Friday, December 28, 2012

2 Ditemukan tengkorak "Alien" di Meksiko

Telah ditemukan beberapa tengkorak manusia yang berbentuk aneh dan mengecohkan para arkeolog, beberapa tengkorak yang berbentuk seperti kepala alien yang digali dari sebuah pemakaman yang berumur 1.000 tahun di Meksiko.
Bentuk tersebut, menurut ilmuwan, adalah bentuk akibat praktek deformasi secara sengaja terhadap tengkorak yang secara umum berlaku dalam sosial masyarakat di Amerika Tengah, dan tradisi tersebut telah menyebar jauh lebih ke utara daripada yang diperkirakan.

Komplek kuburan ditemukan oleh penduduk desa Meksiko kecil dari Onavas pada tahun 1999 saat mereka sedang membangun saluran irigasi. Ini adalah pra-Hispanik pertama yang ditemukan di pemakaman negara bagian utara Meksiko Sonora. Situs tersebut dinamakan “El Cementerio”, yang berisi sisa-sisa penguburan 25 tubuh manusia. Tiga belas dari mereka mengalami cacat tengkorak, yang memanjang dan runcing di bagian belakang, dan lima memiliki dimutilasi bentuk gigi. Perubahan bentuk gigi juga akibat praktek grinding gigi yang menjadikan bentuk yang aneh, sedangkan deformasi tengkorak akibat dari distorsi pertumbuhan tengkorak yang dimulai dari masa kanak-kanak, yaitu dengan menerapkan perlakuan seperti mengikatkan kain dan papan kayu terhadap kepala mereka. Seperti halnya yang dilakukan oleh kaum perempuan di beberapa suku di Thailand terhadap leher mereka.

"Perlakuan deformasi kranial telah digunakan oleh beberapa kelompok masyarakat di dunia sebagai praktik ritual, atau untuk pembedaan status dalam suatu kelompok atau untuk membedakan antara kelompok-kelompok sosial, "kata peneliti Cristina García Moreno, arkeolog dari Universitas Negara bagian Arizona. "Alasan mengapa orang-orang di El Cementerio mengalami cacat pada tengkorak mereka, masih belum diketahui. Komentar yang paling umum yang sering diungkapkan oleh orang-orang yang melihat gambar-gambar deformasi tengkorak adalah, mereka berpikir bahwa orang-orang itu 'alien,' " tambah García. " Apa yang mereka katakan itu lelucon, hanya saja yang menarik adalah, bahwa semua yang melihat akan berpikir begitu. Namun yang kita bicararakan ini adalah manusia seperti kita, bukan dari alien."

Dari 25 tubuh yang dikuburkan disana, 17 diantaranya adalah anak-anak yang berusia antara 5 bulan sampai 16 tahun. Banyaknya jumlah anak-anak pada situs tersebut dapat menunjukkan bahwa perlakuan deformasi tengkorak adalah tidak layak dan dapat membunuh mereka, karena kekerasan yang berlebihan terhadap tengkorak. Dalam penelitian Itu disimpulkan bahwa anak-anak tersebut tidak memiliki tanda-tanda penyakit yang menyebabkan kematian mereka. Meskipun deformasi tengkorak dan mutilasi gigi adalah kebiasaan umum yang berlaku pada manusia pra-Hispanik dengan populasi Mesoamerika dan Meksiko barat, para ilmuwan tidak dapat melihat sisi baik dari praktek tersebut baik di Sonora maupun di Amerika Barat daya.

Para peneliti juga telah menemukan sejumlah kerangka yang menggunakan anting-anting, cincin hidung, gelang, liontin dan kalung yang terbuat dari kerang dan siput dari Teluk California. Satu orang dimakamkan dengan cangkang kura-kura pada bagian dada. Masih belum jelas mengapa beberapa orang dikuburkan dengan ornament sementara yang lain tidak, hal tersebut masih misterius. Juga pernyataan mengapa hanya satu dari 25 kerangka adalah perempuan. Pada penelitian berikutnya, para peneliti menetapkan tujuan untuk menentukan ukuran total pemakaman dan berharap dapat menemukan lebih banyak penguburan serupa untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dari kebiasaan pemakaman sebuah kelompok masyarakat.

"Dengan informasi baru, kami juga berharap untuk menentukan apakah ada interaksi antara masyarakat Mesoamerika dan bagaimana hal itu dan ketika itu terjadi, "kata mereka. García dan rekan-rekannya menyelesaikan analisis mereka terhadap sisa-sia kerangka pada bulan November tahun ini. Mereka berencana untuk menyerahkan penelitian mereka ke salah satu jurnal American Antiquity atau jurnal Antiquity Amerika Latin.
Sumber : Livesience

 

Artikel lain :
Teori konspirasi invansi alien ke-bumi
Wifox mengklaim dapat meningkatkan kecepatan akses wifi 700 persen 
Manusia menjadi semakin bodoh

Sunday, December 23, 2012

7 15 Teknologi saat ini yang masih digunakan pada tahun 2030

Kawan, bila kita kembali mengingat ketika era 1970-an (bila Anda terlahir pada awal tahun tsb), kita sering memikirkan atau membayangkan bahwa pada tahun 2000 an kita sudah menggunakan teknologi canggih. Memang saat itu hayalan kita memang tidak sama, ada yang membayangkan mengendarai mobil terbang menuju kondominium di bulan di mana disana pelayan robot sudah menunggu, atau ada yang membayangkan berbicara jarak jauh sambil melihat satu sama lain (yang saat ini kita sebut video call), atau melakukan perpindahan pada jarak yang sangat jauh dengan hanya memasuki ruangan kaca yang bercahaya (saat ini kita sebut teleportasi) dlsb.

Sebagian hayalan itu sudah tercapai dengan teknologi terkini, sedang yang lainnya masih diteliti lebih lanjut baik dengan teori maupun penelitian-penelitian. Kita sekarang memiliki komputer kecil dengan kemampuan milyaran kalkulasi per detik (tahun 70-an komputer yang dikenal sebesar ruangan yang berisi tabung-tabung, itupun untuk prosessor yang hanya memiliki kemampuan beberapa kalkulasi per detik), ada juga smartphone yang berbicara dengan Anda (si Siti cuy.. hehe), dan ada juga Smart TV. Semuanya adalah hal-hal yang hanya dalam bayangan kita saat itu dan menjadikan kita terasa sangat canggih, namun kini semua sudah biasa toh?

Teknologi terkini ada yang merupakan penemuan baru, namun ada juga yang merupakan pengembangan selanjutnya dari teknologi lama. Sebagian teknologi tersebut sudah menghilang atau tidak pernah kita gunakan lagi seiring penemuan baru yang mengganti atau menghilangkan fungsinya. Tetapi ada banyak juga teknologi-teknologi lama yang masih tetap kita gunakan sampai dengan saat ini, contohnya keyboard yang saya gunakan untuk mengetik saat ini, dari awal pertama tercipta komputer sampai sekarang, teknologi keyboard ini relatif masih digunakan secara luas di seluruh dunia. Ada juga motor atau mobil yang Anda gunakan saat ini, dari awal ditemukan sampai sekarang, mesinnya relatif tidak berubah. Kalau pun mobilnya sekarang menjadi lebih canggih dan dayanya lebih besar, sejatinya teknologi sistem kerja mesinnya masih dengan konsep awal penemuannya.
Teknologi yang biasa kita gunakan saat ini bisa saja akan menghilang pula penggunaannya di tahun 2030 mendatang, namun bisa jadi ada juga teknologi saat ini yang masih kita gunakan pada masa mendatang.

Para pakar teknologi sudah memperkirakan tentang teknologi apa saja yang mungkin masih bertahan penggunaannya di tahun 2030, berikut ini 15 teknologi diantaranya:

1. Keyboard QWERTY
Meskipun saat ini sudah ada teknologi pengenalan suara, pengenalan tulisan tangan dan kontrol gerakan, yang kesemuanya akan menjadi lebih akurat dan populer dalam dua dekade berikutnya, namun mengetik dengan QWERTY akan tetap menjadi metode yang paling akurat untuk menyusun dan mengedit teks karya ilmiah atau skripsi yang dibuat oleh cucu-cucu kita nanti.

Meskipun keyboard fisik berada dalam potensi kepunahan pada ponsel dan tablet, namun setara virtual mereka akan tetap hadir. Apakah dalam bentuk virtual atau fisik, tata letak QWERTY, yang pertama kali muncul pada tahun 1878, akan terus mendominasi.

2. Komputer PC

Di masa mendatang, tentunya orang-orang akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan smartphone dan tablet mereka dibandingkan desktop tradisional dan notebook berbasis Windows atau Mac OS. Tapi ketika saatnya untuk melakukan kerja fisik, terutama jika pekerjaan multitasking, PC masih akan selalu menjadi "the King".

Pada tahun 2030, ukuran dan bentuk PC mungkin berubah. Ada pula yang berpendapat bahwa, dengan speedy quad dan dual-core CPU, ponsel dan tablet mungkin menjadi PC. Tapi apa pun faktor bentuk, untuk orientasi pada produktivitas, pengguna akan membutuhkan komputer utama dengan banyak kekuatan pemrosesan yang berdedikasi dan OS yang ramah multitasking.
Saat memonitor blog ini, saya cukup menggunakan smartphone maupun tablet, tapi ketika saya meng-update blog seperti sekarang, saya tetap menggunakan PC. Sepertinya ini akan berlangsung lama.

3. Port USB

Lebih dari 15 tahun sejak pertama kali diperkenalkan, kita tidak bisa membayangkan hidup tanpa USB. Standar yang hampir sama di mana-mana yang memungkinkan Anda untuk mentransfer data dan kekuatan untuk segala sesuatu dari keyboard Anda ke hard drive eksternal Anda dan monitor. Beberapa percaya bahwa persaingan koneksi berkecepatan tinggi seperti Thunderbolt Intel akan menang, tapi mereka hanya tidak memiliki instalasi dasar untuk mengatasi USB, dan sejarah akan melawan mereka.

Selama dua dekade terakhir, banyak yang telah mencoba untuk menempatkan USB keluar dari bisnis, sebagai gantinya berbagai produk di pameran komputer diisi dengan adapter pretender seperti FireWire 400 dan eSATAp. Hampir setiap perangkat mobile menggunakan USB dengan charging dan port USB bahkan builtin pada wall socket. Anak cucu kita mungkin menggunakan USB 7 ketika mereka di perguruan tinggi nanti, tetapi mereka akan tetap menggunakan USB untuk charge gadget dan menghubungkan perangkat. Bahkan, dengan kemajuan dalam kekuasaan atas USB, mereka bahkan dapat menggunakan port USB untuk menyalakan notebook dan layar monitor besarnya.

4. Menyimpanan data lokal (Local Storage)

Dengan layanan internet yang menjadi lebih menonjol dan broadband yang semakin cepat, banyak orang percaya bahwa di masa depan, kita akan save semua file secara online. Itu tidak sepenuhnya benar. Di perguruan tinggi, anak cucu kita nanti akan menyimpan semua data yang paling penting, termasuk aplikasi nya pada drive lokal (nantinya mungkin menggunakan sesuatu yang lebih baik daripada NAND flash).

Bahkan ketika kita memiliki kecepatan broadband hingga 1000 Mbps, penyimpanan lokal akan selalu lebih cepat dan lebih aman dari pada drive remote pada jaringan yang antah berantah itu. Jika Anda ingin menjalankan program besar seperti game atau aplikasi profesional seperti video editing, Anda akan tetap menyimpan data pada drive penyimpanan PC Anda. Juga, di tahun 2030, akan ada banyak tempat di mana akses internet akan tersedia namun tidak dapat diandalkan.

5. File JPG

Walau dengan meningkatnya kapasitas bandwidth, daya pemrosesan dan penyimpanan, kita masih tergantung pada format file yang sama dengan yang kita gunakan di awal 1990-an, karena itu sudah standar. Meskipun DSLR high-end dapat menghasilkan gambar RAW terkompresi, sebagian besar masih menghasilkan foto dalam format JPG. Kenapa? alasan sederhana, karena semua mendukung JPG. Dari peramban tua Netscape 3 yang telah menolak untuk memperbarui format foto digitalnya.

Pada 2030, anak cucu kita masih akan membuat foto dalam format jpg, melihat gambar JPG di website di browser dan meng-upload file JPG ke akun sosial media, yang mungkin saja pada layanan yang sama seperti yang digunakan saat ini.

6. Baterai Lithium-Ion

Pada tahun 2030, sama seperti hari ini, hampir semua gadget dari smartphone sampai laptop, mobil listrik atau pun mobil hybrid akan didukung oleh baterai lithium-ion. Selama bertahun-tahun, kepadatan energi dalam  baterai akan meningkat yang dapat memasukkan arus ke dalam ruang yang lebih kecil dan lifetime sel akan meningkat untuk penggunaan beberapa ribu siklus pengisian.

Sejumlah baterai kimia baru yang menjanjikan seperti lithium-udara dan nanowire sedang dalam pengembangan. Tetapi jika teknologi ini pun berjalan dengan baik, mereka tidak akan serta merta menekan jumlah pasaran. Baterai lithium-ion tidak begitu mendominasi sampai akhir 1990-an, meskipun para ilmuwan mulai mengembangkan mereka di tahun 1970-an

7. Web berbasis HTML 

Pada saat seorang bayi yang baru lahir saat ini memasuki masa kuliahnya nanti, kita sudah lama berhenti membagi website menjadi "halaman," karena refresh konten dinamis akan menghilangkan kebutuhan untuk memuat URL yang sama sekali baru untuk setiap layar konten. Namun, HTML, yang telah menjadi lingua franca dari Web sejak tahun 1991, akan tetap menjadi format yang kita gunakan untuk membangun aplikasi online dan publikasi masa depan.

8. Pembayaran  Tunai (cash)

Ada beberapa perdebatan tentang apakah kartu kredit dan kartu debit akan diganti sepenuhnya oleh sistem pembayaran mobile dalam beberapa tahun ke depan. Namun, tidak ada keraguan bahwa, pada tahun 2030, anak cucu kita akan tetap membawa dompet dengan uang tunai di dalamnya, karena kita masih akan menggunakan kertas dan uang logam di masa depan.

Dalam era informasi, membayar dengan uang tunai adalah cara terbaik untuk menjaga pembelian Anda.  Selain untuk menjaga privasi Anda, uang kertas adalah perisai yang besar terhadap pencurian identitas, karena penerima uang dari Anda bahkan tidak mendapatkan nama Anda, apalagi nomor rekening. Pemerintah mungkin akan senang untuk mengakhiri penggunaan uang tunai, karena memungkinkan penerima pembayaran untuk menjaga transaksi ilegal, tapi uang kertas adalah satu-satunya bentuk pembayaran yang tidak memerlukan pihak ketiga seperti bank untuk terlibat.

9.  Notebook berbentuk clamshell (lipat)

Mungkin saat itu orang akan memiliki PC desktop, tapi mereka akan tetap memiliki notebook berbentuk clamshell. Bahkan jika PC paling akhirnya memiliki layar yang pop off menjadi tablet, atau keyboard yang melekat pada Microsoft Surface, namun utiliti di mana keyboard duduk tegak lurus ke layar dan kemudian terkunci ditutup akan tetap tak tertandingi.

10.  Wifi



Sejak tahun 1997, standar 802.11 telah mendominasi konektivitas nirkabel. Setiap smartphone, tablet dan notebook dilengkapi dengan radio yang kompatibel dengan standar 802.11g atau 802.11n yang built-in, dan saat ini setiap rumah dan lokasi bisnis memiliki router yang mendukung kedua standar tersebut.

Hari ini, kita menggunakan Wi-Fi untuk streaming video dari notebook / tablet / telepon menuju home theater di rumah kita melalui DLNA, Widi atau bahkan standar Miracast. Kita bahkan memiliki Wi-Fi Direct sekarang, yang memungkinkan berbagi file secara langsung antar perangkat, tanpa menggunakan router.

Tidak ada keraguan saat 2030, orang akan memiliki beberapa bentuk 802.11 berbasis Wi-Fi di kampus kuliah, di rumah dan di asrama. Bahkan sebagian besar pengguna internet surfing melalui beberapa bentuk sambungan seluler seperti LTE Advanced Super, akan ada peningkatan kebutuhan untuk berbagi koneksi dan data lokal melalui Wi-Fi.

11. Email

Dengan popularitas Facebook, Skype, Google instant messenger dan Twitter, sebagian orang berpikir bahwa email akan segera digantikan oleh berbagai bentuk messanger tersebut. Namun, saat tahun 2030 para siswa akan menerima surat registrasi kuliah mereka melalui sistem email lama yang sama dengan yang telah kita gunakan saat ini dengan lebih atau kurang format yang sama sejak 1970-an.

Entah itu melalui POP, IMAP, Exchange atau beberapa protokol lain, email adalah sebuah sistem terbuka di mana setiap orang dapat email dari orang lain, tanpa harus mendaftar untuk account dengan perusahaan tertentu. Dapatkah Anda bayangkan masa depan di mana Anda harus mendaftar Facebook dahulu untuk dapat mengirim pesan pada salah satu klien Anda serta account Google untuk menghubungi anggota kongres Anda?

12. Audio Jack 3.5 mm

Saat saya menulis daftar ini, saya mendengarkan musik melalui speaker yang terhubung dengan jack audio 3.5mm. Mungkin pada 2030, anak cucu kita tidak akan mendengarkan musik yang sama dengan yang kita dengarkan saat ini, namun mereka masih akan menggunakan jack audio 3.5mm.

Meskipun munculnya headphone nirkabel Bluetooth dan USB headset yang nyaman, hampir setiap notebook, tablet, media player dan telepon setidaknya memiliki satu jack 3.5mm. Ada terlalu banyak dana yang harus diinvestasikan dalam kompatibilitas dengan headphone 3.5mm untuk perubahan besar yang terjadi dalam dua dekade mendatang.


13. Laser Printer

Meskipun teknologi printer berubah pesat selama dua dekade pertama dari era PC, namun sekarang kita lihat perkembangan itu telah menetap di dua standar: ink jet dan laser. Karena laser lebih unggul  dengan warna jelas dan telah mendekati atau mencapai paritas harga yang sama dengan ink jet, laser akan menjadi cara bagi setiap orang untuk melakukan printing pada tahun 2030.

Tentu saja, pada saat itu banyak orang tidak akan melakukan printing sendiri untuk segala sesuatu, Anda akan menyerahkan urusan Anda pada penyedia layanan printing digital. Namun, bagi mereka yang masih perlu output di atas kertas, printer laser akan tetap menjadi standar.

14. Televisi

Pada tahun 2030, hanya sedikit orang yang memiliki TV kabel dan semua acara TV akan tergantung pada permintaan. Namun, sebuah TV set khusus akan terus berfungsi sebagai pusat pengalaman menonton bersama di ruang tamu dan ruang komunal lainnya. Secara fungsi, mungkin ada beberapa perbedaan antara smart TV masa depan dan monitor eksternal beukuran besar, namun pengguna masih akan menginginkan layar yang dirancang khusus untuk home theater.

Orang mungkin tidak memiliki TV di kamarnya, karena mereka akan menonton apapun pada perangkat mobile, tapi akan ada TV besar di ruang umum di mana mereka dan keluarga atau teman-teman mereka dapat menonton pertandingan bola bersama-sama.

15. Microsoft Office
Nah, bagi Anda yang sudah mulai bosan dengan Microsoft, mulailah mencoba menerimanya. Karena funsi Microsoft Office sudah sedemikian mengguritanya, sehingga dalam masa yang sangat panjang, office belum akan tergantikan.
Ada ungkapan joke, bahwa setelah perang nuklir, hanya dua hal yang akan bertahan: kecoa dan Microsoft Office. Produk bersaing dari Lotus dan WordPerfect pada 1990-an semuanya telah keok, produktivitas Microsoft telah mendominasi dunia bisnis dan akademis. Meskipun Anda dapat menggunakan produk Office yang kompatibel seperti OpenOffice.org dan Google Docs secara gratis, namun Office yang  otentik tetap menjadi standar untuk departemen TI, lembaga-lembaga dan pengguna di mana-mana.

Anak cucu kita mungkin menggunakan "Tiles Microsoft 8" sebagai OS nya pada tahun 2030, namun mereka masih akan mengetik surat-surat dalam beberapa versi Office.

Demikian ke-15 Teknologi saat ini yang diperkirakan masih digunakan pada tahun 2030.
Bersiaplah kawan untuk menyongsong masa depan, dan tidak perlu kuatir akan ketinggalan jaman.

Dari berbagai sumber 
 


Artikel lain :
Ditemukan tengkorak "Alien" di Meksiko  
Wifox mengklaim dapat meningkatkan kecepatan akses wifi 700 persen 
Manusia menjadi semakin bodoh


Wednesday, December 19, 2012

2 Asal mula kata 'OK'?

Simbol "OK", sumber Google

Kawan, mungkin sering mengucapkan kata "OK" atau "Okey". Tapi tahukah kawan darimana kata ini sebenarnya berasal? Kenapa kemudian kata itu memiliki makna menyetujui atau kata setuju akan ide lawan bicara.
Ada berbagai upaya untuk menjelaskan munculnya ungkapan ini, yang tampaknya telah menjadi penggunaan kata yang populer di AS mulai pertengahan abad ke-19 ini. Kebanyakan dari sejarahnya merupakan spekulasi. Hal yang belum dapat dibuktikan dengan bukti-bukti linguistik dan sejarah, ada spekulasi bahwa kata "OK" berasal dari ekspresi orang Skotlandia "och aye", atau ungkapan "ola kala" dari Yunani (yang berartu "baik"), atau kata dari Choctaw Indian "oke" atau "okeh" (yang berarti 'begitu') , atau kata Prancis "aux Cayes" ('Cayes', dari ungkapan sebuah pelabuhan di Haiti) atau "au quai" (asal dari kata 'to the quay', seperti yang diduga digunakan oleh orang Perancis), atau inisial dari agen angkutan kereta api yang bernama Obediah Kelly yang dikatakan telah menulis inisial "OK" pada dokumen-dokumen yang telah diperiksanya.

Namun ternyata, Penjelasan yang lebih mungkin adalah bahwa istilah "OK" berasal dari singkatan ORL korrekt, sebuah kesalahan ejaan (yang disengaja sebagai sebuah joke) dari makna 'semua benar' yang digunakan di Amerika Serikat pada tahun 1830-an. Referensi tertulis tertua dari penggunaannya yaitu digunakan sebagai slogan oleh partai Demokrat selama pemilihan Presiden Amerika 1840. Kandidat Presiden Martin Van Buren dijuluki 'Old Kinderhook' (nama tempat kelahirannya di New York), dan para pendukungnya saat itu membentuk sebuah club bernama 'OK Club'. Kemudian hal ini sangat membantu untuk mempopulerkan istilah "OK" meskipun akhirnya Van Buren tidak terpilih.

Teori yang lain yang juga diterima dan masuk akal adalah bahwa istilah "OK" berasal dari kalangan budak hitam asal Afrika Barat, kata tersebut bermakna 'baik-baik saja', atau 'ya' atau 'memang' yang terkandung dalam beragam bahasa Afrika Barat. Sayangnya, bukti-bukti sejarah asal dari ungkapan ini menjadi berakhir dan mungkin akan sulit untuk digali kembali.

Begitulah sepenggal teori yang ada tentang asal usul kata "OK", cuman masalahnya sekarang, dari mana simbol "OK" (diatas) itu berasal yah.. binun lagi kan?? :D



Artikel lain :
Bagaimana mata bekerja
Mengapa Manusia "Menguap"
Manusia menjadi semakin bodoh


Wednesday, December 12, 2012

1 Mengapa Manusia "Menguap"

"Menguap", sumber google
Anda pernah "Menguap" kawan? Semua orang melakukannya. Bahkan, sekarang ketika saya menulis bagian ini, saya sedang menguap :D .

Aktifitas "Menguap" oleh manusia ditafsirkan dengan berbagai makna, mulai dari kelelahan, kebosanan, rasa kantuk dll. Mungkin akan menjadi lebih menarik apabila saya katakan kenyataan bahwa menguap itu menular di antara manusia. Iya, setidaknya Anda bisa rasakan ketika menonton orang lain menguap, melihat foto atau membaca tentang menguap, bahkan hanya dengan pemikirannya saja, itu cukup untuk mendorong perilaku ini menular. (Nah, sekarang beritahu saya, apakah Anda sudah menguap belum? hehe..).

Meskipun aktifitas menguap adalah aktifitas yang sangat umum, namun secara fisiologis dan psikologis menilai ini sebagai perilaku yang kurang dapat dipahami. Menguap adalah aktifitas yang ditandai dengan perilaku mulut yang menganga, disertai dengan menarik napas dalam-dalam, yang berakhir dengan menutup mulut dengan cepat sambil mengeluarkan air mata. Perilaku ini berada di bawah kontrol kesadaran, sehingga tidak dapat dikendalikan.
Selanjutnya, menguap adalah perilaku stereotip yang juga dilakukan oleh semua kelas hewan, dan diteliti berkorelasi oleh berbagai perubahan neurokimia di otak. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa menguap adalah mekanisme biologis pada manusia dan kera, seperti simpanse, untuk menjaga otak dari overheating. "Otak seperti komputer," demikian laporan Andrew Gallup, seorang peneliti di Departemen Biologi di Binghamton University yang memimpin penelitian. "Otak beroperasi paling efisien saat adaptasi dingin, dan fisik telah berevolusi untuk memungkinkan pendinginan maksimal bagi otak."
Hal ini dikenal sebagai "hipotesis radiator" atau "hipotesis pendinginan otak," yang dapat diuji. "Berdasarkan hipotesis ini, kami menyarankan harus ada jendela termal yang harus terjadi dalam aktifitas menguap," demikian Gallup mengatakan. "Misalnya, menguap seharusnya tidak terjadi ketika suhu ambien ruangan melebihi suhu tubuh, seperti mengambil napas dalam-dalam untuk udara hangat akan menjadi kontraproduktif. Selain itu, menguap ketika sangat dingin mungkin merupakan mal adaptif, karena hal ini dapat mengirimkan udara sangat dingin ke otak, yang dapat menghasilkan thermal shock."

Untuk menguji hipotesis ini, Gallup dan rekan-rekannya, Michael Miller dan Anne Clark, belajar menguap di budgerigars liar, Melopsittacus undulatus. Mereka memilih budgerigars karena mereka memiliki otak yang relatif besar untuk ukuran tubuh mereka, mereka hidup liar di daerah kering Australia yang tunduk pada perubahan suhu yang dramatis, dan yang paling penting untuk desain eksperimental mereka, di mana mereka menguji burung dalam kelompok kecil. Untuk melakukan pekerjaan ini, para peneliti membagi beo kecil ke kelompok empat, menempatkan mereka ke dalam kandang kawat dan memfilmkan mereka saat mereka mengalami perubahan suhu lingkungan 22-38 derajat Celcius. Kemudian, film-film yang dinilai oleh pengamat atas dasar perilaku pendinginan (menguap dan gular berkibar - pembukaan yang cepat dan terus-menerus dan penutupan paruh, yang bertindak untuk mengepakkan membran di tenggorokan dan dengan demikian meningkatkan pendinginan evaporative).

Dalam penelitian ini diperoleh data yang menunjukkan bahwa menguap adalah memang merupakan perilaku thermoregulatory biologis yang dipicu oleh suhu lingkungan meningkat. Tetapi kenapa kita harus peduli dengan perilaku menguap? Ada badan penelitian medis dan fisiologis yang menghubungkan peningkatan suhu ambien dengan gejala yang tidak menyenangkan dari kondisi medis tertentu. Selanjutnya, juga telah tercatat bahwa menguap sering mendahului serangan epilepsi atau migrain di antara penderitanya, dan meningkatnya perilaku menguap juga berhubungan dengan multiple sclerosis.
Selain itu, individu dengan masalah kesehatan cenderung menguap secara berlebihan pula. Orang-orang yang mengkonsumsi paxil (paroxetine HCl) atau Celexa (citalopram) sering mengalami menguap berlebihan selama tiga atau lebih bulan pertama pengobatannya. Dengan demikian, berlebihan menguap pada manusia mungkin menunjukkan masalah kesehatan atau dapat dikaitkan dengan obat yang harus diselidiki lebih lanjut. Tapi ada aspek positif untuk menguap juga, karena berfungsi untuk mengembalikan suhu otak yang optimal yang memfasilitasi kewaspadaan mental dan gairah individu, dan penularannya yang mungkin telah berevolusi untuk memfasilitasi kewaspadaan kelompok. "Menguap lebih akurat mencerminkan mekanisme yang mempertahankan perhatian, dan karenanya harus dipandang sebagai pujian!" Gallup Menyimpulkan.

Nah, sekarang katakan lagi, selama Anda membaca artikel ini, apakah Anda sudah menguap atau belum?
:D

Dari berbagai Sumber



Artikel lain :
Bagaimana mata bekerja
Tahukah..? Tubuh kita tidak dapat melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan
Manusia menjadi semakin bodoh 



 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates