Friday, November 16, 2012

0 Tips memilih Produk Smartphone Android

Indonesia merupakan pangsa pasar yang teramat potensial bagi penggunaan Smartphone. Banyak alasan untuk menggunakan smartphone, dapat sebagai pendukung bisnis, pendukung sekolah, atau sekedar hanya untuk bergaya (untuk alasan terakhir ini nampaknya yang paling mendominasi.. hehe)

Walhasil, jumlah pengguna smartphone di Indonesia saat ini sudah mencapai angka 7 juta unit pada tahun 2012 ini, ckckck.. luar biasa.

Produk Smartphone
Namun baiklah, apapun alasan bagi konsumen untuk menggunakan ponsel pintar, tetap diperlukan kejelian dalam memilih produk. Harga smartphone yang mahal, bukan serta merta menjamin kecanggihan yang dimiliki, namun bila asal pilih, Anda juga akan terkena resiko kerusakan dini akibat kualitas barang yang tidak mumpuni. Smartphone yang murah dan berkualitas merupakan keinginan sebagian besar orang. Pilihan yang tersebar populasi vendor smartphone semakin banyak, dari vendor lokal, hingga vendor Internasional seperti IMO, Cross, Mito, Mivo, Samsung, Sony, HTC, LG, Motorola, dll. Semua harus menjadikan pertimbangan bagi kita, semua produk tersebut adalah pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Kali ini, saya ingin berbagi tips dalam memilih smartphone, saya akan prioritaskan pada produk yang menggunakan system operasi Android karena jenis ini yang variannya sangatlah banyak. Bagaimana memilih smartphone android yang berkualitas, namun harga murah. Berikut tips-nya:

1. Harga
Harga smartphone Android yang ditawarkan di Indonesia saat ini sangat variatif, margin harga satu produk dengan produk lain terkadang teramat jauh. Namun produk yang murah juga tidak lantas memberikan kualiatas yang buruk, tergantung parameter-parameter lain yang masih perlu kita pertimbangkan. Untuk range harga yang paling saya anggap baik adalah antara 1 juta - 1,5 juta rupiah untuk kelas Middle Price.

2. Fitur  
Fitur merupakan kemampuan perangkat smartphone yang dibutuhkan dalam aktifitas penggunanya. Fitur standard merupakan fitur yang memang sudah tersedia secara umum dipasaran dan sesuai dengan teknologi terkini. Pertimbangkan smartphone yang secara standar sudah mencakup fitur layar sentuh kapasitif, koneksi jaringan lengkap (3G, Wifi, Bluetooth, dan USB), selain itu pertimbangkan kapasitas memori smartphone yang besar. Hal tersebut pasti merupakan fitur yang paling update untuk kebutuhan sekarang, dan kebutuhan Anda juga.

3. Sistem Operasi
Sistem operasi terkini. Karena seluruh applikasi selalu berkembang sejalan dengan sistem operasi terbaru. Dengan smartphone Android yang dijalankan dengan OS terbaru akan memudahkan Anda dalam menjalankan Aplikasi juga yang terbaru. Aplikasi yang lama dengan SO lama, merupakan aplikasi yang banyak kekurangan, biasanya kekurangan tersebut akan disempurnakan setelah uji operasi melalui user. Smartphone Android saat ini dengan OS paling update adalah SO Android Jelly Bean.

4. Baterai
Penggunaan baterai pada Smartphone Android memang terkenal boros. Apalagi bila terkoneksi dalam layanan 3G. Ponsel Android memanglah selalu dalam keadaan online dan selalu melakukan singkron dengan server selama terus menerus. Oleh karena itu Anda tidak perlu mengkuatirkan keadaan tersebut, namun bolehlah dipertimbangkan untuk memilih smartphone Android yang memiliki daya yang besar, sebagai panduan untuk kapasitas yang biasa berkisar 1200 mAH – 1500 mAH. Keadaan baterai dapat kita siasati dengan membatasi layanan koneksi hanya dengan EDGE, kecuali pada saat-saat kita membutuhkannya, kita dapat merubahnya ke koneksi 3G.

5. Processor
Seperti layaknya sebuah komputer, kinerja smartphone Android juga ditentukan dengan procesor yang digunakannya. Semakin tinggi spesifikasi procesor, maka kinerja smartphone anda akan semakin baik. Dalam membeli Anda harus memperhatikan penggunaan processor ini, seperti Qualcomn, Mediatek atau Samsung. Jangan lupa pula kecepatan processor sebagai satuan yang ditulis dengan satuan MHz, semakin tinggi angka di depan MHz maka processor semakin cepat. Namun, semakin tinggi kecepatan processor, baterai semakin cepat panas dan cepat habis. Kecepatan normal terkini yang biasa dalam processor smartphone Android adalah 800 MHz - 1 GHz.

6. Layanan Purna Jual
Anda juga harus mempertimbangakan kemudahan layanan setelah Anda membeli produk smartphone Android. Apakah lokasi Service Center anda tersedia di daerah anda dan apakah ada garansi bagi produk yang Anda beli. Rata-rata produk lokal atau afiliasi server lokal dengan produsen dari Cina menyediakan garansi yang cukup baik di tingkat lokal, namun juga terkadang masih banyak keluhan. Untuk itu Anda harus tetap berhati-hati memilih dan selalu bertanya pada Agen penjualan, apakah ada jaminan atas kerusakan barang setelah Anda membelinya.

Tidak semua produk murah yang berkualitas buruk bila kita mempertimbangkan segala aspek sebelum memutuskan untuk membeli produk smartphone yang murah namun berkualitas. Perlu juga kita mengukur budget yang akan menyesuaikan kemampuan daya beli dengan produk yang dibeli dengan manfaat yang seoptimal mungkin.

Gimana menurut kawan? Selamat ber-Android ria.. :)



Artikel lain :
Lebih dekat dengan htc windows phone 8x dan 8s
Wifox mengklaim dapat meningkatkan akses wifi 700 persen 

0 comments:

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak adalah cermin kedewasaan

 

JTIE (Just Take It Easy) Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates