ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR

Thursday, January 10, 2013

21 10 Cara mengingat segala sesuatu dengan cepat

Ilustrasi Otak Manusia
Berawal dari kesulitan pribadi karena sering lupa (pelupa dari orok, red, hehe), lalu saya coba obok-obok mbah google untuk memberitahu saya bagaimana supaya dapat mengingat sesuatu dengan mudah, lalu saya mendapati tulisan ini.

Kemudian dengan semangat sharing, hari ini saya akan menuliskannnya kembali agar dapat kita terapkan bersama, ingat!! sesama pelupa jangan saling mendahului.. hehe..

Baiklah, berikut 10 Metode dalam rangka untuk menghafal sesuatu.
Namun sebelumnya, supaya lebih meresap dan konsen membacanya, saya sarankan Anda untuk menutup pintu dan jendela (hidupkan AC kalo ada), matikan ponsel (pakai cara ON/OFF loh, bukan dibunuh pake pisau apalagi dibakar) dan membaca dengan penuh perhatian yang ada.

Daftar berikut berisi sepuluh teknik yang telah terbukti untuk menghafal informasi, siap??? baiklah, kita berangkat... :

1. Jangan biarkan diri Anda terganggu
Kita sudah gunakan teknik ini pada awal artikel, yaitu. "Menutup pintu, matikan ..."
Anda tidak dapat mengingat sesuatu jika pikiran Anda diarahkan sesuatu yang lain, konsentrasi sangat penting!

2. Belajar Mnemonik
Mnemonik adalah jenis bantuan memori yang pada dasarnya membantu seseorang menghafal data. Semakin banyak informasi yang perlu diingat, mnemonic menjadi lebih kompleks. Jenis yang paling umum dari mnemonik di sekolah adalah sajak atau pantun..

3. Tiga puluh hari pada bulan September...
Mnemonik sering digunakan di sekolah, mengapa? Karena sangat efektif! Hal tersebut merupakan cara yang sangat baik untuk mengingat daftar list (seperti menghafal nama bulan), dan dapat digunakan untuk ke hal lain juga. Pada tahun 1492, Columbus berlayar mengarungi samudera dengan menggunakan metode mnemonic sajak seperti yang digunakan di sekolah-sekolah

4. Buatlah sebuah form yang berisi kalimat konyol
Kalimat konyol apa yang ingin Anda tanyakan? Untuk memperjelas hal ini, kita ambil contoh ketika kita ingin menghafal 3 Kota di Swedia (mulai dari yang terbesar), Stockholm, Göteborg dan Malmo. Ketiga kota tersebut memuat huruf-huruf awal SGM, dan kita menggantinya dengan kalimat konyol yang mungkin, seperti: Simon Get Me.. :)
Metode ini yang sering digunakan oleh para pesulap yang menghafal urutan kartu atau angka yang diberikannya secara acak.

5. Singkatan Membuat Hidup Lebih Mudah
Tidakkah Anda setuju? Kita sering mengatakan PBB, AS dll bukannya Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Amerika Serikat (apa yang membuat kita memilih suatu kata yang panjang, membuat kesulitan kepada kita).

6. Lakukan seperti seorang host di acara Talk Show
Semua host di TV-show menggunakan flashcards/potongan kertas kecil untuk membantu mereka mengingat isi acara, ini merupakan metode yang telah terbukti membawa kembali ingatan dengan cepat.

7. Diulang sampe eneg..
Untuk beberapa alasan, tampaknya kalimat tersebut memancarkan emosi negatif. Hal tersebut seperti yang dilakukan dalam iklan yang ditayangkan secara ekstensif berulang-ulang. Namun bagaimanapun, penggunaan trik dapat membantu Anda mengingat informasi seperti sebuah iklan yang Anda ingat.

8. Peta Pikiran (Mind Mapping) - Cari Pikiran Anda
Buatlah peta pikiran Anda dan gunakan peta pikiran tersebut sesering mungkin.Bagaimana membuat peta pikiran yang baik, Anda dapat meng-google, banyak yang secara khusus menyampaikan hal ini. Namun intinya, mind mapping banyak dilakukan oleh orang-orang yang super sibuk untuk membantunya tetap fokus pada tujuan suatu pekerjaannya

9. Association - The Biggest Secret
Seharusnya hal ini ditempatkan di awal artikel, karena merupakan biggest secret dari semua usaha mengingat dengan cepat. Namun baiklah, Associatin pada dasarnya adalah seni menghubungkan sepotong informasi untuk sesuatu yang lain. Apa hal pertama yang muncul dalam pikiran Anda ketika kita mendengar kata SUMMER?
Apakah Anda berpikir tentang panas, es, liburan, berenang, atau apapun yang berhubungan dengan kegiatan tersebut? Misalkan hal pertama muncul adalah panas, karena kita berhubungan dengan kata ini untuk musim panas yang panjang, yang secara alami muncul dalam pikiran kita.
Ini mungkin merupakan rahasia terbesar dari memori sekitar, belajar bagaimana mengasosiasikan informasi yang ingin Anda ingat dengan beberapa potongan informasi yang Anda tidak akan lupa.

10. Selalu Jelajahi Metode Baru
Anda memiliki kebebasan untuk menjelajahi sendiri tentang cara mengingat cepat sesuai dengan pengalaman hidup Anda. Cara tersebut dapat Anda kembangkan dengan cara yang unik yang mungkin orang lain tidak pernah membayangkannya. Cara tersebut sudah pasti sangat efektif untuk Anda sendiri, namun jangn berhenti untuk selalu menggunakannya dan mengembangkannya menjadi lebih baik

Apakah Anda suka artikel ini? Saya ingin mengetahuinya dan merasakannya dengan Anda memberikan komentar di sini.

Dari http://www.study-habits.com/how-to-memorize-fast
dan berbagai sumber..



21 comments:

  1. Terima kasih .. Sangat membantu saya dalam menghafal..
    Tuhan Memberkati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya mas Feb, saya aja msh pelupa terus nih.. hehehe... trimksh komennya..

      Delete
  2. ya muda2han gak pelupa lagi amiiinnnnnn........terima kasih atas infonya, salam kenal ya.

    ReplyDelete
  3. akan ku usahakn untuk mencoba. terimakasih atas sharingnya...

    ReplyDelete
  4. Koq sya msh bingung ya...ap krn sya msh tetap pelupa....ap krn terlalu bnyk metode yg sya baca,,mohon pncerahannya gan,,mkasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah kita sama sista.. justru saya sharing karena saya juga pelupa hehe.. Saya juga butuh pencerahannya, yuk sama-sama nyari... :D

      Delete
  5. izin copas gan,,. artikelnya mantap (y)

    ReplyDelete
  6. Terima kasih,
    Utk artikelnya..
    , coba² dulu dipraktekkin..
    Smoga ada kemajuannya :)

    ReplyDelete
  7. Itu melambangkan betapa susahnya mengingat sesuatu ya kang?

    ReplyDelete
  8. terima kasih atas sarannya om :)

    ReplyDelete
  9. terimakasih ini sangat membantu saya agar bisa menghafal cepat... sekali lagi maksih banyak

    ReplyDelete
  10. teknik menghafal cepatnya unik bangetzz.. haha lucu bacanya.. ada kata kata di ulang sampai eneg.. wwkwkwk mantaaaaafff

    ReplyDelete
  11. terimakasih atas tulisannya, saya akan coba resapi..salam kenal juga...

    ReplyDelete

Berkomentar dengan bijak adalah cermin kedewasaan

 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates