ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR

Wednesday, March 6, 2013

2 Manusia mulai berpikir untuk melakukan pertambangan di Bulan?

Permukaan Bulan

Menambang di bulan?
Pemikiran yang sepertinya mulai nyeleneh, namun ini nyata. Karena material yang akan ditambang ini memang material yang spesifik yang tidak ditemukan di bumi. Material yang sangat dibutuhkan bagi pengembangan teknologi. Untuk itu, kesulitan pertama yang dipikirkan orang adalah bagaimana merambah ke sana, baik itu alat transportasi maupun fasilitas lain untuk menetap di bulan. Hal pertama dipikirkan adalah bagaimana mendarat di bulan dengan fasilitas permanen yang dapat digunakan berulang-ulang.

Adapun peneliti Australia yang telah mengembangkan suatu zat yang terlihat dan berperilaku seperti tanah dari permukaan bulan dan dapat dicampur dengan polimer untuk menciptakan 'lunar beton', sebuah temuan yang dapat membantu rencana untuk membangun landasan pendaratan yang aman dan tambang di bulan.

Mineral tanah jarang, hidrogen, oksigen, platinum dan non-radioaktif bahan bakar fusi nuklir Helium-3 (He-3) yang berlimpah di bulan sangat menarik bagi para penambang di bumi. NASA dan lembaga antariksa lainnya telah menunjukkan minat dalam pertambangan lunar ini walaupun AS belum meratifikasi perjanjian tahun 1984 yang ketat yang mengatur ekstraksi sumber daya bulan.

Namun, jika pun pertambangan bulan diizinkan, kondisi bulan sangatlah berbeda dengan kondisi bumi yang mungkin membutuhkan sebuah mesin baru yang harus diciptakan untuk mengembangkan sumber daya ditemukan di sana. Selain itu, biaya transportasi yang mengangkut material untuk membangun fasilitas di bulan yang diangkut dari bumi akan menjadi penghalang, hal tersebut memaksa para ilmuwan untuk menemukan cara-cara untuk membangun peralatan tertentu menggunakan bahan lain yang hanya ditemukan di permukaan bulan.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Leonhard Bernold, Assosiasi Professor Teknik Sipil di Universitas New South Wales, telah menciptakan tiruan tanah baru lunar yang mirip sampel yang dibawa oleh para astronot Apollo.
Dr Bernold mengatakan telah menguji sistem pertambangan lunar di Bumi dengan membuatkan area simulasi lingkungan dan para peneliti mengembangkan cara untuk membuat beton tanpa air dengan menggunakan materi debu bulan, komponen dari bahan permukaan bulan yang dikenal sebagai regolith.
"Kita sekarang tahu banyak tentang sifat mekanik dari regolith di bulan sehingga kita bisa menciptakan sesuatu yang mensimulasikan itu. Kami telah mencoba untuk mencocokkan sedekat yang kita bisa, "kata Dr Bernold.

Tanah tiruan bulan dari Dr Bernold adalah terutama terdiri dari partikel yang sangat halus basal diambil dari tambang di Kulnura di NSW Central Coast.
"Partikel-partikel ini produk sampingan dari proses menghancurkan basalt untuk melayani agregat untuk membuat beton atau aspal, tapi terlalu kecil untuk menjadi berguna dan harus dibuang," kata Dr Bernold.
"Pada bulan, partikel-partikel kecil berlimpah, diciptakan oleh meteorit kecil yang memukul permukaan bulan pada kecepatan tinggi selama jutaan tahun, sehingga merubah batu besar ke dalam partikel-partikel kecil.

"Serta menyediakan zat teknik pertambangan bumi yang dapat diuji, tanah tiruan juga dapat dicampur dengan polimer untuk membuat beton lunar," kata Dr Bernold.
"Jadi, misalnya kita dapat menemukan cara untuk membuat sumber daya materi dan pemanfaatan untuk membangun pad roket di bulan. Ketika roket mendarat, mereka menerbangkan tanah halus dan itu seperti peledakan sandblaster di sekitarnya, "katanya, menambahkan bahwa pad mendarat tepat di bulan akan mengurangi efek sandblaster yang berbahaya.
"Segala sesuatu yang kita angkut dari Bumi akan menghabiskan banyak biaya, jadi kita ingin melakukan sebanyak mungkin dari bahan yang tersedia melimpah di sana."
Dr Bernold mengatakan NASA telah menunjukkan minat dalam temuannya.

Profesor Andrew Dempster, Direktur Pusat Australia untuk Space Engineering Research (ACSER) di University of New South Wales mengatakan tanah tiruan bulan akan membantu para peneliti lebih memahami sifat-sifat debu bulan.
"Nilai utama dalam pekerjaan ini adalah melakukan dengan tanah di bulan yang begitu berbeda dengan jenis tanah di bumi dan jenis tanah ini sebagian besar akan berurusan dengan mesin pertambangan," katanya.
Perjanjian internasional dan hukum ruang khusus akan diperlukan untuk bekerja di luar bumi yang memiliki hak kepemilikan materi tambang dari bulan," kata Dr Dempster.
"Saya mengerti ada argumen lingkungan di sekitarnya juga, tapi jika Anda menambang bulan atau asteroid atau planet lain, tidak akan menjadi dampak lingkungan bagi pertambangan lokal yang memiliki biosfer lokal. Ini adalah cara penambangan sehingga proses penambangan itu sendiri tidak menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan, "katanya.
"Jelas, namun Anda perlu untuk menghasilkan banyak energi untuk pergi dan melakukannya."
Siswa bekerja sama dengan Dr Bernold sedang mempelajari metode untuk memanen dan menyimpan energi panas matahari di bulan pada bahan 'lunar baterai'.

Sumber

2 comments:

  1. Wah gila ide nya ya! Nanti setelah di bulan, mungkin bisa di-request bikin pertambangan di BLACK HOLE. Kayaknya lebih asyik tuh ide nya. :D

    ReplyDelete

Berkomentar dengan bijak adalah cermin kedewasaan

 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates