Saturday, October 6, 2012

0 Jangan menggunakan foto close up di akun atau media sosial online

Mr. Obama, sumber : google

Kawan, saya sharing dari artikel yang saya tulis di Forum Viva tentang suatu penelitian terbaru menggunakan foto close up di media sosial. Saya tuliskan disini karena mungkin ada para pembaca yang belum mengunjungi situs forum viva, padahal informasi ini sangat penting. Please.. jangan koprol sambil bilang "waw.." hehe

Mohon maaf pula kalo ada saudaranya Pak Obama di sini yah, karena saya ingin menggunakan sampel foto close up beliau sebagai bahan latihan menilai foto close up, kalau hasilnya ternyata beliau memang tokoh yang baik atau dapat dipercaya.. ya gak apa-apa juga.. ;-)
 
Kawan, akhir-akhir ini, pernah dilakukan sebuah penelitian yang menemukan bahwa foto close up yang sering ditampilkan oleh orang-orang di profil FB, twitter, bbm dan lain-lain itu sering menjadikan seseorang kurang dapat dipercaya??? sampai disini mulai berpikir dulu :)

Baiklah kita teruskan, sebuah fakta ilmiah foto close up pada media online akan terlihat sedikit deviasi yang mendistorsi detail wajah, meskipun samar. Perubahan halus ini akhirnya menjadikan gambar memberikan kesan berbeda dari gurat wajah sebenarnya, yang pada akhirnya membuat seseorang menjadi kurang dapat dipercaya. Ini penelitian loh.. Tentu saja konsep ini akan mengganggu sekali bila dalam akun media sosial kita memiliki tujuan-tujuan bisnis tertentu atau hanya pertemanan namun dengan perasaan yang tulus sesama kita.

Penelitian ini dilakukan oleh California Institute of Technology (Caltech), dengan metode yang diterapkan yaitu melakukan beberapa percobaan dengan meminta para peserta penelitian untuk menilai 36 buah foto yang menunjukkan 2 gambar yang berbeda dari 18 orang. Salah satu gambar diambil dari jarak dekat sekitar 0,6 meter dan foto kedua diambil dari jarak sekitar 2,1 m. Diketahui jarak yang dekat akan menghasilkan foto close up.

Secara pertimbangan fisikologis, menggunakan kedua jarak ini adalah karena adanya teori batas personal space, yaitu ruang imajiner di sekitar seseorang yang menunjukkan kedekatan dengan personal lain. Semakin dekat personal space antara kedua orang, menggambarkan hubungan keduanya makin dekat. Untuk memastikan efek jarak ini, peneliti meminta orang yang difoto memasang ekspresi wajah yang sama.

Foto close up tentu akan terlihat lebih besar, memiliki resolusi yang lebih tinggi dan menghasilkan pencahayaan yang berbeda. Karena difoto dari jarak dekat, maka hidung dan wajah akan terlihat relatif lebih besar sedangkan telinga jadi terlihat lebih kecil. Hasil percobaan menunjukkan bahwa orang dalam foto close-up kurang dapat dipercaya, kurang menarik dan kurang kompeten.

Hasil temuan yang dimuat jurnal Plos One ini tetap sama meskipun perbandingan lebar wajah dimasukkan dalam perhitungan. Beberapa penelitian telah menunjukkan wajah yang lebar pada pria berkaitan dengan sifat agresi, salah satu perilaku tak etis dan menurunkan tingkat kepercayaan.

Sekelompok percobaan sebagian dilakukan di laboratorium dan sebagian lewat Internet. Peserta uji diminta menilai tingkat kepercayaan seseorang dari wajahnya. Dalam beberapa percobaan, peserta uji juga diminta menginvestasikan uangnya pada orang asing yang wajahnya dinilai secara langsung seberapa besarkah ia dapat dipercaya.

Para peneliti menduga efek ini berhubungan dengan personal space dan isyarat-isyarat sosial lainnya. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa jarak interpersonal dapat mempengaruhi perilaku sosial. Bahkan jarak antar orang ditemukan berhubungan dengan aktivitas struktur otak tertentu, misalnya amigdala yang menilai adanya ancaman dan tingkat kepercayaan dari wajah seseorang. Demikian hasil penelitiannya..

Jadi, agan2 yang memiliki bisnis online atau ingin menciptakan hubungan tulus di dunia maya, sebaiknya menghindari penggunaan foto close up untuk status profil. Karena menurut penelitian tersebut, kita akan terlihat kurang dapat dipercaya. Padahal kita kan orang2 jujur, ya kan?

Semoga bermanfaat, dan bila kawan udah nyoba memperhatikan gambar Pak Obama di atas, cobalah tulis kesan Anda di sini.



0 comments:

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak adalah cermin kedewasaan

 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates