Friday, November 30, 2012

0 Tahukah..? Tubuh Tidak Dapat Melakukan Banyak Hal Bersamaan

"Sambil menyelam minum air", "Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui", demikian istilah yang kita gunakan untuk menggambarkan melakukan beberapa kegiatan dalam satu waktu bersamaan. Anda bisa merokok sambil nyetir mobil, atau nonton film sambil ngemil popcorn. Ada juga yang melankolis tertawa sambil menangis, atau membenci sambil merindu.. hehe.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata tubuh kita sebenarnya tidak didesain untuk melakukan banyak hal secara bersamaan, bila pun dikatakan bersamaan, sejatinya dilakukan bergantian. Berikut saya kemukakan sembilan hal atau kegiatan yang tidak dapat dilakukan oleh tubuh secara bersamaan, kurang lebihnya dapat Anda tambahkan sendiri menurut pemikiran dan pengalaman Anda.

1. Mata Anda tidak bisa melihat ke kiri sambil melihat ke kanan. Gerakan motorik mata diciptakan selaras, bahkan kita tidak pernah tahu mata sebelah mata yang memimpin pergerakan, apakah mata kanan atau mata kiri?
Cobalah melihat ke kanan dan ke kiri sekaligus.. Sumber : google
 2. Otak Anda tidak mampu melakukan dua pekerjaan sekaligus, Anda tidak dapat berfikir / melamun sambil mendengar atau melihat atau merasa. Ketika otak Anda sedang berproses, maka semua input dari panca indera akan tertutup. Anda memang tetap masih bisa melihat atau mendengar, namun itu hanya sebatas kerja sensor bukan proses utuh. Contohnya, saat anda sedang melamun, apa yang Anda lihat dan dengar saat itu tidak akan diproses di otak Anda, sejatinya telinga Anda bergetar oleh bunyi, namun bunyi tersebut hanya sampai di sensor telinga Anda. Bila sesuatu mengejutkan Anda, mabuyarlah lamunan Anda, dan Anda akan kembali mendengar dan melihat. Mau bui? cobalah Anda belajar sambil mendengarkan radio yang penyiarnyauap-cuap, jka Anda ingin mendengarkan ucapan penyiar, maka Anda harus break dulu dari aktifitas belajar. Namun bila Anda teruskan belajar, Anda tidak akan tahu apa saja yang diucapkan sang penyiar.

3. Anda tidak bisa menelan makanan atau minuman sambil bernafas, saya fikir sebagian besar pasti sudah tahu alasannya. Iya, karena saluran yang kita gunakan untuk makan minum dan bernafas adalah satu. Bila Anda menelan, maka itu akan menutup klep udara yang mengarah ke paru-paru. Sistem ini ada juga di beberapa bagian dalam tubuh kita, nanti juga akan kita kupas satu-satu.

4. Anda tidak bisa bersin sambil membuka mata, sudah tahu alasannya? Hah?? belum?? Baiklah, alasannya yaitu bila Anda sedang bersin, diafragma dada Anda sedang berkontraksi dengan daya yang sangat besar, bila saat puncak kontraksi itu Anda membuka mata, maka mata Anda akan keluar dari tempatnya. Mau coba?? :) Satu lagi, pada saat bersin, jantung Anda tidak bisa bergerak. Tapi jangan kuatir itu hanya berlangsung beberapa mili detik saja.
Jangan buka mata! Bahaya!!, sumber : google
 5. Anda tidak bisa mendengar dua bunyi sekaligus. Sekarang coba setel musik sebuah band favorit Anda (misalnya NOAH yang lagi ngetop sekarang). Setelah musik terdengar, Apa sebetulnya yang sedang Anda dengar? Apakah suara Ariel? atau bunyi keyboard-nya David? atau bunyi instrumen gitar, bass atau drumnya? Anda boleh memilih salah satu bunyi yang Anda dengar, maka otak Anda hanya akan memproses pilihan bunyi yang Anda pilih. Penjelasan teknisnya, otak kita juga sebetulnya memiliki saluran input buka tutup, seperti pintu-pintu masukan virtual. Saat Anda memasukkan satu jenis data ke otak Anda, maka Anda akan menahan jenis data lain di depan pintu virtual tersebut agar jangan masuk. Otak kita bekerja satu arah, namun bisa saja dengan dua arah bagi orang-orang yang memang membiasakan berlatih untuk itu. Nah, untuk contoh kasus mendengarkan musik, kebanyakan orang hanya fokus mendengar bunyi sang vokalisnya saja, suara lain hanyalah sebagai pelengkap nuansa getaran harmonis sensor di telinga Anda mengiringi sang vokalis. Tapi lain bagi seorang musisi, misalnya seorang basist, sepanjang lagu dia hanya konsen pada bunyi bass, dan tindakan itu membuat dia tidak mendengar suara ariel bernyanyi.. :)

6. Anda tidak bisa berbicara sambil mendengar. Nah, mulai ada yang protes. Anda pasti bilang sering melihat acara talkshow di tv, politisi kita sering berdebat dan semuanya bicara. Sekarang coba Anda tanya mereka, ketika mereka saling bicara, apakah mereka tau dengan apa isi pembicaraan lawan bicaranya? pasti tidak.. Dengan penjelasan teknis seperti di atas, otak kita akan menutup saluran input (pendengaran) saat kita mengeluarkan output (berbicara). Makanya Tuhan memerintahkan pada kita untuk berkomunikasi yang baik, banyaklah mendengar dan sedikit berbicara, karena Dia mendesain otak memang tidak bisa melakukan dua pekerjaan itu sekaligus. Itulah juga kenapa Dia menciptakan dua telinga dengan satu fungsi saja untuk mendengar, sedangkan satu mulut untuk melakukan banyak hal. Untuk bicara, makan, minum, kadang buat bernafas kalau hidung sedang buntu, kadang juga buat muntah. Mulut kita dibikin repot... :)
Semua bicara, siapa yang dengar?? sumber : beritaprima.com
7. Anda tidak bisa bicara sambil bernafas. Penjelasannya sama seperti diatas, salurannya sama. Ada hikmahnya juga kawan, dengan kapasitas udara di paru-paru, maka kita juga tidak bisa terus berbicara tanpa jeda, teteep kita harus lebih banyak mendengar.. :)

8. Sekarang makin ke bawah, bukan jorok loh.. ini ilmiah! Anda tidak akan bisa pup sambil pipis.. Kalau pun Anda bilang kita tidak akan mungkin tidak pipis kalo kita pup, namun sejatinya dua aktifitas tersebut dilakukan bergantian. Seperti yang saya kemukakan diatas, sistem saluran kita diciptakan buka tutup. Walaupun saluran dua benda ini lain, namun tetap mempengaruhi bukaan klep masing-masing salurannya. Penjelasannya cukup yah?? ntar dikira jorok hehe :)

9. Anda tidak bisa ejakulasi sambil pipis. Nah, kali ini salurannya sama dan hanya bisa digunakan bergantian. Sumber ejakulasi dari kantong telur kita di bawah, sedangkan saluran kencing kita ada dari sumber kantong kemih di perut. Kedua saluran tersebut bertemu di pangkal penis yang secara otomatis membuka sambil menutup saluran lainnya. Itulah kenapa saat ejakulasi penis harus "berdiri" untuk membuka saluran dari bawah. Sedangkan ketika kita pipis, dia harus "tidur" untuk membuka saluran dari atas. (ilmiah loh).

Itulah kesembilan hal yang tidak dapat tubuh kita lakukan secara bersamaan, selebihnya mungkin Anda tidak perlu kuatir, karena Anda masih bisa membaca artikel ini sambil minum kopi.. :D Kalau ada yang terlupa, silahkan kawan ditambahkan...



Artikel lain :
Bagaimana mata bekerja
Ditemukan tengkorak "Alien" di Meksiko  
Mengapa Manusia "Menguap"
Manusia menjadi semakin bodoh
Manusia dapat "mencium" rasa takut dan rasa jijik?...



0 comments:

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak adalah cermin kedewasaan

 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates