Wednesday, December 19, 2012

2 Asal mula kata 'OK'?

Simbol "OK", sumber Google

Kawan, mungkin sering mengucapkan kata "OK" atau "Okey". Tapi tahukah kawan darimana kata ini sebenarnya berasal? Kenapa kemudian kata itu memiliki makna menyetujui atau kata setuju akan ide lawan bicara.
Ada berbagai upaya untuk menjelaskan munculnya ungkapan ini, yang tampaknya telah menjadi penggunaan kata yang populer di AS mulai pertengahan abad ke-19 ini. Kebanyakan dari sejarahnya merupakan spekulasi. Hal yang belum dapat dibuktikan dengan bukti-bukti linguistik dan sejarah, ada spekulasi bahwa kata "OK" berasal dari ekspresi orang Skotlandia "och aye", atau ungkapan "ola kala" dari Yunani (yang berartu "baik"), atau kata dari Choctaw Indian "oke" atau "okeh" (yang berarti 'begitu') , atau kata Prancis "aux Cayes" ('Cayes', dari ungkapan sebuah pelabuhan di Haiti) atau "au quai" (asal dari kata 'to the quay', seperti yang diduga digunakan oleh orang Perancis), atau inisial dari agen angkutan kereta api yang bernama Obediah Kelly yang dikatakan telah menulis inisial "OK" pada dokumen-dokumen yang telah diperiksanya.

Namun ternyata, Penjelasan yang lebih mungkin adalah bahwa istilah "OK" berasal dari singkatan ORL korrekt, sebuah kesalahan ejaan (yang disengaja sebagai sebuah joke) dari makna 'semua benar' yang digunakan di Amerika Serikat pada tahun 1830-an. Referensi tertulis tertua dari penggunaannya yaitu digunakan sebagai slogan oleh partai Demokrat selama pemilihan Presiden Amerika 1840. Kandidat Presiden Martin Van Buren dijuluki 'Old Kinderhook' (nama tempat kelahirannya di New York), dan para pendukungnya saat itu membentuk sebuah club bernama 'OK Club'. Kemudian hal ini sangat membantu untuk mempopulerkan istilah "OK" meskipun akhirnya Van Buren tidak terpilih.

Teori yang lain yang juga diterima dan masuk akal adalah bahwa istilah "OK" berasal dari kalangan budak hitam asal Afrika Barat, kata tersebut bermakna 'baik-baik saja', atau 'ya' atau 'memang' yang terkandung dalam beragam bahasa Afrika Barat. Sayangnya, bukti-bukti sejarah asal dari ungkapan ini menjadi berakhir dan mungkin akan sulit untuk digali kembali.

Begitulah sepenggal teori yang ada tentang asal usul kata "OK", cuman masalahnya sekarang, dari mana simbol "OK" (diatas) itu berasal yah.. binun lagi kan?? :D



Artikel lain :
Bagaimana mata bekerja
Mengapa Manusia "Menguap"
Manusia menjadi semakin bodoh


2 comments:

  1. Terima kasih infonya Bos, saya memang sedang mancari asal usul kata ini. Minta ijin quote ya Bos. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimksh sambutannya gan.. Dipersilahkan quote bila dpt menjadi bacaan menarik bagi yg lain.. Jg lupa ksh link ya gan.. :)

      Delete

Berkomentar dengan bijak adalah cermin kedewasaan

 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates