firaun, Faktanya ia tidak pernah membiarkan rambutnya terlihat orang lain. Ia selalu mengenakan mahkota atau hiasan kepala yang disebut Nemes (hiasan kepala kain bergaris bertahta topeng emas Tutankhamen).

Patung Firaun
2. Untuk mencegah lalat mendarat pada dirinya, Raja Pepi II selalu menempatkan seorang budak telanjang di dekatnya yang tubuhnya diolesi madu.

3. Laki-laki dan wanita Mesir selalu mengenakan makeup - eyepaint (riasan lukis alis), biasanya berwarna hijau (yang terbuat dari tembaga) atau berwarna hitam (yang terbuat dari timah). Mereka percaya bahwa riasan itu memiliki kekuatan penyembuhan. Awalnya riasan itu digunakan sebagai perlindungan dari chaya matahari.

4. Penggunaan antibiotik bukan dimulai di abad ke-20, di kebudayaan kuno Mesir obat rakyat juga menggunakan makanan berjamur atau tanah, misalnya untuk mengobati luka infeksi diobati dengan roti berjamur.

5. Anak Mesir tidak mengenakan pakaian sama sekali sampai mereka berada di usia remaja. Suhu di Mesir membuat mereka merasa tidak perlu menggunakan baju. Laki-laki dewasa mengenakan rok sementara wanita mengenakan gaun.

6. Orang kaya Mesir mengenakan wig sedangkan kelas-kelas lain memanjangkan rambut mereka. Sampai usia 12 tahun, anak laki-laki Mesir mencukur habis kepala mereka dan hanya meninggalkan sedikit kuncir, alasannya sebagai perlindungan terhadap kutu.
Relief gambar kehidupan sosial Mesir Kuno

7. Tidak diketahui siapa yang menghancurkan hidung Sphinx. Ada sketsa Sphinx tanpa hidung tahun 1737, lebih dari 60 tahun sebelum Napoleon mencapai Mesir dan ratusan tahun sebelum tentara Inggris dan Jerman pada Perang Dunia ke-II.

8. Orang Mesir percaya bahwa bumi itu datar dan bulat (seperti pizza) dan percaya Sungai Nil mengalir membelah bumi menjadi dua bagian.

9. Tentara Mesir digunakan sebagai kekuatan internal polisi. Selain itu, mereka mengumpulkan pajak bagi Firaun.

10. Dalam setiap kuil di Mesir kuno, firaun seharusnya melaksanakan tugas dari para imam besar, tapi tempatnya biasanya diambil oleh Imam.

11. Piramida pertama (The Step Pyramid Djoser dibangun sekitar 2600 SM) pada awalnya dikelilingi oleh dinding setinggi 34 ft yang memiliki 15 pintu. Hanya salah satu pintu yang dibuka.

12. Para wanita di Mesir kuno menikmati kesetaraan hukum dan ekonomi dengan laki-laki. Namun demikian, mereka tidak pernah menikmati kesetaraan sosial dengan laki-laki.

13. Berlawanan dengan kepercayaan populer, dari kerangka yang digali menunjukkan bahwa pembangun piramida Mesir sebenarnya mempekerjakan pekerja permanen Firaun. Graffiti menunjukkan bahwa setidaknya beberapa dari para pekerja mengambil kebanggaan dalam pekerjaan mereka, menyebut tim mereka "Friends of Khufu," "Para pemabuk dari Menkaure," yang menunjukkan kesetiaan kepada firaun.

14. Ketika sebuah mayat di mumi, otaknya telah diambil melalui salah satu lubang hidungnya, ususnya juga diambil dan ditempatkan dalam stoples disebut kanopik. Masing-masing organ ditempatkan dalam stoples sendiri. Satu-satunya organ internal yang tidak diambil hanyalah hati, karena orang Mesir menganggap hati adalah pusat dari jiwa.

15. Ramses Agung memiliki 8 istri resmi dan hampir 100 selir. Dia berusia lebih dari 90 tahun ketika meninggal pada 1212 SM.

Sumber: 'National Geographic, Fakta Menarik James'


Thursday, October 18, 2012

5 Mengoptimalkan kamera handphone, saat camera DSLRs sedang tidak ada


Kawan, terutama bagi fotografer, baik yang masih amatiran maupun yang sudah pro. Pernahkah kawan merasa saat-saat tidak sempat bawa DSLR, tahu-tahu ada momen yang dirasa harus diabadikan. Bila harus mempersiapkan DSLR dahulu, mungkin kawan akan kehilangan momen, sedangkan momen itu adalah momen spontan yang tak bisa kita ulang. Kenapa kawan tidak berfikir untuk segera mengambil hp atau BB? Bukankah sebuah momen foto itu sangat bernilai? Sebagai fotografer (amatiran), saya lebih takut kehilangan momen dari pada takut kehilangan kualitas gambar yang dihasilkan dari sebuah kamera.

Pada kesempatan ini, saya sedikit berbagi dari beberapa pengalaman saya (saat tidak pegang DSLR) ditambah dengan beberapa diskusi dengan sesama fotografer. Bagaimana kita dapat memanfaatkan kemampuan kamera built in di hanphone secara optimal, yang akan menghasilkan gambar yang baik tanpa harus kehilangan momen.

Kita mulai..

Kualitas kamera digital built in dengan ponsel dan teknologi yang disertakannya, semakin hari semakin menjadi lebih baik dengan ukuran megapixel yang semakin besar. Demikian pula dengan kualitas lensa yang lebih baik, ruang penyimpanan (storage) yang semakin besar, resolusi semakin tinggi, kemampuan fokus, kemampuan video, serta ketersediaan fasilitas pengenalan wajah (face detect) dan flash in.Namun kawan, Anda sebenarnya tidak membutuhkan sebuah smartphone high-end dengan kamera 8 megapiksel untuk menghasilkan sebuah gambar yang bagus, sebuah ponsel kamera dengan sensor 3 megapixel pun sudah cukup baik untuk kebutuhan pengambilan gambar candid dan gambar situasi sehari-hari.

"Kamera terbaik adalah yang ada di tangan Anda saat ini" Chase Jarvis (photographer).

Ada keterbatasan kita, yang terkadang kita tidak bisa membawa DSLR kemana-mana dan kita sering dihadapkan pada situasi dimana kita melihat frame yang bagus, sedang kita tidak memiliki kamera di tangan. Seperti yang saya katakan sebelumnya kawan, sebagai seorang fotografer saya lebih takut kehilangan momen daripada takut kualitas gambar yang akan dihasilkan oleh kamera. Pada beberapa kondisi, saya pun tidak akan merasa malu untuk menggunakan Blackberry atau Samsung Smartphone saya, yang dilengkapi dengan kamera 3.2 MP dan zoom digital, untuk mengklik sebuah momen. Sebuah foto yang baik tidak selalu bergantung pada alat apa yang kita gunakan. Kamera tidak membuat gambar yang kita inginkan, kitalah yang membuatnya.

Namun di sisi lain, sangat perlu kita sadari, memang tidak bisa dibantah bahwa sensor kamera yang kecil akan menjadikan kesulitan dalam menghasilkan gambar yang tajam dan bebas noise. Ada beberapa trik yang harus kita pelajari dan dilakukan saat kita ingin melakukan pemotretan dengan media ponsel.

Foto ini menggunakan kamera Samsung Galaxy Ace 3,2 MP
(Foto sudah saya edit, namun hanya resize dan balance lho, that's all..! hehe)
Lokasi : Depan Rumah

Lokasi : Dekat kantor

Lokasi : Pantai Koba

Lokasi : Tanjong Kelayang Belitong


 1. Lakukan Pengaturan awal 
Sebagian besar fotografer tidak suka menembak dalam mode Auto DSLR (kecuali untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu). Alasannya, karena tidak ingin kamera yang membuat keputusan tentang bagaimana gambar dihasilkan. Demikian pula untuk sebuah kamera ponsel, jika Anda memiliki pilihan untuk mengubah pengaturan, maka cobalah untuk mengubahnya sesuai kebutuhan Anda.
Matikan lampu kilat bila tidak diperlukan. Kualitas buruk hasil foto akibat tembakan flash sering kali memberikan hasil yang tidak sesuai dengan yang diperkirakan pada awalnya, sebaiknya coba untuk mendapatkan sumber cahaya tambahan pada sekitar objek foto. Jika Anda mengambil gambar di dalam ruangan dan ponsel kamera Anda memiliki mode pengaturan, maka lakukan sedikit eksperimen kemudian lakukan pengaturan lagi hingga menghasilkan foto yang sesuai. Ponsel kamera saat ini selalu memiliki pilihan untuk mengubah resolusi gambar, untuk itu disarankan untuk selalu menggunakan resolusi maksimum sehingga Anda dapat menangkap secara detil

2. Lampu 
Fotografi adalah semua tentang cahaya. Apa lah fotografi tanpa cahaya? Bahkan saat pemotretan dengan kamera, kita perlu tahu bagaimana membaca cahaya yang tersedia pada kondisi sekitar. Gambar terbaik yang dihasilkan oleh kamera ponsel adalah dalam kondisi banyak cahaya.
Cahaya lampu yang berbeda mempengaruhi warna di foto Anda dengan cara yang berbeda. Jika kamera telepon Anda memiliki fitur white balance, lakukan eksperimen untuk mendapatkan komposisi terbaik.

3. Pegang dengan mantap 
Apakah Anda sering mengeluh gambar buram saat pemotretan dengan kamera ponsel Anda? Ada kemungkinan karena kecepatan rana lambat dan rentan terhadap pengaburan dengan sedikit goyang di sana-sini. Seringkali ada penundaan antara pelepasan rana dan klik sebenarnya telepon. Itu adalah saat ketika gerakan kecil akan menciptakan pengaburan. Peganglah kamera dengan stabil dan bahkan setelah tombol shutter ditekan, tetap stabil selama beberapa detik hanya untuk memastikan. Anda juga bisa mencoba menempatkan telepon di atas meja atau buku atau permukaan yang rata untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam. Dalam situasi lain, kita dapat pula mengambil keuntungan dari kecepatan rana lambat dan menangkap beberapa gambar yang bergerak untuk membuat kesan abstrak.

4. Hindari zoom 
Fasilitas zoom built-in kamera di telepon bukanlah optik tapi digital. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak memperbesar gambar karena Anda sebenarnya tidak benar-benar zooming. Lebih baik isi frame Anda dengan cara mendekatkan diri ke objek.

5. Eksperimen (Percobaan) 
Telepon kamera memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam pengambilan gambar. Dengan ukuran yang kompak (kecil), dapat dengan mudah diselipkan ke dalam saku baju, mudah (instan) saat Anda tidak membawa DSLR besar, yang pada situasi tertentu memang tidak mungkin untuk dibawa. Lakukan eksperimen dengan sudut yang berbeda, komposisi ini lebih dimungkinkan karena perangkat akan mudah dibawa ke setiap sudut atau celah.

Demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat.
Jangan lupa sharingnya gan, bila ada tambahan tips lain. Selamat berburu momen di segala situasi

 Artikel lain :
Orang mendapatkan alergi dari Blackberry
Lebih dekat dengan htc windows phone 8x dan 8s 


 

Monday, October 15, 2012

0 10 Fakta menarik tentang planet kita (Bumi)


Kawan, Tempat tinggal kita (bumi), dipenuhi degan fakta-fakta menarik yang tidak pernah membosankan untuk dibicarakan. Keseluruhan fakta ini mengarah kepada komposisi yang sangat mendukung kehidupan di bumi dapat berlangsung. Maka benarlah yang Allah katakan di dalam Al Quran, tidak ada ciptaanNya yang sia-sia, semua yang ia ciptakan adalah untuk mendukung kehidupan kita, yaitu manusia.

Seperti yang kita kenal dari keadaan planet kita, ternyata masih ada hal-hal yang baru ditemukan setiap hari. Bahkan, dari sebagian besar lautan, masih belum pernah dieksplorasi sama sekali. Hal tersebut disebabkan keterbatasan kita sebagai manusia, keberadaan teknologi yang belum ada, sehingga ada batasan kedalaman laut yang dapat kita jelajahi. Namun dengan penelitian yang berkelanjutan, setiap hari kita mendapatkan ratusan spesies baru.
Hutan hujan mempersembahkan hewan dan tanaman baru setiap manusia melakukan penjelajahan. Bumi terus berubah, bergeser, dan mengekspos rahasia baru bagi manusia untuk mengagumi. Butuh waktu bertahun-tahun dan banyak sekali pemikiran besar untuk memecahkan masalah atmosfer bumi apalagi luar angkasa. Semua usaha, setiap saat, selalu memberikan fakta baru.

Dalam kesempatan kali ini, saya mengumpulkan sepuluh fakta menakjubkan tentang rumah kita ini, mungkin sebagian dari kita tidak/belum menyadari.  


1. Atmosfir Bumi

Atmosfir Bumi yang sangat tipis
Bumi memiliki banyak lapisan mantel atmosfer, seperti; mesosfer, ionosfer, eksosfer, dan termosfer. Tapi lapisan troposfer, yang paling dekat dengan bumi, yang mendukung kehidupan kita, ternyata hanya memiliki lapisan paling tipis, yaitu sekitar 16 km saja.

2. Gurun Pasir

Gurun Sahara
Percaya atau tidak, sebagian besar gurun di bumi tidak seluruhnya terdiri atas pasir. Sekitar 85% isi gurun adalah batu dan kerikil. Gurun terluas di bumi, Sahara, mengisi sekitar 1/3 dari Afrika (dan terus berkembang) dapat mengisi permukaan yang hampir seluas benua Amerika Serikat.

3. Bumi tidak bulat..??

Bumi bundar
Faktanya, bumi ternyata tidak benar-benar bulat. Hal ini disebut oblate bulat arti itu agak pipih pada bagian atas dan bawahnya.

4. Lautan garam

Lautan luas
Jika Kawan bisa menguap seluruh air dari semua lautan dan menyebarkan garam yang dihasilkan meliputi seluruh tanah di Bumi, maka Kawan akan membuat lapisan garam setinggi 150 meter.

5. Danau atau laut..??


Danau seperti laut
 

Terdapat laut di dalam pulau yang sejatinya disebut Danau, namun danau tersebut amat luas, yaitu Laut Kaspia yang berada di perbatasan Iran dan Rusia   

6. Pegunungan

Pegunungan Terpanjang di Amerika Selatan


Gunung Andes di Amerika Selatan merupakan pegunungan terpanjang di dunia, yaitu kisaran panjang 7.282 kilo meter. Sedangkan pegunungan terpanjang kedua: The Rockies, Ketiga: Himalaya; Keempat: The Great Dividing Range di Australia, Kelima: pegunungan Trans di Antartika. Sebagai catatan, untuk setiap 980 kaki atau 300 meter kita naik gunung, suhu akan turun 3-1/2 derajat.  

7. Danau dalam


Danau Baikal

Danau terdalam di dunia ada di daerah bekas atau pecahan Uni Soviet yaitu Danau Baikal. Danau ini memiliki panjang 644 km, lebar sekitar 48 km. Kedalamannya tercatat lebih dari 1600 meter. Kedalaman ini cukup untuk mengosongkan air dari lima danau terbesar di amerika The Great Lakes

8. Gempa Bumi

Akibat Gempa Bumi


 Apabila gempa bumi terjadi, kerusakan parah dapat terjadi bahkan hingga mematikan. Namun tahukah kawan, setiap tahun sebenarnya terjadi tidak kurang dari 1 juta kali gempa bumi, hanya saja sebagian besarnya tidak tercatat. 

9. Terpanas di bumi


Gurun di Libya

Kebanyakan orang percaya bahwa Death Valley di California Amerika Serikat adalah tempat terpanas di bumi. Tetapi suhu terpanas yang pernah tercatat ternyata di Azizia Libya, suhu pernah tercatat hingga 136 derajat Fahrenheit (57,8 derajat celcius) pada 13 september 1922. Sedang di Death Valley, suhu tertinggi yang pernah tercatat hingga 134 Fahrenheit (56,6 derajat celcius) pada 10 Juli 1913.

10.  Debu dalam angin


Badai Debu


Ahli dari Biro Geologi Amerika Serikat menyatakan bahwa sekitar 1.000 ton debu terkandung dalam angin jatuh menghujani permukaan bumi setiap tahunnya.

Nah kawan, 10 fakta diatas merupakan sebagian dari seluruh fakta yang terjadi di bumi. Namun sejatinya fakta-fakta tersebut masih terus bertambah seiring dengan kemajuan penelitian yang dicapai manusia.

Semoga menambah pengetahuan kita semua. Namun bila ada yang ingin kawan menambahkan, tulislah disini. Sekalian kita sharing pengetahuan. Mantab kan?


Artikel lainnya :
Apa itu smart tv?
Mengingatkan kembali tentang krakatau 



 

Friday, October 12, 2012

2 Bila Parapsikologi menjadi cabang ilmu pengetahuan

Ilustrasi


Kawan, dalam perjalanan keliling dunia maya hari ini, saya akhirnya singgah ke wikipedia karena tertarik ada sebuah halaman di wiki yang berbentuk gak karuan. Maksudnya, halaman tersebut jadi berisi perdebatan yang mulai tidak sehat antara pro dan kontra tentang suatu subjek, yang bentuk ulasan pro kontranya menjadi hanya satu halaman, bukan berbentuk "quote" seperti yang kita biasa temui di forum.
Hal ini menjadi aneh, karena ini page-nya wikipedia. Saya tidak akan membahas kenapa sampai adminnya wiki tidak memperhatikan itu, tetapi saya lebih tertarik tentang apa yang mereka bicarakan, yaitu tentang Parapsikologi.

Lengkapnya kawan dapat liat kekacauan page tersebut lagsung pada sumbernya : http://id.wikipedia.org/wiki/Pembicaraan:Psikologi

Baiklah, saya juga tertarik kali ini saya ingin mengajak kawan semua mengulas (ikut-ikutan) tentang Parapsikologi. Dengan harapan dapat menciptakan alur diskusi, namun yang sehat loh sob. Bukan yang saling menjatuhkan, dan ada baiknya memang kita batasi cara pandangnya, agar tidak terjebak pada penghujatan, apalagi kepada sumber-sumber keyakinan atau agama tertentu. Gimana sob? Mantab kan?

Kita mulai...
Pertama, apa itu Parapsikologi
Sebelum ke situ, ada baiknya kita ungkapkan dulu definisi Psikologi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya (Wikipedia)
Nah Parapsikologi diartikan sebagai cabang psikologi yang mempelajari sekelompok fenomena yang dikenal sebagai psi, sebuah istilah yang mengacu pada transfer informasi atau energi yang tidak dapat dijelaskan oleh mekanisme fisik atau biologis umum. Fenomena psi meliputi persepsi ekstrasensori (ESP), perolehan informasi tanpa mediasi oleh sistem sensorik (s), dan psikokinesis (PK), aksi dengan mediasi oleh sistem mor. ESP, pada gilirannya, diwujudkan oleh telepati (transferensi pikiran), clairvoyance (persepsi benda-benda yang tidak hadir di bidang sensorik), precognition (persepsi kejadian masa depan), dan postcognition (persepsi, sebagai lawan dari memori, dari peristiwa masa lalu). Parapsikologi digolongkan sebagai cabang Psikologi karena mempelajari mental (misalnya, persepsi) atau perilaku di alam. (Kihlstrom, F.J. 2000). Jadi menurut pakar, Parapsikologi adalah cabang dari ilmu Psikologi. 
Sampai disini kita stop dulu ya.

Masalahnya adalah, memasukkan parapsikologi menjadi salah satu cabang ilmu itu masih menjadi perdebatan. Tidak di Indonesia, tidak di seluruh dunia sekalipun. Perdebatan ini dimulai dari keinginan para praktisi supranatural untuk diakui eksistensinya dan pengetahuannya sebagai cabang ilmu, sekaligus mengusahakan agar semua yang terhubung dalam kegiatan tersebut menjadi masuk akal.
Pertanyaannya, apakah objek pengetahuan ini masuk akal?

Citra Prima, salah satu parapsikolog Indonesia


Kawan, sedikit saya masuk ke ranah agama, bukan untuk mengajak memperdebatkan, justru agar tidak ada yang mengaitkan lagi dengan ranah ini.. ("waw".. kok jadi serius gini.. hehe. Just take it easy sob)
Menurut agama yang ane anut (Islam), dan agama samawi yang saya ketahui (nasrani dan yahudi), dan saya pikir juga agama non samawi, dalam pokok keimanan agamanya, penganutnya diwajibkan mempercayai keberadaan makhluk ghaib, karena memang makhluk ini juga merupakan ciptaan Tuhan. Keberadaannya harus diyakini, tapi mempercayainya itu masalah lain. Dan yang menjadi pertanyaan disini adalah kebenaran manusia dapat melakukan interaksi dua arah, melihat, memanfaatkan, memberdayakan serta melakukan hubungan timbal balik antara keduanya. 
Tidak dapat dipungkiri, fenomena-fenomena abnormal sering kita saksikan di kehidupan sosial, sesuatu yang belum dapat dijelaskan dengan logika umum, namun mengingat ini adalah ranah cabang ilmu pengetahuan, pembuktian empiris menjadi mutlak diberikan. Ilmu pengetahuan loh, bukan klenik, sihir atau sesuatu yang sama dengan itu.

Nah, sekarang menurut pandangan dari beberapa penulis di Wikipedia.
Opini Kontra
Pernyataan bahwa parapsikologi merupakan salah satu cabang dari psikologi dipertanyakan keakuratannya dengan alasan:
  1. Beberapa sumber yang diajukan, belum ada yang secara eksplisit menyatakan bahwa parapsikologi adalah cabang dari psikologi, melainkan hanya menunjukkan kajian psikologi terhadap gejala-gejala yang juga dibahas oleh parapsikologi.
  2. American Psychological Association tidak memasukkan parapsikologi sebagai salah satu divisinya, demikian juga Himpunan Psikologi Indonesia tidak memasukkannya sebagai salah satu asosiasinya.
  3. Dalam artikel di en: tidak tercantum parapsikologi sebagai cabang psikologi, dan di artikel parapsychology tidak ada pernyataan sebagai cabang psikologi, bahkan dimasukkan ke dalam kategori pseudoscience.
Opini Pro
Parapsikologi keliru kalau dianggap sebagai pseudoscience sebab Parapsychological Association (organisasi parapsikologi) telah diakui sebagai science dan merupakan afiliasi American Association for the Advancement of Science (LIPI-nya Amerika Serikat) http://www.aaas.org/aboutaaas/ Parapsikologi memang berkembang pesat di negara-negara maju seperti di eropa, amerika serikat, peneliti parapsikologi bahkan dari berbagai disiplin ilmu lainnya, tidak hanya dari psikologi. Parapsikologi bahkan telah dimanfaatkan oleh negara maju misalnya untuk kepentingan intelejen, dsb (Kartoatmodjo, 1995).
Benarkan pernyataan bahwa parapsikologi tidak secara eksplisit disebutkan sebagai cabang psikologi? Mari kita lihat pernyataan dibawah ini However, there are other reasons. For me it is a question of reminding myself, and others, of the potential of humankind. It is greatly satisfying to participate in research as well as to teach students about what may be the most exciting possibilities of the human mind. It does not matter if we are talking about ESP scores in the lab or reports of spontaneous cases. Regardless of the final explanation we will be learning something about the abilities of the mind to process information in what now seem to us to be unconventional ways. This will certainly extend our current knowledge. Furthermore, I see parapsychology as part of the emerging field of positive psychology, a psychology devoted to growth and strengths, to positive abilities. (Aspinwall & Staudinger, 2003). Transpersonal psychology concerned with ultimate values (psi performance), unitive consciousness (clairvoyance, telepathy), mystical experience (clairvoyance, telepathy), spirit (non material force), cosmic consciousness (clairvoyance, telepathy, precognition), and transcendent phenomena (healing,ESP, miracles,prophecy), now parapsychology as part of transpersonal psychology (Tart, 2004) .


Perbedaan pro dan kontra diatas masih teramat panjang, namun poin yang ingin saya capai bukanlah tentang parapsikologi termasuk cabang ilmu atau bukan, karena semua ilmu tetap harus melewati metode yang harus diakui oleh masyarakat ilmu tentunya. Usaha untuk memasukkan parapsikologi ke dalam cabang ilmu akan menemui kebuntuan bila metode pembuktiannya hanya fenomena-fenomena yang dijelaskan dengan analisa, bukan bukti empiris. Parapsikolog harus bekerja lebih keras untuk mencapai pengakuan  bila memang pengakuan ini amat penting bagi mereka.
(Jadi teringat kasus yang sama di Indonesia ketika infotainment pengen dianggap jurnalis, padahal apa poinnya berita artis yah.. easy sob)

Nah, sebetulnya pengakuan tentang parapsikologi sudah jelas, meskipun dengan catatan bahwa mereka diharuskan terus melakukan penelitian sampai ditemukan suatu metode yang sesuai dengan kaidah ilmu pengetahuan tentunya. Usaha tersebut dinilai akan sangat panjang dan melelahkan, karena ini masalah ghaib bro. Agama saja membatasi kita untuk meneliti masalah ghaib ini, bukan karena Tuhan takut rahasianya terbongkar, tapi karena manusia tak akan mampu untuk itu.
Kekuatiran saya, bila suatu saat parapsikologi memang sudah diterima secara utuh sebagai salah satu cabang ilmu, maka para dukun menuntut pengakuan profesi selayaknya dokter, insinyur, polisi atau guru.

Bagaimana kawan? apa yang kawan pikirkan tentang ini?

Artikel terkait lain :
Anak indigo? Benarkah?







Wednesday, October 10, 2012

0 Anak Indigo? Benarkah?

Ilustrasi Anak Indigo, Sumber : http://payload.cargocollective.com/1/0/7164/68328/lightkid.jpg



Kawan, setelah sebelumnya kita membahas tentang adanya indera ke enam yang dimiliki oleh sebagian manusia sebagai suatu kelebihan. Kali ini kita akan membahas tentang istilah Indigo. Indigo adalah kemampuan ekplorasi indera ke enam yang dimiliki seseorang, biasanya masih tahap awal atau anak-anak. Kemampuan tersebut dapat meliputi kemampuan untuk meramal masa depan, membaca pikiran atau bahkan menyembuhkan orang sakit.

Kalau sebelumnya saya berpendapat bahwa indera ke enam itu tidak ada, saya harus konsisten donk, ya kan ya donk? :)

Artinya dengan anggapan, kalau pun memang kemampuan itu ada, itu hanyalah penajaman dari salah satu inderanya saja dibanding dengan manusia lain. Atau.. bila itu tidak ada, artinya harus dicarikan alternatif definisi lain, harus ada yang menjadi alasan seseorang dapat "merasa" memiliki kemampuan itu. 

Maaf kawan, saya harus masuk ke ranah ini, mohon kawan baca dulu sebelum membayangkan komentar apa yang akan kawan berikan ke saya. Ini memang seperti mewakili kaum skeptis dalam mendefinisi situasi unreasionable atas fenomena-fenomena tidak biasa di alam, namun sebelumnya kita paparkan dulu ide-idenya, baru kita dapat mendiskusikannya lebih dalam. setuju brother??

Berikut beberapa teori yang sering dikemukakan oleh para psikolog dan para filsuf modern tentang fenomena ini : (cekidot)

Imajinasi

Anak-anak sering berpura-pura atau bermain untuk latihan imajinasi mereka, dan mengembangkan fantasi mereka bermain dengan cara permainan peran, menjadi tokoh atau individu lain, atau berinteraksi dengan tokoh atau individu lain (tokoh imajinasi), dan mereka percaya bahwa situasi yang mereka alami dan tindakan yang mereka lakukan seolah-olah merupakan realitas aktual.

"Imajinasi ... lebih penting daripada pengetahuan. Pengetahuan terbatas.. Imajinasi dapat mengelilingi dunia", Albert Einstein

Anak-anak, dapat terlibat dalam penciptaan kombinasi yang baik antara imajinatif dengan kenyataan pada tahun-tahun awal usia mereka. Diketahui bahwa perkembangan otak yang paling berkembang pada tahap awal usia anak-anak adalah proses imajinasinya, jauh sebelum perkembangan proses logika atau matematis. Seiring waktu, perkembangan imajinasinya menurun seiring bertambahnya usia dan seiring perkembangan logikanya. Boleh dikatakan bahwa yang terjadi dalam otak manusia di tahun awal usianya, semua adalah imajinatif inaktif (tidak terkontrol atau bebas atau radikal). Dengan kata lain, pada saat itu anak-anak tidak dapat membedakan dimensi imajinatif dan aktual. (gawat..!! bahasanya..hehe).

Kekuatan imajinasi masing-masing anak diketahui ternyata juga berbeda tergantung laju perkembangan otaknya. Dalam bentuk visi, seorang anak dapat merasakan dimensi imajinatifnya begitu nyata. Sebagai ilustrasi, seorang anak dapat saja merasa ia bisa terbang dengan keadaan yang dapat dirasakannya dengan sungguh-sungguh. Detilnya, ia seperti dapat merasakan sentuhan angin dikulitnya, atau melihat pemandangan, dan gaya gravitasi yang terasa pada seluruh tubuhnya. Kekuatan imajinasi itu dapat merangsang panca inderanya untuk mengikuti alur imajinasinya, menopang dan men-support-nya, sehingga lengkaplah pengalaman terbangnya. Pada situasi tertentu, pengalaman ini akan tersimpan di memori otaknya dengan sangat baik, yang mungkin saja akan terbawa hingga ia tumbuh besar, namun tetap menganggap pengalaman itu seperti pengalaman nyata. Nah loh..!! sampai disini mungkin kawan ingin kembali mengingat satu topik saja, pengalaman masa kecil kawan, yang membuat kawan bingung karena tidak tahu apakah itu kenyataan atau tidak. Cobalah, pasti kawan akan menemukan satu pengalaman itu.

Back to topic, saya mengkuatirkan, apa yang terjadi pada anak-anak indigo adalah proses seperti ini. Mungkin saja, ini tetap saja dapat diperdebatkan.

Tokoh Imajinasi

Kawan yang memiliki seorang anak pasti sering menemukan anaknya suka berbicara sendiri atau asik dengan imajinasinya. Normalkah anak yang memiliki teman imajinasi?

Kondisi tersebut, oleh psikologi anak, dianggap merupakan hal yang wajar atau normal untuk anak usia 3-6 tahun. Hampir sebagian besar anak-anak pada usia tersebut memang memiliki teman imajinasi.



Siapakah teman (tokoh) imajinasi ini? Dia adalah suatu individu yang tercipta karena proses imajinasi anak. Tujuan kemunculannya berbeda-beda, namun sebagian besar tokoh ini muncul sebagai teman bermain si anak, walaupun pada kasus-kasus tertentu, kemunculan tokoh ini dapat sebagai gambaran yang menakutkan si anak. Itu semua tergantung proses perkembangan otaknya, dan masukan-masukan yang ia dapatkan dari lingkungannya. Dengan kata lain, masing-masing tokoh akan muncul sesuai dengan pribadi anak dan pengalaman dalam kehidupannya masing-masing.
Tokoh itu dapat berupa manusia, dewasa atau anak-anak, perempuan atau laki-laki, bahkan dapat berupa hewan yang pandai berbicara, atau bahkan makhluk yang sama sekali tidak ada di muka bumi ini. Bebasss.. namanya juga tokoh imajinasi.

Normalnya, tokoh ini akan hilang dengan sendirinya. Si anak akan semakin melupakannya bila dalam perkembangannya ia mulai disibukkan dengan aktifitas-aktifitas. Namun, dalam kasus tertentu,  karena kebutuhan akan tokoh ini begitu besar (yang diakibatkan kurangnya perhatian kepada si anak dari orang tuanya, atau anak memang suka menyendiri, atau alasan lainnya), sang tokoh imajinasi ini dapat selalu muncul di setiap perkembangan. Kawan tentu pernah nonton salah satu film Hollywood yang menceritakan tentang tokoh imajinasi seorang perempuan yang tiba-tiba muncul pada masa dewasa sang perempuan tersebut. Tokoh itu muncul kembali karena misinya menyelamatkan si perempuan dari sebuah perkawinan yang salah. Walaupun akhirnya cerita film tersebut menjadi ngawur, karena sang tokoh akhirnya menjadi manusia (wah ngawur banget), namun poin yang disampaikan dari film tersebut adalah tokoh imajinasi itu muncul akibat proses kehidupannya sendiri.

Nah kawan, sebagian besar psikolog anak banyak yang berpendapat, anak yang berbicara dengan teman imajinasinya ini seringkali dikaitkan dengan anak yang memiliki indera keenam atau anak indigo. Tapi sebenarnya ada pola tersendiri atau kriteria diagnosis untuk kasus-kasus seperti ini, sehingga sebaiknya jangan mendiagnosis sendiri.

Menurut Kak Seto, setiap anak memiliki tahap-tahap perkembangan, yaitu:

  1. Tahap pasca percaya dasariah pada usia 0-1,5 tahun.
  2. Tahap rasa otonomi pada usia 1,5-3 tahun. Pada tahap ini anak mulai merasa punya kewenangan atas diri sendiri, serta mulai aktif bergerak dan tidak bisa diam.
  3. Tahap rasa inisiatif pada usia 3-6 tahun. Pada tahap ini muncul rasa ingin tahu anak yang besar terhadap segala hal, karenanya orangtua sebaiknya menjawab dengan tenang, jujur dan jawablah sesuai dengan pertanyaan anak.
  4. Tahap industri pada usia 6-12 tahun. Pada tahap ini anak mulai bisa menghasilkan hasta karya seperti puisi atau barang-barang tertentu.  

Sampai disini, mari kawan-kawan coba mengingat kembali ke masa kecil kita dulu, setiap orang pasti pernah memiliki satu atau dua tokoh imajiner, dan dalam perasaan kita saat itu, tokoh tersebut dapat menjadi sangat nyata.
 
Dari uraian dua hal diatas, saya dapat menjawab, kira-kira, untuk kemampuan melihat kasat mata pada anak indigo mungkin saja dapat dijelaskan dengan kemampuan imajinasi anak. Hanya saja disinilah letak kuncinya, seorang anak yang telah dianggap indigo dengan persepsi, akan dikaitkan dengan memiliki kemampuan lain seperti meramal dan menyembuhkan penyakit. Banyak anak yang dianggap indigo akhirnya menjadi terkaryakan (oleh orang tuanya atau lingkungannya) menjadi tempat pelayanan (yang orang bilang) supranatural.
Jika kemampuan itu memang ada, memang saya tidak mampu menjelaskan teorinya kawan. Hal ini memang tidak dapat dinalar dengan logika awam. Namun setiap ramalan pun harus dibuktikan dengan waktu, apabila itu belum terjadi, tentunya kita juga tidak dapat mengatakan sebuah ramalan itu benar.
Lalu berkenaan dengan kemampuan mengobati orang sakit, kita mengenal istilah Sugesti. Dalam dunia medis pun diakui bahwa proses penyembuhan dapat dilakukan dengan baik bila pasien memiliki sugesti yang baik akan kesembuhannya. Kekuatan sugeti bahkan dapat memicu tubuh melawan penyakitnya sendiri dengan atau tanpa bantuan obat-obatan. Artinya, proses penyembuhan bukanlah proses satu arah dari yang menyembuhkan kepada yang disembuhkan, melainkan harus ada sugesti atau keyakinan yang kuat dari yang disembuhkan. That's the poin..!! You decide it..

Well guys, bagaimana menurut pendapatmu? Just take it easy ya.. (JTIE)

Baca Juga : 
Apakah Indera Ke enam (Six Sense) Itu Ada?
Jangan menggunakan foto close up di akun atau media sosial online





Tuesday, October 9, 2012

0 Sutan Bhatoegana datang ke PT. KOBA TIN

Jumat, tanggal 5 Oktober 2012, ketua komisi VII DPR RI, IR. Sutan Bhatoegana datang ke PT. Koba Tin di Bangka Tengah. Dalamk kunjungan ini beliau bersama tim Panja dari komisi VII bermaksud untuk melihat keadaan PT. Koba Tin dari dekat. Hal ini disampaikan beliau karena ada pengajuan dari pihak PT. Koba Tin untuk perpanjangan KK yang akan habis di tahun 2013.

Dalam kunjungan singkat tersebut Beliau hanya menyampaikan bahwa tim komisi VII DPR akan mengumpulkan data lapangan guna memberikan pertimbangan teknis bagi pemerintah dalam memberikan ijin KK pada perpanjangan nanti.

Galery Foto :






Foto Taken by Acha

Baca juga :
Ahok oh Ahok | JTIE
Reaksi penolakan kapal isap muncul lagi
Pantai tanjong pendam belitong

Saturday, October 6, 2012

0 Jangan menggunakan foto close up di akun atau media sosial online

Mr. Obama, sumber : google

Kawan, saya sharing dari artikel yang saya tulis di Forum Viva tentang suatu penelitian terbaru menggunakan foto close up di media sosial. Saya tuliskan disini karena mungkin ada para pembaca yang belum mengunjungi situs forum viva, padahal informasi ini sangat penting. Please.. jangan koprol sambil bilang "waw.." hehe

Mohon maaf pula kalo ada saudaranya Pak Obama di sini yah, karena saya ingin menggunakan sampel foto close up beliau sebagai bahan latihan menilai foto close up, kalau hasilnya ternyata beliau memang tokoh yang baik atau dapat dipercaya.. ya gak apa-apa juga.. ;-)
 
Kawan, akhir-akhir ini, pernah dilakukan sebuah penelitian yang menemukan bahwa foto close up yang sering ditampilkan oleh orang-orang di profil FB, twitter, bbm dan lain-lain itu sering menjadikan seseorang kurang dapat dipercaya??? sampai disini mulai berpikir dulu :)

Baiklah kita teruskan, sebuah fakta ilmiah foto close up pada media online akan terlihat sedikit deviasi yang mendistorsi detail wajah, meskipun samar. Perubahan halus ini akhirnya menjadikan gambar memberikan kesan berbeda dari gurat wajah sebenarnya, yang pada akhirnya membuat seseorang menjadi kurang dapat dipercaya. Ini penelitian loh.. Tentu saja konsep ini akan mengganggu sekali bila dalam akun media sosial kita memiliki tujuan-tujuan bisnis tertentu atau hanya pertemanan namun dengan perasaan yang tulus sesama kita.

Penelitian ini dilakukan oleh California Institute of Technology (Caltech), dengan metode yang diterapkan yaitu melakukan beberapa percobaan dengan meminta para peserta penelitian untuk menilai 36 buah foto yang menunjukkan 2 gambar yang berbeda dari 18 orang. Salah satu gambar diambil dari jarak dekat sekitar 0,6 meter dan foto kedua diambil dari jarak sekitar 2,1 m. Diketahui jarak yang dekat akan menghasilkan foto close up.

Secara pertimbangan fisikologis, menggunakan kedua jarak ini adalah karena adanya teori batas personal space, yaitu ruang imajiner di sekitar seseorang yang menunjukkan kedekatan dengan personal lain. Semakin dekat personal space antara kedua orang, menggambarkan hubungan keduanya makin dekat. Untuk memastikan efek jarak ini, peneliti meminta orang yang difoto memasang ekspresi wajah yang sama.

Foto close up tentu akan terlihat lebih besar, memiliki resolusi yang lebih tinggi dan menghasilkan pencahayaan yang berbeda. Karena difoto dari jarak dekat, maka hidung dan wajah akan terlihat relatif lebih besar sedangkan telinga jadi terlihat lebih kecil. Hasil percobaan menunjukkan bahwa orang dalam foto close-up kurang dapat dipercaya, kurang menarik dan kurang kompeten.

Hasil temuan yang dimuat jurnal Plos One ini tetap sama meskipun perbandingan lebar wajah dimasukkan dalam perhitungan. Beberapa penelitian telah menunjukkan wajah yang lebar pada pria berkaitan dengan sifat agresi, salah satu perilaku tak etis dan menurunkan tingkat kepercayaan.

Sekelompok percobaan sebagian dilakukan di laboratorium dan sebagian lewat Internet. Peserta uji diminta menilai tingkat kepercayaan seseorang dari wajahnya. Dalam beberapa percobaan, peserta uji juga diminta menginvestasikan uangnya pada orang asing yang wajahnya dinilai secara langsung seberapa besarkah ia dapat dipercaya.

Para peneliti menduga efek ini berhubungan dengan personal space dan isyarat-isyarat sosial lainnya. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa jarak interpersonal dapat mempengaruhi perilaku sosial. Bahkan jarak antar orang ditemukan berhubungan dengan aktivitas struktur otak tertentu, misalnya amigdala yang menilai adanya ancaman dan tingkat kepercayaan dari wajah seseorang. Demikian hasil penelitiannya..

Jadi, agan2 yang memiliki bisnis online atau ingin menciptakan hubungan tulus di dunia maya, sebaiknya menghindari penggunaan foto close up untuk status profil. Karena menurut penelitian tersebut, kita akan terlihat kurang dapat dipercaya. Padahal kita kan orang2 jujur, ya kan?

Semoga bermanfaat, dan bila kawan udah nyoba memperhatikan gambar Pak Obama di atas, cobalah tulis kesan Anda di sini.



Wednesday, October 3, 2012

4 Apakah Indera Ke enam (Six Sense) Itu Ada?

Mata, Photo Edited by Acha








Kawan, sudah cukup lama saya mendalami definisi Indera Ke Enam, pertanyaan pun selalu muncul di kepala, apakah benar bahwa manusia dikarunia dengan Indera lebih dari lima yang telah disepakati oleh para Filsuf. Atau itu hanyalah hasil perkembangan olah fikir semata untuk menyebutkan kemampuan lebih dari seorang manusia dalam merespon masukan yang tidak umum dari luar tubuh manusia itu yang hanya dimiliki oleh sebagian manusia saja.

Langsung saja kita kita ke TKP (sumber: OVJ hehe).

Ibn Rusyd, seorang jenius filsafat yang berasal dari Andalusia , membagi indera menjadi lima bagian yang terpisah satu sama lain, yang terdiri atas :  

Indera Penglihatan Merupakan kemampuan tubuh untuk menerima masukan dari luar yang berupa visi akibat pembiasan cahaya, yang dalam proses selanjutnya diterjemahkan dalam otak menjadi berbagai komponen warna. Kemampuan penglihatan tidak dapat menangkap visi selain dengan cahaya. Ia mempersepsikan melalui perantara transparansi, menangkap pembiasan cahaya yang dipantulkan oleh obyek inderanya.

Indera Pendengaran Indera ini merupakan kemampuan unit tubuh untuk menangkap gelombang suara yang ada di lingkungan atau dimensinya. seperti penglihatan, pendengaran juga tidak menangkap obyek melalui metode persentuhan melainkan mempersepsikannya melalui perpindahan gelombang suara melalui perantara media seperti udara dan air. Alat dengar (telinga) menerima masukan dari media (udara dan air) yang bergetar akibat getaran yang muncul dari objek pendengaran. Cara gampang untuk memahaminya, contohnya bila ada sebuah objek besi yang dipukul dengan besi lain, maka besi tersebut akan bergetar dan menggetarkan media udara di sekelilingnya. Kemudian getaran tersebut menjadi gelombang ke segala arah yang akan sampai ke alat dengar, yang akhirnya akan diterjemahkan sebagai bunyi.

Indera Penciuman Yaitu kemampuan menerima bau, sebuah bau terjadi atau muncul akibat obyek mengeluakan partikel kimia yang di bawa perantara (air dan udara) ke dalam indera penciuman.

Indera Pengecapan Yaitu kemampuan untuk mempersepsikan rasa. Indera ini seperti rabaan, karena hanya mempersepsikan obyek dengan meletakkan di atas alat inderanya (organ mulut, terutama lidah). Namun Ibn Sina seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia berpendapat bahwa kemampuan ini tidak memerlukan perantara seperti indera perabaan. Di sisi lain Ibn Rusyd menyebut pendapat lain yang menyatakan bahwa air ludah merupakan perantara yang utama dalam proses memindahkan rasa ke indera pengecapan. Meski begitu, Ibn Rusyd tetap setuju terhadap pendapat yang mengatakan. “Lebih baik kita mengatakan bahwa air ludah hanyalah salah satu alat pengecapan dibandingkan mengatakannya sebagai perantara.”  

Indera Perabaan Yaitu kemampuan yang berhubungan dengan suatu objek yang dapat diraba, baik dalam bentuk primer seperti panas, dingin, lembab, dan kering, dll; maupun dalam bentuk obyek sekunder yang bersumber dari obyek primer semisal kekerasan dan kelembutan. Ibn Rusyd juga sepakat dengan pendapat Ibn Sina yang menyatakan bahwa indera perabaan mengindera obyeknya secara langsung tanpa perantara benda lain. Sedangkan alat perabaan menurut Ibn Rusyd adalah daging.

Nah, setelah kita dapat filosofi dasar, sekarang coba kita bandingkan Panca Indera yang dimiliki manusia dengan makhluk lain (semisal hewan).

1. Indera Penglihatan
Burung Hantu, memiliki mata yang sangat besar untuk ukuran mereka, 2,2 kali lebih besar dari rata-rata untuk burung dari berat yang sama, tingkat kepekaan pandangannya dapat mencapai 100 - 300 kali lebih peka dari mata manusia. Hal ini dapat membuatnya melihat dengan tingkat intensitas cahaya yang hampir nol (gelap total), subhanallah. Apa ini Six Sense?

Owl, sumber : Google


2. Indera Pendengaran
Kita punya hewan Kelelawar memiliki kemampuan menangkap bunyi yang berfrekuensi hingga ultrasonic. Range frekuensi yang mampu di dengar oleh kelelawar adalah 3.000 HZ sd 120.000 Hz, dimana frekuensi ini jauh diatas frekuensi suara yang bisa didengar oleh manusia yakni 20 Hz sd 20.000 Hz. Apa ini Six Sense?


Bat, Sumber : Google


3. Indera Penciuman
Nah, kalo ini kita punya guk guk atau anjing dan keluarganya Srigala. Semua juga tau, hewan ini emang paling jago dalam hal mencium-cium. Makanya polisi menggunakan anjing pelacak, gak pernah denger kan ada Manusia Pelacak?? hehe. 
Sebagai perbandingan penciuman anjing dan manusia, ada ilustrasi seperti ini; Manusia mungkin dapat mencium bau dari sepanci rebusan yang dimasak di atas kompor, tetapi seekor anjing bisa membedakan bau dari setiap bahan – bahan, mulai dari daging, jenis bumbu, kentangnya sampai bau air rebusannya. Hebat kan? Apa itu Six Sense?

Dobermen, sumber : Goggle


4. Indera Pengecapan
Kawan, kita tidak cukup banyak mengetahui siapa yang memiliki reseptor pengecapan yang paling baik antara manusia dan hewan, tapi saya punya Luwak!! Kenapa Luwak hanya makan bijih kopi tertentu? Sampai-sampai ampas kotorannya diambil manusia sebagai kopi yang berkualitas paling baik, yang harganya dapat menjadi sangat mahal. Adakah manusia yang dapat memilih kopi dengan lidahnya? Apa itu Six Sense?

Luwak, sumber : Google


5. Indera Perabaan
Gajah!! Ada suatu ungkapan, "Gajah dapat mendengar dengan kakinya.." faktanya adalah bahwa gajah mampu mengeluarkan suara berfrekuensi rendah untuk berkomunikasi dengan kawanan gajah lain yang berada dalam jarak hingga beberapa kilometer. Artinya dengan Indera Peraba, gajah dapat mengetahui keberadaan kawanannya yang berada sangat jauh darinya, dan yang terpenting, ia dapat membedakan getaran tersebut berasal dari kawanannya atau bukan, atau getaran lain yang bukan berasal dari gajah lain. Perlu diketahui kawan, fakta bahwa sebagian besar hewan dapat mendeteksi kedatangan bencana seperti gempa, yaitu dengan merasakan getaran pada tubuhnya. Apa itu Six Sense?

Big Mama, sumber : Google


Lalu kawan, dari gambaran diatas, saya mulai berfikir bahwa sebetulnya (mungkin) Indera ke Enam itu gak ada.... Lho??? iya.. karena bagi saya, mungkin saja kemampuan lebih yang sebagian manusia miliki itu adalah kelebihan dari salah satu panca indera-nya. Karena seluruh indera yang bekerja pada manusia pada intinya adalah proses dari pengolahan informasi yang dimulai dari reseptor penerima, lalu di proses di otak yang akhirnya mengeluarkan output/visi. Artinya, bila seseorang dapat melihat makhluk kasat mata, atau dapat meramalkan sesuatu, itu pun harus melewati proses tersebut (penerima - proses - output). Alat penerima, alat proses dan alat output manusia adalah sama, namun yang jadi perbedaannya adalah sensitifitasnya. Sama dengan ketika saya membandingkan dengan kemampuan hewan-hewan yang memiliki kelebihan pada salah satu indera-nya.

Ini hanya sebagian contoh yang membawa saya pada satu kesimpulan bahwa Manusia hanya memiliki Panca Indera dan tidak ada Indera ke enam. Pemikiran saya yang lain sih sebetulnya banyak,  namun tidak dapat saya utarakan karena akan menjadi sangat panjang. Saya tidak akan membawa kawan-kawan ke dalam opini yang menyalahkan konsep indera ke enam yang telah banyak diyakini oleh sebagian besar manusia, namun saya ingin membebaskan konsep berpikir terhadap hal-hal yang memang masih dapat kita diskusikan. Saya akan membuka diri bila ada di antara kawan-kawan yang memiliki pemikiran lain.

Saya menunggu tanggapan dari kawan semua..


Baca juga : Jangan menggunakan foto close up di media online

 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates