Thursday, March 21, 2013

0 10 Pernyataan "wisdom" dari Albert Einstein

Tidak ada yang tidak kenal Albert Einstein. Seorang ilmuwan paling populer yang pernah tercatat dalam sejarah yang telah merevolusi ilmu pengetahuan modern dengan rumus empirisnya E = mc2. Banyak yang menduga bahwa dia merupakan ilmuwan yang paling berpengaruh dan satu-satunya nama ilmuwan yang paling sering disebut di semua sekolah dari tingkat dasar hingga kelas doktoral.

Namun terkadang Einstein sering dianggap orang lebih dari seorang ilmuwan, dia juga sering dianggap sebagai seorang filsuf yang ditunggu-tunggu wejangannya. Sehingga setiap kata-kata yang pernah diucapkannya banyak dicatat orang untuk dijadikan kata-kata wisdom yang dapat diambil hikmahnya. Sedikit berlebihan, namun kita boleh melihat batasan ini sebagai kata-kata dari seorang manusia yang dianggap bijaksana atau "bapak" bagi setiap orang.

http://1.bp.blogspot.com/-Uhk2hNOS74s/UPUOr5bLtzI/AAAAAAAAAIM/0cCZKgx0nNE/s1600/albert-einstein-quote-1600-1200-7647.jpg
Albert Einstein
Beberapa ucapannya yang pernah tercatat oleh sejarawan merupakan 10 pernyataan wisdom dari sang maestro, akan saya utarakan disini. Sejarah mencatat kata-kata terakhir sebelum kematiannya di Jerman dan satu-satunya orang mendengar pernyataan ini adalah seorang perawatnya. Ia berbicara dalam bahasa Inggris dan perawat tersebut tidak mengerti apa yang dia katakan. Ini adalah daftar sepuluh kutipan berkesan darinya tersebut.

10. "Saya tidak tahu apa senjata Perang Dunia III nantinya, tapi Perang Dunia IV akan menggunakan tongkat dan batu." (Sepertinya dia mau mengatakan pendemo melawan kekuasaan monarki seperti yang terjadi saat ini)

9. "Dua hal yang tak terbatas: yaitu alam semesta dan kebodohan manusia, dan aku tidak yakin tentang tak terbatasnya alam semesta." (dalem.. binun..??)

8. "Satu-satunya hal yang mengganggu proses belajar saya adalah pendidikan saya." (Semua tahu, Eistein ada masalah dengan pendidikan formalnya)

7. "Saya tidak pernah memikirkan masa depan akan segera datang.." (hmm..??)

6. "Realitas hanyalah ilusi, meskipun sangat gigih." (Realitas dan ilusi tak berbatas)

5. "Saya yakin bahwa Dia (Tuhan) tidak bermain dadu." (Einstein mengaku bahwa Tuhan berkehendak)

4. "Hal yang paling sulit di dunia untuk dimahami adalah pajak penghasilan." (hahaha... ini juga pertanyaan semua orang)

3. "Ilmu pengetahuan adalah hal yang menakjubkan jika seseorang tidak harus mencari nafkah dalam hal itu." (jadi ilmuwan itu butuh dedikasi dan harus menanggung resiko jadi miskin..)

2. "Kaum intelektual memecahkan masalah, genius mencegah mereka." (agak ruwet..)

1. "Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru."(Mario Teguh banget.. hehe)

0 comments:

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak adalah cermin kedewasaan

 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates