Monday, February 25, 2013

0 Telah ditemukan, sebuah Benua Kuno di Dasar Samudera Hindia

http://livedoor.blogimg.jp/yuitatu1214/imgs/c/6/c62d610b.jpg
Indian Ocean
Studi baru menemukan di bawah Samudera Hindia terkubur sebuah benua kuno. Para peneliti menemukan bukti-bukti adanya daratan yang luas di antara 2.000 hingga 8,5 juta tahun yang lampau.

Daratan luas, yang diberi nama Mauritia oleh para peneliti itu, akhirnya terpecah-pecah dan lenyap di bawah gelombang air laut dan membentuk bagian-bagian baru.

Hingga 750 juta tahun yang lalu, daratan di Bumi terkumpul dalam satu benua luas yang disebut Rodinia. Namun, saat ini semua benua sudah terpisah dengan jarak ribuan kilometer. Padahal, dulu India berada bersebelahan dengan Madagaskar.

Kini, para peneliti mulai percaya dengan eksistensi benua Rodinia di waktu lalu. Mereka telah menemukan bukti sepotong benua -dikenal sebagai microcontinent (salah satu dari tujuh daratan besar di permukaan bumi)- yang terselip di antara negara India dan Madagaskar.

Setelah meneliti pasir di pantai Mauritius, para peneliti telah sampai pada kesimpulannya. Mereka menemukan kandungan mineral yang berumur tua di pantai tersebut.

"Kami telah menemukan zircon (batuan mineral) di Pantai Mauritius, dan ini adalah salah satu kandungan yang hanya ditemukan di benua yang berumur sangat tua," kata Profesor Trond Torsvik, dari Universitas Oslo di Norwegia, dilansir BBC, 25 februari 2013.

Setelah diteliti, zircon yang ditemukan ternyata berumur di antara 600 sampai 1.970 tahun yang lalu. Tim peneliti menyimpulkan bahwa zircon tersebut adalah sisa-sisa tanah kuno yang terseret ke permukaan pulau setelah terjadi letusan gunung berapi.

"Saya percaya potongan-potongan Mauritia bisa ditemukan 10 kilometer di bawah Mauritius dan di bawah lautan luas Samudera Hindia," ucap Torsvik.

Sekitar 85 juta tahun lalu, India dan Madagascar berada dalam satu microcontinent, namun akhirnya terpisah dan terkubur di bawah gelombang laut.

Saat ini, tim peneliti masih mencari bagian-bagian dari benua lain yang tersebar di bawah Samudera Hindia.

"Kami perlu data seismik untuk mendapatkan gambar yang terstruktur. Ini akan menjadi bukti utama untuk menelusuri benua yang hilang, namun untuk mewujudkannya butuh biaya yang besar," tutup Torsvik.

Sumber

Tuesday, February 19, 2013

0 Bisakah Manusia Hidup Jauh dari Matahari? Ternyata bisa saja..

Para peneliti dari Pennsylvania State University di Amerika Serikat baru-baru ini mengusulkan batas-batas baru dari zona layak huni pada planet-planet selain Bumi.

Berdasarkan hasil koreksi dari koefisien penyerapan molekul air dan karbondioksida, mereka menarik kesimpulan bahwa zona layak huni bisa berada jauh dari matahari.

Penelitian ini sangat penting untuk merencanakan proyek-proyek masa depan, yang mana mencari planet ekstrasurya atau planet-planet lain di luar tata surya.
Ilustrasi penampakan matahari terbit
Ilustrasi matahari
Zona layak huni memiliki kriteria, seperti adanya ruang antara bintang dan Bumi yang mirip atmosfer. Ruang itu harus memiliki komposisi nitrogen, air, dan karbondioksida. Sifat atmosfer inilah yang mempengaruhi batas-batas dari zona layak huni.

Karya terbaru dari kelompok peneliti dari Pennsylvania State University, NASA, Universitas Washington dan University of Bordeaux, sekaligus mematahkan studi sebelumnya yang dikembangkan oleh George Casting pada tahun 1993.

Model sebelumnya menyatakan, bahwa batas-batas internal dan eksternal matahari dan zona layak huni adalah 0,95 dan 1,67 unit astronomi (dalam satuan astronomi jarak dari matahari ke bumi 1,5 juta kilometer).


Namun, perlu dicatat, bahwa itu adalah model sederhana dari planet, tanpa mengukur adanya ruang atmosfer. Artinya, jika letak Bumi berada di pinggir tata surya, masih tetap cocok untuk kehidupan.

Menurut Ravi Kumar Kopparapu, penulis penelitian, model yang dibuat Casting sudah usang. Koefisien penyerapan radiasi matahari oleh molekul air dan karbon dioksida tidak tepat. "Padahal, radiasi dari matahari sangat mempengaruhi ruang atsmosfer dan suhu dari air," kata Kopparapu, dilansir Spacedaily, 18 Februari 2013.

Sementara para peneliti lain juga beranggapan bahwa model penelitian terdahulu tidak akurat, karena tidak memperhatikan fungsi ruang di atsmosfer.

"Sebenarnya ruang atsmosfer itu memiliki fungsi ketika terjadi radiasi Bumi, bisa untuk mencegah panas di planet dan juga bisa menjadi 'selimut' untuk menjaga kehangatan di lingkungan planet agar tidak hilang ke luar angkasa," jelas Kopparapu.

Studi yang sudah diterbitkan di Astrophysical Journal ini mencatat data dari penyerapan radiasi matahari di Bumi dan mengklarifikasi mekanisme fisik dari radiasi di ruang atsmosfer.

100 Planet Baru Selain teks, para penulis juga telah mengembangkan kalkulator zona layak huni, yaitu program online, yang membantu untuk menghitung batas-batas zona layak huni.

Gunanya adalah untuk menemukan zona layak huni baru untuk menggantikan Bumi yang sudah mulai sesak di masa yang akan datang.

Sebelumnya teleskop luar angkasa NASA, Keppler, menemukan lebih dari 2.300 planet potensial ditinggali sejak Maret 2009. Namun, hanya sekitar 100 yang bisa dikonfirmasi hingga sekarang. Para ilmuwan masih meneliti planet-planet tersebut dan menentukan mana yang paling mungkin menjadi habitat baru bagi makhluk hidup di Bumi

Sumber



Monday, February 18, 2013

0 10 Alasan populer orang nge-twit

Apakah Anda pengguna twitter? atau sekedar punya akun twitter? atau malah penggila twitter-an? Saat ini twitter menjadi media sosial yang paling populer (mungkin setelah facebook) yang digunakan hampir oleh semua kalangan dari segala usia di seluruh negara. Twitter, lebih sering menjadi media interaksi antar personal, tempat curhat para artis, tempat komunikasi para politisi, menaikkan citra sekaligus menurunkannya, membuat seseorang mendadak terkenal sekaligus menghancurkan karir seseorang. That is Twitter, everyone can talk to you, everyone can see you.
http://rack.0.mshcdn.com/media/ZgkyMDEyLzEyLzA0LzdlL2hvd3RvZW1haWx0LjVqSi5qcGcKcAl0aHVtYgk5NTB4NTM0IwplCWpwZw/893aae8b/93c/how-to-email-tweets-directly-from-twitter-s-website-692a5ff817.jpg
Twitter

Mengapa Twitter? Banyak alasan orang menggunakan twitter, apakah merupakan alasan personal atau alasan organisasi, berbisnis, berita atau marketing. Berikut saya mencoba mengumpulkan beberapa pemikiran populer yang merupakan alasan bagi orang untuk menggunakan twitter, Apakah ada salah satunya merupakan alasan Anda?

1. Microblogging

Yang satu ini jelas, inilah merupakan ide awal mengapa twitter diciptakan. Sangat mudah untuk membuat tweet dengan cepat memberitahu dunia apa yang Anda lakukan, seberapa baik kopi pagi Anda atau seberapa buruk makan siang Anda.
Itu adalah cara yang bagus untuk teman-teman dan keluarga Anda untuk tetap terhubung dengan kehidupan sehari-hari Anda, bahkan ketika Anda sedang jauh dari mereka.

2. Mendapatkan jawaban dengan cepat

Anda dapat meminta segala macam pertanyaan kepada semesta Twitter, dari tempat yang ada di belahan manapun di dunia, sampai mungkin Anda ingin tahu apa yang dipikirkan orang tentang merek tertentu dari makanan bayi. Semakin banyak teman yang anda miliki, jawaban yang lebih rinci akan Anda terima.
Bahkan ada layanan web yang mengambil keuntungan dari fitur ini, jadi jika Anda tidak memiliki banyak pengikut, jangan khawatir. Mahalo akan membantu menjawab pertanyaan Anda dengan cepat. Cukup kirim pertanyaan Anda ke @answers.

3. Mencari pekerjaan

Twitter dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan baru. Tidak hanya bisa mengumumkan kepada dunia bahwa Anda sedang mencari pekerjaan, namun banyak perusahaan memasang iklan lowongan pekerjaan mereka di Twitter.

Anda dapat mempelajari panduan untuk membantu Anda memulai mencari pekerjaan di Twitter. Klik di sini

4. Update berita

Dari surat kabar, majalah maupun TV dan Berita Online, tampaknya semua orang memanfaatkan Twitter sebagai cara yang bagus untuk melacak berita terbaru.

Ingin mengikuti berita, Anda dapat menggunakan klien Twitter seperti TweetDeck. TweetDeck tersedia untuk iPhone juga.

5. Janjian dengan teman-teman

Twitter bisa sangat berguna untuk mengatur waktu dan tempat untuk berkumpul. Ini seperti panggilan konferensi dengan pesan teks. Jadi, jika Anda memiliki janji makan siang dengan sekelompok orang, atau hanya ingin mengatur jadwal kumpul bersama-sama, Twitter bisa menjadi cara yang bagus untuk meng-arrange waktu dan tempat untuk semua orang.
http://img.ehowcdn.com/article-new/ehow/images/a06/25/an/make-friends-neighborhood-moms-800x800.jpg
Janjian dengan Teman-teman
6. Membantu meredakan keadaan hati Anda

Kita semua memiliki ketidaksukaan terhadap suatu keadaan kita sehari-hari, apakah keadaan lalu lintas, atau mendapatkan jenis kopi yang salah, kadang-kadang merupakan hal-hal kecil yang dapat menempatkan kita dalam suasana hati yang buruk di sisa hari.

Saran bijaksana adalah membiarkan hal itu keluar, tapi untuk siapa? mungkin tidak pintar untuk melampiaskan kepada atasan Anda. Di situlah Twitter dapat benar-benar membantu karena memungkinkan Anda marah kepada jutaan orang. Dan Anda mungkin mendapatkan beberapa tweet simpati.

Hanya ingat untuk tetap mengontrol bahasa (cara penyampaiannya).

7. Tetap dekat dengan tim favorit Anda

Fitur pencarian Twitter dapat menjadi cara yang bagus untuk melacak tren atau mengikuti topik tertentu. Dan jika Anda adalah penggemar olahraga, Anda dapat benar-benar terhubung dengan tim favorit Anda. Anda memiliki media dan jutaan berita dari yang Anda follow, bahkan untuk mengetahui kehidupan pribadinya sekalipun.

Bila Anda tidak punya waktu untuk menonton TV ketika tim favorit Anda sedang bermain? Cukup ikuti tweet di Twitter. Anda akan mendapatkan update skor, dan Anda akan mendapatkan beberapa warna komentar menyenangkan dari siapapun.

8. Update tentang film terbaru

Anda juga dapat menggunakan fitur pencarian untuk memeriksa film rilis terbaru di bioskop. Anda juga bisa memeriksa apa yang kritikus katakan, walau pendapat mereka tidak selalu sejalan dengan apa yang orang benar-benar fikirkan tentang film tersebut.

Twitter bisa menjadi cara yang bagus untuk mengetahui tentang film tersebut apakah layak atau tidak bagi Anda, Sinopsis pendek tentang alur ceritanya akan Anda dapatkan secara instan, sehingga Anda tidak perlu membuang-buang uang Anda bila film tersebut tidak menarik minat Anda.

9. Terlibat dengan politik

Barack Obama dan beberapa politisi lokal maupun internasional telah meletakkan cetak biru pada twitter, dan semakin banyak lagi politisi beralih ke situs media sosial seperti Twitter. Tidak hanya merupakan cara yang bagus bagi mereka untuk menyampaikan aspirasi fikiran mereka, tetapi juga twitter memungkinkan mereka untuk tetap terhubung dengan konstituen. Bagaimana cara yang lebih baik untuk memberitahu kepada anggota dewan yang telah Anda pilih tentang apa yang Anda pikirkan kecuali dengan mengirim dia beberapa tweet pada halaman timeline-nya?

Walaupun demikian, politik di Twitter jauh melampaui dari hanya mengikuti fikiran politisi saja. Bahkan berkaca pada pemilihan di beberapa negara, apa yang Twitter hasilkan dapat membangun kekuatan politik sehingga memungkinkan warga pemilih untuk berkonsolidasi melawan suatu kekuatan tirani, dan membiarkan orang-orang dari seluruh dunia tahu dan dapat menunjukkan dukungan mereka.
Politics and Twitter

10. Hiburan dan Permainan

Salah satu kegiatan paling baru yang menjadi populer di Twitter adalah penggunaan game dari pihak ketiga untuk berinteraksi dengan sesama akun Twitter. Misalnya, Spymaster memungkinkan Anda untuk membuat mata-mata Anda menggunakan jaringan pengikut Anda sebagai mata-mata. Anda menghasilkan uang untuk jaringan mata-mata Anda dengan menyelesaikan tugas-tugas baik solo atau secara real-time dengan spymasters lainnya

Itulah beberapa alasan popular orang di seluruh dunia nge-twit. Mungkin ada yang ingin Anda tambahkan, silahkan berkomentar.


Wednesday, February 13, 2013

0 Danau Paling Asin di dunia, 4 kali lebih asin dari Laut Mati

Danau Don Juan di Antartika adalah danau paling asin di dunia. Danau ini terletak di McMurdo Dry Valley. Kadar garam danau yang mencapai delapan kali lipat Laut Mati sejak lama mengundang teka teki.

Tim ilmuwan dari Brown University berhasil menguak rahasia keasinan danau tersebut. Mereka memublikasikan hasil penelitiannya di jurnal Scientific Report baru-baru ini.

Geolog menemukan, garam dan air di Danau Don Juan berasal dari deposit kalsium klorida di sekitar danau. garam 'menghisap' air di udara saat kelembaban meningkat. Garam beserta air lalu mengalir ke danau. Air danau juga kadang berasal dari salju yang meleleh membawa garam.

Saat garam dan uap air di udara menyatu, corak gelap terbentuk di permukaan. Uniknya, corak ini juga didapatkan di planet Mars.
Danau Don Juan

James Head, co-author dalam publikasi penelitian, mengatakan bahwa Don Juan dan basin di Mars punya kesamaan. Sama-sama danau tertutup. Sejauh ini, telah ratusan basin tertutup yang ditemukan di planet merah itu.

"Jadi, apa yang kami temukan di Antartika mungkin menjadi kunci bagaimana danau bekerja di Mars masa lalu dan bagaimana kelembabab mengalir di permukaannya hari ini," kata Head.

James Dickson yang juga terlibat riset, seperti dikutip Discovery, Senin (11/2/2013), mengatakan bahwa secara umum seluruh komposisi terdapat di Mars untuk mendukung tipe hidrologi seperti Don Juan.

"Tidak mungkin ada air yang cukup di Mars sehingga bisa membentuk danau, namun arus yang lebih besar di Mars masa lalu mungkin membentuk banyak Don Juan," urai Dickson.

Riset untuk mengungkap rahasia keasinan Don Juan ini dilakukan dengan mengambil 16.000 gambar selama dua bulan terakhir. Perubahan warna dan kenampakan lain danau diamati. Diketahui, warna dan kenampakan lain menunjukkan  kondisi lingkungan

Monday, February 11, 2013

0 Isi Batere iPad, ponsel dan gadget pribadi Anda lainnya ... Menggunakan BODYHEAT Anda sendiri: Penemuan Perangkat Recharge yang Memanfaatkan Panas Tubuh

Kawan, meskipun saya jarang update, tapi saya tetep kepikiran ama kalian. Sedapatnya, saya selalu berusaha untuk menampilkan info-info yang seger yang menyehatkan pikiran ditengah kesibukan rutin saya yang tak kalah merepotkannya.
Kali ini pun saya menyapa kalian dengan harapan kalian baik-baik saja, terimakasih atas segala apresiasinya terhadadap blog ini, kalian emang super deh pokoknya. Teruslah semangat dan jangan lupa komen yah.. :)

Baiklah, kali ini tentang sebuah gadget temuan terbaru dari Fujufilm. Seru, temuan ini diharapkan dapat membantu kita dalam upaya hemat energi dan ramah lingkungan.
  • Perangkat baru - disebut konverter thermoelectric - telah dibuat oleh Fujifilm 
  • Sebuah layer film ringan menempel pada kulit dan mengkonversi panas tubuh menjadi listrik
  • Penemuan yang memungkinkan untuk dapat mengisi batere ponsel menggunakan energipanas tubuh

Sebuah penemuan baru yang menjadi terobosan untuk mengubah cara hidup kita dengan menggunakan panas tubuh kita untuk menghasilkan listrik. Fujifilm telah mengembangkan sebuah layer film ringan yang menempel pada kulit dan mengumpulkan energi panas yang dipancarkan dari tubuh yang kemudian dikonversi ke listrik. Perangkat tersebut dinamakan thermoelectric converter, yang segera akan membuat kita dapat mengisi batere smartphone saat kita berada di luar rumah (tidak ada sumber listrik lain) dengan menggunakan energi yang dihasilkan oleh tubuh kita sendiri. Perkembangan ini dapat mengakhiri metode tradisional yang menggunakan pengisi daya baterai dari titik listrik.
Dengan bantuan kombinasi dari panel surya, fungsi alat ini dapat dikonversi secara lebih efektif, yang juga membuat generator di dalamnya dapat mengisi barang listrik yang lebih besar seperti laptop atau gadget lainnya.
Dalam perkembangan ke depan, alat ini diharapkan dapat dipakai di dunia medis, seperti memanfaatkan panas tubuh pasien untuk mengisi batere perangkat medis yang digunakan untuk merawat pasien itu sendiri.

Bahan polimer organik diciptakan oleh Fujifilms bersama-sama dengan Japan’s National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST).
Bahan tersebut dapat mendeteksi perubahan suhu dari lingkungan meskipun hanya satu derajat celsius,  alat tersebut akan mulai memproduksi listrik saat menyentuh kulit.
Produk organik serupa telah dibuat di masa lalu tapi materi baru jauh lebih efisien daripada teknologi sebelumnya.

Bahan tersebut dapat dibuat untuk hampir semua ukuran yang dibutuhkan. Bahan ini juga fleksibel sehingga dapat melilit pada bagian tubuh yang berbeda. Perangkat dari Fujifilm ini diresmikan pada konferensi Nanotech 2013 di Tokyo, sebagai penemuan terbaru dan gadget yang dipersembahkan untuk dunia.

Sebuah demonstrasi secara langsung telah dilakukan pada acara tersebut, di mana saat seseorang menekan tangan mereka pada materi untuk membuat sebuah mobil mainan bergerak di sekitar trek.
Bahan konversi baru itu bukan satu-satunya produk yang mereka luncurkan, namun mereka juga memamerkan speaker baru yang bisa digulung.

Fujifilm akan merilis perangkat ini pada 60th JSAP Spring Meeting 2013, yang berlangsung antara 27-30 Maret, di Prefektur Kanagawa, Jepang.

sumber dari Digital of Life

Friday, February 8, 2013

0 Menonton TV berhubungan dengan jumlah sperma rendah

Bagi kawan yang merasa banyak menghabiskan waktu di depan televisi, ini ada penelitian tentang hubungannya dengan kandungan sperma. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh dari kandungan sperma bagi pria yang terlalu banyak menonton televisi, meskipun ini bukan satu-satunya penyebab. Namun cukuplah sebagai peringatan agar kawan lebih mewaspadainya. Lagi pula terlalu lama di depan televisi juga tidak baik bagi kehidupan kita, baik kesehatan fisik dan sosial kita.

Baiklah, kita mulai informasinya.

Pria yang menonton banyak televisi memiliki jumlah sperma lebih rendah daripada mereka yang tidak menonton, demikian para peneliti melaporkan pada 4 Februari dalam British Journal of Sports Medicine. Jumlah sperma adalah istilah informal yang merujuk pada konsentrasi sperma pada volume tertentu air mani.
Pria menonton TV
Peneliti melakukan penelitian dengan cara memberikan kuesioner kepada 189 pria muda yang sehat dan menganalisa air mani mereka. Responden yang menonton lebih dari 20 jam per minggu TV ternyata memiliki jumlah sperma 44 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak menonton apapun. Tim yang dipimpin oleh Audrey Gaskins dan Jorge Chavarro dari Harvard School of Public Health, juga menemukan bahwa pria yang menghabiskan sebagian besar waktu melakukan latihan fisik secara rutin dan terkontrol memiliki 73 persen jumlah sperma lebih tinggi daripada mereka yang terlalu aktif (secara berlebihan) berolahraga.

Sementara itu, temuan ini tidak menguraikan penjelasan untuk perbedaan ini, penulis mengutip manfaat fisiologis yang luas dari latihan. Tapi latihan tertentu seperti bersepeda telah diketahui berhubungan dengan jumlah sperma yang rendah. Suhu skrotum lebih rendah telah dikaitkan dengan jumlah sperma yang lebih tinggi, dan posisi menetap telah dikaitkan dengan suhu skrotum yang lebih tinggi.

Nah, info ini memang tanpa penjelasan penyebab dari akibat menonton tv terlalu lama, namun setidaknya, dari penelitian statistik ini telah cukup membuktikan bahwa potensi kandungan sperma rendah bagi pria salah satunya dapat disebabkan oleh aktifitas menonton tv yang terlalu berlebihan.. waspadalah..

Bila kawan menyukai artikel ini, tinggalkanlah pesan..

sumber
 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates