Friday, November 29, 2013

1 10 Fakta Tentang Mimpi


Mimpi bisa menjadi menarik , menyenangkan , menakutkan atau sekadar aneh . Setelah para ahli psikologi mempelajari lebih lanjut tentang beberapa hal tentang fenomena mimpi, para peneliti telah menemukan sepuluh fakta tentang mimpi. Berikut ulasannya :
Ilustrasi



1 . semua orang Mimpi
Pria bermimpi. Perempuan bermimpi. Bahkan bayi bermimpi. Kita semua bermimpi , bahkan mereka yang mengaku tidak pernah sekalipun, pasti bermimpi. Bahkan, para peneliti telah menemukan bahwa orang biasanya memiliki beberapa mimpi setiap malam , yang masing-masing berlangsung antara 5 sampai 20 menit . Selama seumur hidup, orang menghabiskan rata-rata enam tahun bermimpi !
2 . Tapi Anda Melupakan Sebagian besar Mimpi Anda
Menurut perkiraan peneliti mimpi J. Allan Hobson , sebanyak 95 persen dari semua mimpi dengan cepat dilupakan sesaat setelah bangun tidur. Mengapa demikian? Menurut salah satu teori, perubahan di otak yang terjadi selama tidur tidak mendukung pengolahan informasi dan penyimpanan yang diperlukan untuk pembentukan memori. Scan otak individu yang sedang tidur telah menunjukkan bahwa lobus frontal, yaitu daerah yang memainkan peran kunci dalam pembentukan memori , tidak aktif selama tidur, tahap di mana mimpi itu sedang terjadi .
3 . Tidak Semua Mimpi Berwarna
Sekitar 80 persen dari mimpi berwarna, namun ada sebagian kecil orang yang mengaku hanya bermimpi dalam hitam dan putih. Dalam studi di mana pemimpi telah terbangun dan diminta untuk memilih warna dari grafik yang cocok dengan dalam mimpi mereka , warna-warna pastel yang lembut adalah yang paling sering dipilih .
4 . Pria dan Wanita berbeda dalam hal tema Mimpi
Para peneliti telah menemukan sejumlah perbedaan antara pria dan wanita dalam hal tema mimpi mereka . Dalam sebuah penelitian , pria dilaporkan lebih banyak bermimpi tentang agresi daripada wanita lakukan . Menurut peneliti mimpi William Domhoff , wanita cenderung memiliki mimpi sedikit lebih panjang yang menampilkan karakter lebih . Ketika datang ke karakter yang biasanya muncul dalam mimpi , pria bermimpi tentang pria lain dua kali lebih sering seperti yang mereka lakukan tentang wanita, sementara wanita cenderung bermimpi tentang kedua jenis kelamin sama .
5 . Hewan Mungkin saja Bermimpi
Pernahkah Anda melihat anjing tidur mengibaskan ekornya atau memindahkan kakinya saat tidur ? Sementara sulit untuk mengatakan dengan pasti apakah hewan tersebut benar-benar bermimpi , para peneliti percaya bahwa ada kemungkinan bahwa hewan memang bermimpi . Sama seperti manusia, hewan melalui tahap tidur yang mencakup siklus REM dan NREM . Dalam satu studi , gorila diajarkan bahasa isyarat sebagai alat komunikasi . Pada satu titik , gorila menandatangani " gambar tidur , " mungkin menunjukkan pengalaman bermimpi .
6 . Anda Bisa Mengontrol Mimpi Anda
Sebuah mimpi yang jelas adalah saat di mana Anda menyadari bahwa Anda sedang bermimpi meskipun Anda masih tertidur. Selama Anda mengalami jenis mimpi ini, Anda dapat sering secara " langsung " mengontrol konten dari mimpi. Sekitar setengah dari orang bermimpi dapat mengingat mengalami setidaknya satu contoh dari bermimpi, dan beberapa individu dapat memiliki mimpi jernih secara cukup sering.
7 . Emosi Negatif Apakah Lebih umum dalam Mimpi
Selama kurun waktu lebih dari empat puluh tahun , peneliti Calvin S. Balai mengumpulkan lebih dari 50.000 akun mimpi dari mahasiswa . Laporan-laporan ini dibuat tersedia untuk umum selama tahun 1990-an oleh mahasiswa Hall William Domhoff . Akun-akun mimpi mengungkapkan bahwa banyak emosi yang dialami selama mimpi termasuk sukacita, kebahagiaan dan ketakutan. Emosi yang paling umum dialami dalam mimpi adalah kecemasan, dan emosi negatif secara umum yang jauh lebih umum daripada yang positif
8 . Tunanetra Mimpi
Orang-orang yang kehilangan penglihatan mereka sebelum usia lima tahun biasanya tidak memiliki impian visual dalam masa dewasa , mereka masih bermimpi . Namun meskipun kurangnya visual , mimpi buta hanya sebagai kompleks dan hidup sebagai orang-orang dari terlihat . Alih-alih sensasi visual, mimpi orang buta ' biasanya mencakup informasi dari indera lainnya seperti suara, sentuhan, rasa , pendengaran dan penciuman.
9 . Anda Apakah Lumpuh Selama Bermimpi
Tidur REM, tahap tidur di mana terjadi bermimpi, ditandai dengan kelumpuhan otot-otot. Mengapa? Fenomena ini dikenal sebagai REM atonia dan mencegah Anda dari bertindak keluar mimpi Anda saat Anda sedang tidur. Pada dasarnya, karena motor neuron yang tidak dirangsang, tubuh Anda tidak bergerak .
Dalam beberapa kasus, kelumpuhan ini bahkan dapat terbawa ke dalam keadaan sadar selama sepuluh menit, kondisi yang dikenal sebagai kelumpuhan tidur .
Pernahkah Anda terbangun dari mimpi menakutkan dan diri Anda tidak bisa bergerak? (ketindihan, Jawa red). Sementara pengalaman bisa menakutkan, para ahli menyarankan bahwa itu adalah hal yang normal dan harus berlangsung hanya beberapa menit sebelum kembali kontrol otot normal.
10 . Banyak Mimpi Apakah Universal
Mimpi sering sangat dipengaruhi oleh pengalaman pribadi, para peneliti telah menemukan bahwa tema-tema tertentu sangat umum di budaya yang berbeda. Sebagai contoh, orang-orang dari seluruh dunia sering bermimpi tentang dikejar, diserang atau jatuh. Pengalaman mimpi umum lainnya termasuk acara-acara sekolah, merasa beku dan tidak bisa bergerak, tiba terlambat, terbang dan telanjang di depan umum .

Para ahli banyak yang menyarankan untuk segera mengingat mimpi Anda sesaat Anda bangun, bila mungkin untuk mencatatnya dalam catatan khusus. Sebagian besar orang-orang sukses dalam hidup mereka melakukan itu. Karena mimpi bukanlah hanya sebagai kembang tidur, namun juga sebagai aktifitas kreatifitas otak Anda

Mimpi Apa Anda semalam? Jangan lupa mencatatkannya di komentar Anda... Thx
 

1 comments:

Berkomentar dengan bijak adalah cermin kedewasaan

 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates